Sepak Terjang Sivakorn Pu-Udom, Wasit Thailand Kontroversial Akan Jadi Wasit VAR Timnas Indonesia vs Irak
Wasit VAR Sivakorn Pu-Udom. (Instagram/@sivakorn_puudom)
06:12
1 Mei 2024

Sepak Terjang Sivakorn Pu-Udom, Wasit Thailand Kontroversial Akan Jadi Wasit VAR Timnas Indonesia vs Irak

Sivakorn Pu-Udom telah dikonfirmasi untuk kembali bertugas sebagai asisten wasit VAR dalam pertandingan Timnas Indonesia vs Irak U-23 yang akan memperebutkan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024.

Pertandingan antara Timnas Indonesia U-23 melawan Irak U-23 akan menjadi penentu bagi tim yang akan lolos ke Olimpiade Paris 2024, dan akan berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, pada Kamis (2/5) malam.

AFC telah mengumumkan match officials untuk pertandingan tersebut, di mana Sivakorn Pu-Udom, yang sebelumnya terlibat dalam keputusan kontroversial VAR dalam pertandingan Indonesia vs Uzbekistan, akan kembali bertugas di ruang VAR.

Sivakorn akan menjadi asisten wasit VAR bersama dengan Abdullah Dhafer A Al Shehri dari Arab Saudi, yang akan bertugas sebagai wasit VAR utama.

Sebelumnya, Sivakorn Pu-Udom telah menjadi sorotan setelah terlibat dalam keputusan VAR kontroversial dalam pertandingan melawan Uzbekistan di semifinal Piala Asia U-23 2024, yang dianggap merugikan Timnas Indonesia.

Sejak awal turnamen, Sivakorn Pu-Udom telah menjadi sosok yang kontroversial dengan beberapa keputusan yang diambilnya, termasuk memberikan kartu merah kepada Ivan Jenner dalam pertandingan pembuka melawan Qatar.

Meskipun tayangan ulang menunjukkan sedikit kontak antara Jenner dan pemain Qatar, keputusan Sivakorn tetap kontroversial. Dalam pertandingan tersebut, Timnas Indonesia mendapat dua kartu merah dan satu penalti.

Sivakorn Pu-Udom telah menjadi wasit FIFA sejak tahun 2013 dan telah memimpin berbagai pertandingan di turnamen besar seperti Liga Champions Asia, Piala AFC, Piala Asia, dan kualifikasi Piala Dunia.

Dilahirkan pada 26 November 1987 di Samut Sakhon, Thailand, Sivakorn kini berusia 37 tahun dan memiliki pengalaman luas dalam memimpin pertandingan, termasuk di luar Thailand seperti di Liga China dan Liga Vietnam.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #sepak #terjang #sivakorn #udom #wasit #thailand #kontroversial #akan #jadi #wasit #timnas #indonesia #irak

KOMENTAR