Asnawi Mangkualam Jadi Inspirasi, Wonderkid PSM Makassar Tegaskan Ingin Abroad ke Korea Selatan
Pemain Timnas Myanmar Ar Kar Kyaw (kiri) berusaha menghadang laju pemain Timnas Indonesia U-22 Ananda Raehan A saat pertandingan Grup A Sepak Bola SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Kamis (4/5/2023). ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
15:00
7 Januari 2024

Asnawi Mangkualam Jadi Inspirasi, Wonderkid PSM Makassar Tegaskan Ingin Abroad ke Korea Selatan

Kapten timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam berhasil memberikan inspirasi ke pemain muda tanah air. Nyatanya wonderkid PSM Makassar, Ananda Raehan berhasrat mengikuti jejaknya.

Asnawi Mangkualam merupakan salah satu pemain timnas Indonesia yang kini bermain di luar negeri atau abroad. Ia meninggalkan PSM Makassar pada tahun 2021 lalu.

Saat itu, pemain yang kini berusia 24 tahun ini bergabung dengan Ansan Greeners yang tampil di liga dua Korea Selatan.

Karier Asnawi di Korea Selatan terhitng stabil. Ia mendapatkan tempat reguler di klubnya selama dua musim.

Bahkan berkat performanya itu, pemain berlabel timnas Indonesia ini direkrut oleh Jeonnam Dragons pada musim 2023. Di sana, Asnawi juga tampil reguler.

Kini kontraknya dengan Jeonnam Dragons sudah habis. Eks PSM Makassar ini dihubungkan dengan klub kasta tertinggi Korea Selatan, FC Seoul.

Blunder Asnawi memancing komentar  tidak puas dari pelatih Jeonnam Dragons, adakah sebuah sinyal dari sang pelatih. (@asnswi_bhr)Blunder Asnawi memancing komentar tidak puas dari pelatih Jeonnam Dragons, adakah sebuah sinyal dari sang pelatih. (@asnswi_bhr)

Nah, karier Asnawi Mangkualam yang mampu bertahan di Korea Selatan ternyata menginspirasi juniornya di Indonesia. Nyatanya Ananda Raehan mengungkapkan ingin mengikuti jejaknya.

"Rencana saya ingin mengikuti jejak senior saya Asnawi Mangkualam ingin bermain di luar negeri. Negara Korea Selatan," ucap Ananda Raehan dikutip dari YouTube LIB TV yang tayang Sabtu (6/1/2024).

Diketahui Ananda Raehan merupakan wonderkid PSM Makassar. Walau usianya masih 19 tahun, ia sudah menjadi andalan di lini tengah pasukan Ramang dalam BRI Liga 1.

Tercatat musim ini, Ananda Raehan sudah mengoleksi 14 pertandingan bersama PSM Makassar dengan sumbangan satu assist.

Bahkan Ananda Raehan juga beberapa kali masuk panggilan untuk timnas Indonesia kelompok umur. Semoga hasratnya untuk abroad segera terealisasi.

Editor: Arif Budi

Tag:  #asnawi #mangkualam #jadi #inspirasi #wonderkid #makassar #tegaskan #ingin #abroad #korea #selatan

KOMENTAR