11 Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Era Shin Tae-yong: Jordi Amat, Rafael Struick sampai Maarten Paes
11 Pemain Naturalisasi Era Pelatih Shin Tae-yong Perkuat Skuad Garuda Muda (pssi.org)
12:12
2 Mei 2024

11 Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia Era Shin Tae-yong: Jordi Amat, Rafael Struick sampai Maarten Paes

Di era kepelatihan Shin Tae-yong, Timnas Indonesia mengalami transformasi yang signifikan dengan hadirnya sejumlah pemain naturalisasi. Sejak mengambil alih pada Desember 2019, pelatih asal Korea Selatan itu telah menciptakan gelombang baru dalam struktur timnas, termasuk melibatkan pemain-pemain naturalisasi.

Hingga pertengahan tahun 2024, sudah ada 11 pemain naturalisasi yang telah diresmikan oleh PSSI di bawah kepemimpinan STY. Mereka mengisi berbagai posisi di lapangan, mulai dari penyerang, gelandang, bek, hingga kiper. Namun, pertanyaan muncul: apakah langkah ini akan membawa angin segar bagi timnas?

Daftar Pemain Naturalisasi Era STY

Pada awal kepemimpinannya, STY dengan cepat menghadirkan pemain-pemain keturunan Indonesia yang bermain di luar negeri. Sejak itu, mereka telah menjadi bagian integral dari skuad Garuda.

1. Jordi Amat

Jordi Amat adalah pemain pertama yang dinaturalisasi pada era STY. Ia menjadi bagian dari tim sebagai bek setelah menjadi WNI pada November 2022. Debut dalam kemenangan melawan Kamboja di Piala AFF 2022.

2. Sandy Walsh

Setelah menjalani sumpah sebagai WNI, Walsh menunggu hampir setahun untuk debutnya akibat cedera. Ia melakukan debut impresif saat mengalahkan Turkmenistan dengan skor 2-0.

3. Shayne Pattynama

Pemain ketiga yang dinaturalisasi di era STY yakni Shayne Pattynama. Debutnya diwarnai dengan pertandingan melawan Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

4. Rafael Struick

Rafael Struick memenuhi proses naturalisasi meski proyeksi awalnya adalah untuk tim U-20. Saat ini ia menjadi andalan dalam pertandingan melawan Irak di Piala Asia U-23 memperebutkan posisi ketiga setelah mendapatkan status WNI.

5. Ivar Jenner

Sama seperti Struick, Jenner menyelesaikan proses naturalisasi meski Piala Dunia U-20 dibatalkan. Saat ini Jenner membantu memperkuat lini tengah Garuda sejak debutnya melawan Palestina.

6. Justin Hubner

Debutnya terjadi dalam uji coba melawan Libya sebelum tampil di Piala Asia 2023 (2024). Fleksibilitasnya memungkinkan dia untuk bermain sebagai bek tengah atau gelandang bertahan.

7. Jay Idzes

Meski tidak bisa tampil di Piala Asia 2023, debutnya terjadi dalam pertandingan melawan Vietnam. Idzes berperan penting sebagai bek tengah yang kokoh bersama rekannya di klub Italia, Venezia.

8. Nathan Tjoe-A-On

Menampilkan kekuatan di lini belakang sejak debutnya melawan Vietnam di Piala Asia U-23 2024. Fleksibilitasnya memungkinkan dia untuk bermain sebagai bek kiri atau gelandang bertahan.

9. Ragnar Oratmangoen

Oratmangoen mencatat gol debut saat menghadapi Vietnam dalam kualifikasi Piala Dunia 2026. Prestasinya itu membuatnya menjadi elemen penting dalam serangan Timnas Indonesia.

10. Thom Haye

Pengalamannya bermain di Belanda membawa dampak positif dalam tatanan permainan Timnas Indonesia. Debutnya ditandai dengan satu assist penting dalam kemenangan melawan Vietnam.

11. Maarten Paes

Paes menjadi pemain naturalisasi terbaru yang membawa pengalaman dan kualitas tinggi sebagai penjaga gawang. Ia diakui sebagai tambahan berharga dalam skuad Indonesia.

Itulah daftar pemain naturalisasi terbaru memperkuat formasi Garuda Muda Indonesia.

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #pemain #naturalisasi #timnas #indonesia #shin #yong #jordi #amat #rafael #struick #sampai #maarten #paes

KOMENTAR