Respons Kritik STY dengan Tuang Air ke Jersey Timnas Indonesia, Bos Erspo Kena Hujat
Pemilik Erigo dan Erspo, Muhammad Sadad [Instagram/@sadadd]
19:12
20 Maret 2024

Respons Kritik STY dengan Tuang Air ke Jersey Timnas Indonesia, Bos Erspo Kena Hujat

Pemilik brand Erigo, Muhammad Sadad mendapat hujatan dari warganet setelah merespons kritik pelatih Shin Tae-yong dengan menuangkan air menggunakan sendok ke jersey Timnas Indonesia.

Sebagai informasi, Erigo lewat sub brand, Erigo Sport (Erspo) menjadi produsen dari jersey terbaru Timnas Indonesia. Mereka telah meluncurkan apparel untuk skuad Garuda pada Senin (18/3/2024) lalu.

Namun, respons pasar nyatanya kurang baik terhadap jersey baru Timnas Indonesia. Banyak warganet yang kurang suka dengan desain yang ditawarkan Erspo.

Selain itu, pelatih Shin Tae-yong turut angkat bicara terkait kualitas jersey terbaru skuad Merah Putih, khususnya yang digunakan untuk latihan.

Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji sempat mengatakan bahwa Shin Tae-yong (STY) mengkritik kualitas bahan jersey latihan yang dianggap kurang maksimal menyerap keringat.

“Jadi Coach Shin protes, artinya ada sedikit tidak nyaman berkaitan dengan jersey latihan," kata Kepala Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji, kepada awak media di Jakarta, Senin (18/3/2024).

Unggahan pemilik Erigo Sport (Espro), Muhammad Sadad menanggapi kritik pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong terkait jersey latihan skuad Garuda tidak maksimal menyerap keringat. [Dok. IG/@sadadd]Unggahan pemilik Erigo Sport (Erspo), Muhammad Sadad menanggapi kritik pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong terkait jersey latihan skuad Garuda tidak maksimal menyerap keringat. [Dok. IG/@sadadd]

"Maka tadi dari pihak Erspo sudah langsung merespons, besok akan mengganti dengan jersey sesuai apa yang diinginkan."

Merespons kritik Shin Tae-yong, bos Erspo, Muhammad Sadad merespons dengan mengunggah video di Instagram yang memperlihatkan jersey latihan Timnas Indonesia tengah ditetesi air menggunakan sendok.

"Bismillah, Selamat datang di dunia sepakbola @erspo.official. Dimana emosi dan kebahagiaan bersatu," tulis Sadad di Instagram, @sadadd, Rabu (19/3/2024).

"Terimakasih masukannya coach @shintaeyong7777 @timnas.indonesia. Insyaaallah kita sabar menjalani ini semua, dan akan terus bekerja lebih baik lagi. Terus berproses @erspo.official."

Banyak warganet yang merespons hal itu di kolom komentar dengan hujatan dan sindiran. Tak jarang yang menganggap cara tes yang dilakukan Sadad tidak tepat.

"Cara ngetesnya tidak begitu om Sadad. Coba dipakai olahraga yang mengeluarkan keringat banyak," tulis @andri******.

"STY cuma bilang jersenynya tidak maksimal menyerap keringat. Bukan berarti waterproof. Kalau ditetesin seperti itu mah kanebo juga menyerap [air]," tulis @ibal******.

"Team RND Adidas dan Nike tertawa melihat ini," tulis @iam******.

Menyitat dari laman resmi Nike, apparel olahraga terkemuka asal Amerika Serikat, kualitas jersey dalam menyerap keringat bukan dilihat dari seberapa banyak cairan yang bisa diserap oleh bahan atau materialnya.

Namun, bahan dari jersey tersebut harus bisa menyerap keringat dan mengirim cairan ke lapisan luar kaus agar bisa segera menguap guna menjaga pakaian atlet tetap kering.

"Kain yang menyerap kelembapan seperti poliester memanfaatkan proses yang dikenal sebagai "aksi kapiler". Seratnya menjaga keringat tetap di permukaan, bertindak seperti saluran untuk mengangkut keringat ke lapisan luar baju Anda," tulis Nike.

"Sesampainya di sana, keringatnya menguap ke udara."

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #respons #kritik #dengan #tuang #jersey #timnas #indonesia #erspo #kena #hujat

KOMENTAR