Usai Dibantai Timnas Indonesia, Park Hang-seo Masuk Bursa Calon Pelatih Vietnam
Mantan pelatih Timnas Vietnam, Park Hang-seo. [Nhac NGUYEN / AFP]
06:42
29 Maret 2024

Usai Dibantai Timnas Indonesia, Park Hang-seo Masuk Bursa Calon Pelatih Vietnam

Park Hang-seo masuk ke dalam bursa calon pelatih Timnas Vietnam usai pemecatan Philippe Troussier. Hal itu dikonfirmasi Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF).

Dikutip media Vietnam, kali ini negara itu akan seleksi calon pelatih sangat ketat.

"Kami tidak menutup kemungkinan apapun (untuk pelatih baru), yang penting tim Vietnam perlu diperkuat," tulis Soha mengutip omongan pejabat VFF.

"VFF menyatakan akan bekerja sama dengan Dewan Pelatih Nasional untuk merencanakan seleksi,” tulis laporan Soha VN.

Park Hang-seo, sosok pelatih asal Korea Selatan yang membawa kejayaan sepak bola Vietnam (vff.org.vn)Park Hang-seo, sosok pelatih asal Korea Selatan yang membawa kejayaan sepak bola Vietnam (vff.org.vn)

Sebelumnya, Publik Vietnam mulai membuka wacana dukungan ke Park Hang-seo untuk kembali melatih Timnas Vietnam. Park Hang-seo ini bisa juga disebut sebagai musuh bebuyutan Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong.

Dalam kanal media Vietnam, Soha bakan mereka menuliskan soal seandainya Park Hang-seo kembali melatih Vietnam.

"Pelatih Troussier hengkang, mengapa pelatih Park Hang-seo sulit kembali "menyelamatkan" timnas Vietnam?" begitu judul tulisannya.

Sebelum Troussier, Park Hang-seo memegang kendali sebagai pelatih Timnas Vietnam. Ternyata, saat melawan Timnas Indonesia, Park Hang-seo lebih sulit diatasi daripada Troussier, yang memiliki rekor buruk melawan tim tersebut.

Bagaimana perbandingan statistik Timnas Vietnam di bawah Philippe Troussier dan Park Hang-seo?

Park Hang-seo mengandalkan counter pressing dengan permainan cepat, yang terbukti efektif dalam tiga kesempatan menang melawan Timnas Indonesia.

Selama menangani Timnas Vietnam, Park Hang-seo mengumpulkan 1.7 poin per pertandingan dalam 53 pertandingan, dengan rekor 26 kemenangan, 12 imbang, dan 15 kekalahan. Vietnam di bawah Park Hang-seo mencetak 87 gol dan kebobolan 49.

Di bawah Philippe Troussier, gaya permainan Vietnam berubah menjadi penguasaan bola dan fokus pada koordinasi lini belakang.

Namun, Troussier gagal meraih kesuksesan yang sama dengan hanya 4 kemenangan dari 14 pertandingan, dengan Vietnam hanya mencetak 11 gol dan kebobolan 25. Troussier juga tidak berhasil melawan Timnas Indonesia dengan tiga kekalahan dalam pertemuan terakhir.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #usai #dibantai #timnas #indonesia #park #hang #masuk #bursa #calon #pelatih #vietnam

KOMENTAR