Hasil Piala Asia U-23: Rizky Ridho Kartu Merah, Timnas Indonesia Disingkirkan Uzbekistan di Semifinal
Wasit Tiongkok Shen Yinhao memberikan kartu merah kepada bek Indonesia Rizky Ridho (#5) pada pertandingan semifinal Piala Asia U23 AFC Qatar 2024 antara Indonesia dan Uzbekistan di Stadion Abdullah Bin Khalifa di Doha pada 29 April 2024. KARIM JAAFAR / AFP
00:00
30 April 2024

Hasil Piala Asia U-23: Rizky Ridho Kartu Merah, Timnas Indonesia Disingkirkan Uzbekistan di Semifinal

Langkah Timnas Indonesia di ajang Piala Asia U-23 2024 terhenti di babak semifinal usai ditumbangkan Uzbekistan. Dalam laga yang digelar di stadion Abdullah bin Khalifa, Senin (29/4/2024) malam WIB, Garuda Muda dipaksa menyerah Serigala Putih dengan dua gol tanpa balas.

Timnas Indonesia sebenarnya berhasil memecah kebuntuan lebih dulu di babak kedua, namun gol yang dicetak Muhammad Ferarri dianulir. Setelah itu, Uzbekistan berhasil mencetak dua gol ke gawang Ernando Ari, salah satunya berasal dari aksi bunuh diri Pratama Arhan setelah Rizky Ridho di kartu merah.

Gagal ke final, peluang Timnas Indonesia U-23 untuk tampil di Olimpiade Paris Juli mendatang belum tertutup. Garuda Muda masih memiliki kesempatan dalam perebutan juara tiga yang akan digelar 2 Mei mendatang.

Tim yang kalah di laga Irak vs Jepang, akan menjadi lawan Timnas Indonesia di perebutan juara tiga.

Bek Indonesia Muhammad Ferarri (2 kiri) dijaga oleh gelandang Uzbekistan Umarali Rakhmonaliev (kiri) saat ia mencoba mencetak gol pada pertandingan semifinal Piala Asia U23 AFC Qatar 2024 antara Indonesia dan Uzbekistan di Stadion Abdullah Bin Khalifa di Doha pada bulan April 29 Agustus 2024.KARIM JAAFAR / AFPBek Indonesia Muhammad Ferarri (2 kiri) dijaga oleh gelandang Uzbekistan Umarali Rakhmonaliev (kiri) saat ia mencoba mencetak gol pada pertandingan semifinal Piala Asia U23 AFC Qatar 2024 antara Indonesia dan Uzbekistan di Stadion Abdullah Bin Khalifa di Doha pada bulan April 29 Agustus 2024.KARIM JAAFAR / AFP

Jalannya Pertandingan

Berlaga di stadion Abdullah bin Khalifa, Uzbekistan menunjukkan dominasinya sejak peluit kick-off dibunyikan.

Mendominasi penguasaan bola, tekanan demi tekanan dilancarkan Uzbekistan. Meski belum membahayakan, sukar bagi Timnas Indonesia untuk keluar dari tekanan di sepanjang 10 menit awal.

Peluang di dapat Uzbekistan di menit 13. Lolos dari kawalan Umarali Rakhmonailev melepaskan tendangan dari sudut sempit. Beruntung bagi Indonesia, bola berhasil dibendung Ernando Ari dan hanya menghasilkan tendangan penjuru.

Lewat skema serangan balik, Indonesia mengancam di menit 14. Menerima bola, Witan Sulaeman menggiring bola dari sisi kiri lapangan. Namun ketika memasuki kotak pertahanan lawan, tekel bersih pemain lawan hanya membuahkan tendangan penjuru pertama bagi Garuda Muda.

Di menit 19, tendangan keras mendatar Rakhmonailev dari luar kotak penalti nyaris membuahkan hasil. Beruntung bola melebar tipis di sisi kiri gawang Ernando.

Papan skor nyaris berubah di menit 30. Beruntung bagi Garuda Muda, bola hasil tendangan keras striker Uzbekistan dimentahkan tiang gawang.

Hingga menit 40, Indonesia masih kesulitan keluar dari tekanan. Meski demikian, lewat permainan bola-bola pendek Witan Sulaeman dan kawan-kawan beberapa kali mencoba melancarkan serangan balik.

Kejutan terjadi di babak kedua. Indonesia yang terus tertekan berhasil memecah kebuntuan di menit 61 setelah Muhammad Ferarri menyambut bola liar hasil sontekan Ramadhan Sananta.

Namun euforia para pemain Timnas Indonesia segera berakhir. Usai melakukan pengecekan VAR, wasit membatalkan gol tersebut karena Sananta dianggap berada dalam posisi offside.

Usai pembatalan gol tersebut, Serigala Putih justru berhasil mengubah papan skor menjadi 0-1 di menit 68. Umpan silang Mukhammadkodir Khamraliev dari sisi kanan disambar Khusain Norchaev lewat sontekan akurat di kotak penalti.

Di menit 84, Indonesia harus bermain dengan 10 pemain usai sang kapten Rizky Ridho di kartu merah. Dua menit berselang usai keluarnya Ridho, papan skor kembali berubah.

Pratama Arhan yang mencoba menyapu bola justru mencetak gol bunuh diri. Skor 0-2 untuk kemenangan Uzbekistan bertahan hingga laga usai.

Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-23 (3-4-2-1): Ernando Ari; Justin Hubner, Rizky Ridho, Muhammad Ferarri; Fajar Fathur Rahman, Ivar Jenner, Nathan Tjoe-A-On, Pratama Arhan; Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman; Ramadhan Sananta.

Pelatih: Shin Tae-yong.

Uzbekistan (4-4-2): Abduvakhid Nematov; Zafarmurod Abdirakhmativ, Abdukodir Khusanov, Rakhimjonov Asadbek, Alibek Davronov; Hojimat Erkinov, Abbosbek Fayzullaev, Umarali Rakhmonailev; Alisher Odilov, Ulegbek Khoshimov.

Pelatih: Timur Kapadze.

Editor: Syaiful Rachman

Tag:  #hasil #piala #asia #rizky #ridho #kartu #merah #timnas #indonesia #disingkirkan #uzbekistan #semifinal

KOMENTAR