3 Skema Timnas Indonesia Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026
Selebrasi pemain Timnas Indonesia usai kalahkan Vietnam di SUGBK Maret lalu (pssi.org)
12:30
21 Mei 2024

3 Skema Timnas Indonesia Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Timnas Indonesia sudah ditunggu dua laga sisa Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada Juni mendatang. Laga ini krusial untuk memastikan langkah ke putaran ketiga.

Skuad Garuda akan menghadapi Irak dan Filipina. Masing-masing pertandingan akan berlangsung pada 6 dan 11 Juni di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Laga ini begitu krusial bagi tim asuhan Shin Tae-yong. Hasil di dua laga ini bisa menentukan lolos tidaknya Garuda ke putaran ketiga.

Timnas Indonesia saat ini menduduki urutan dua klasemen Grup F dengan koleksi tujuh poin dari empat pertandingan. Mereka terpaut lima angka dari Irak yang sudah dipastikan lolos.

Sementara Vietnam menduduki urutan ketiga dengan koleksi tiga poin. Di urutan terakhir, terdapat Filipina dengan perolehan satu poin.

Merujuk klasemen sementara Grup F, berikut hitung-hitungan Timnas Indonesia lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

1. Raih Satu Kemenangan

Timnas Indonesia (pssi.org)Timnas Indonesia (pssi.org)

Timnas Indonesia secara sederhana cuma membutuhkan satu kemenangan dari dua laga sisa Grup F untuk lolos ke putaran ketiga.

Misalnya Garuda berhasil menekuk Irak pada 6 Juni mendatang, maka laga kontra Filipina sudah tak lagi menentukan, meski hasilnya berpotensi memengaruhi posisi Garuda di klasemen akhir apakah menjadi runner-up atau juara Grup F.

2. Dua Laga Berakhir Imbang

Filipina janji akan berikan perlawanan sengit pada Indonesia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 (pssi.org)Filipina janji akan berikan perlawanan sengit pada Indonesia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 (pssi.org)

Andai tak mampu meraih minimal satu kemenangan dengan hanya mencatatkan dua kali imbang lawan Irak dan Filipina, Timnas Indonesia masih berpeluang lolos.

Syaratnya, Vietnam tidak meraih dua kemenangan di dua laga sisa yang mereka jalani yakni kontra Irak dan Filipina.

Misal Vietnam hanya meraih satu kemenangan, maka Timnas Indonesia akan tetap menduduki peringkat kedua dengan koleksi sembilan poin, sementara The Golden Star Warriors di urutan ketiga dengan enam poin.

3. Timnas Indonesia Tumbang dari Irak dan Filipina

Bek tengah timnas Indonesia yang bermain di Venezia, Jay Idzes, memberikan pandangannya soal perbedaan main di Belanda dan Italia. (Official Website PSSI/PSSI.org)Bek tengah timnas Indonesia yang bermain di Venezia, Jay Idzes, memberikan pandangannya soal perbedaan main di Belanda dan Italia. (Official Website PSSI/PSSI.org)

Timnas Indonesia masih memiliki peluang lolos ke putaran ketiga andai secara mengejutkan tumbang di dua laga sisa Grup F.

Namun, skema ini mengharuskan Timnas Indonesia menggantungkan nasib kepada hasil tim-tim lain, yakni Vietnam dan Filipina.

Vietnam dan Filipina tidak boleh meraih dua kemenangan di dua laga sisa mereka di Grup F.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #skema #timnas #indonesia #lolos #putaran #ketiga #kualifikasi #piala #dunia #2026

KOMENTAR