Disebut-sebut Mirip Singapura, Jersey Timnas Indonesia Terbaru Terinspirasi Kostum Tahun 1981
Peluncuran jersey kandang dan tandang Timnas Indonesia di kawasan SCBD, Jakarta, Senin (18/3/2024). (Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha).
20:42
18 Maret 2024

Disebut-sebut Mirip Singapura, Jersey Timnas Indonesia Terbaru Terinspirasi Kostum Tahun 1981

Timnas Indonesia akhirnya punya jersey baru. Erspo selaku apparel resmi memperkenalkannya kepada publik, Senin (18/3/2024).

Jersey yang diluncurkan ini terinspirasi dari kostum tahun 1981. Itu berarti sekaligus membantah anggapan pecinta sepak bola Tanah Air yang meneyebut jersey terinspirasi dari tim nasional Singapura.

Erspo meluncurkan dua warna jersey yang nantinya akan dipakai pemain timnas Indonesia untuk bertanding. Untuk kandang masih tetap berwarna merah dengan list putih di kerah dan lengan.

Pemain timnas Indonesia Marc Klok saat merepresentasikan jersei, Senin (18/03/2024). (ANTARA/X/Timnas Indonesia)Pemain timnas Indonesia Marc Klok saat merepresentasikan jersei, Senin (18/03/2024). (ANTARA/X/Timnas Indonesia)

Untuk jersey tandang, didominasi dengan warna putih kombinasi list merah di kerah dan lengan. Selain jersey, Erspo merilis baju latihan, jaket, sweater, dan celana yang bisa dipakai pemain timnas Indonesia.

Yang menarik dalam jersey kandang dan tandang ini berada di logo Garuda. Erspo memberikan elemen perisai untuk melindungi logo Garuda.

"Perisainya masih sejalan dengan simbol bangsa Indonesia untuk memberikan kekuatan dan perlindungan," kata Steven selaku perancang kostum Timnas Indonesia dalam sambutannya.

“Lalu di atas logo perisai kami berikan nama collective bond yang artinya persatuan dan perjuangan tiada henti. Lalu ada simbol burung garuda, ini simbol kekuatan dan kemegahan bangsa Indonesia,” ucapnya.

Sementara itu, pemilik Erspo, Muhammad Sadad, mengatakan bahwa jersey timnas Indonesia saat ini terinspirasi saat skuad Garuda menang melawan Jepang pada 1981.

Sebelumnya ramai diberitakan bahwa jersey timnas Indonesia keluaran Erspo mirip dengan jersey Singapura.

“Jersey ini kami buat terinspirasi dari jersey timnas Indonesia tahun 1981. Saat itu timnas Indonesia bisa menang lawan Jepang dengan skor 2-0," ujar Saddad.

"Semoga jersey ini bisa membuat kemenangan timnas Indonesia lawan Vietnam," ia menambahkankan.

Jersey dari Erspo ini akan mulai dipakai saat timnas Indonesia melawan Vietnam pada laga Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (21/4/2024). Adapun kontrak kerjasama Erspo dengan PSSI akan terjalin sampai dua tahun ke depan.

"Saya rasa kita coba gabungkan bagaimana tadi brand lokal kita dorong mendunia, kita harus bangga dengan produk lokal dan saya lihat kalau tadi kombinasi antara tentu warna merah-merah, putih-putihnya itu merah putih bisa sangat fleksibel dan kualitasnya bagus kok tinggal yang penting prestasinya," ujar Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Editor: Reky Kalumata

Tag:  #disebut #sebut #mirip #singapura #jersey #timnas #indonesia #terbaru #terinspirasi #kostum #tahun #1981

KOMENTAR