Preview MotoGP Thailand, Misi Francesco Bagnaia: Salip Jorge Martin di Klasemen Pebalap
Pembalap besutan Ducati Lenovo #1 Pecco Bagnaia setelah merampungkan sprint race MotoGP Thailand 2024, Sabtu (26/10/2024). 
20:20
26 Oktober 2024

Preview MotoGP Thailand, Misi Francesco Bagnaia: Salip Jorge Martin di Klasemen Pebalap

Juara dunia MotoGP dua kali Francesco Bagnaia sedang berada dalam misi untuk mengalahkan Jorge Martin dalam perebutan gelar juara MotoGP

Balapan akhir pekan ini digelar di Srikuit Buriram, Thailand pada Minggu (27/10) Pukul 15:00 WIB.

Juara dunia MotoGP dua kali Francesco Bagnaia memperingatkan Jorge Martin bahwa ia sedang dalam misi untuk menyalip rivalnya dalam perebutan gelar, dimulai di Thailand akhir pekan ini.

Martin dari Pramac Ducati mengungguli juara bertahan asal Italia Bagnaia dengan selisih 20 poin dengan tiga akhir pekan balapan tersisa di musim ini.

Hal itu membuat Bagnaia hanya punya sedikit ruang untuk melakukan kesalahan menjelang sprint hari Sabtu dan grand prix hari Minggu di Buriram.

"Misinya adalah melakukannya – memulihkan poin dan menjadi kompetitif," kata pebalap berusia 27 tahun itu, yang kehilangan posisi setelah menempati posisi ketiga dengan Ducati-nya di Phillip Island di Australia seperti dikutip dari Supersport.

Martin dari Spanyol berada di posisi kedua di grand prix pada hari Minggu, di belakang Marc Marquez.


"Kami tahu trek ini lebih baik bagi saya dalam hal performa," kata Bagnaia di Thailand.

"Ini adalah lintasan yang saya sukai dan di mana potensi kami dapat ditingkatkan, dan saya menyukai tata letaknya."

Ia menambahkan: "Dua puluh poin saat ini bukanlah selisih yang besar."
Bagnaia mungkin lebih menyukai lintasan di Buriram dibandingkan di Australia, tetapi Martin yang berusia 26 tahunlah yang menang dalam sprint dan acara utama tahun lalu di Thailand.

"Yang pasti, saya berada dalam momen yang baik," kata Martin, yang berusaha memenangkan gelar juara dunia MotoGP untuk pertama kalinya. 

"Australia benar-benar bagus. Saya ingin menang, tetapi percaya diri untuk balapan ini."

Cuaca panas dan kelembapan ekstrem di Buriram bisa menjadi faktor, seperti yang akan terjadi di Malaysia pada akhir pekan balapan terakhir musim ini. 

"Yang pasti cuacanya akan panas, cuacanya akan sulit," kata Martin.

Juara MotoGP enam kali Marquez berada di posisi ketiga dalam perebutan gelar dan secara matematis masih memiliki peluang, meskipun terpaut 79 poin dari Martin.

Menggabungkan lomba lari cepat dan lomba utama, maksimal 37 poin siap diperebutkan akhir pekan ini. "Ini akan sulit," kata pemain hebat Spanyol itu, yang duduk di samping Martin dan Bagnaia. 

Bagnaia mencetak rekor putaran saat melaju ke posisi terdepan untuk mengamankan posisi pole Ke-22 dalam kariernya. "Sangat bahagia," kata Bagnaia setelah mengamankan posisi pole ke-22 dalam kariernya -- dan keempat musim ini -- untuk menjadi pembalap tersukses sepanjang masa bagi Ducati, melampaui legenda Australia Casey Stoner dilansir dari AFP.

"Saya rasa kami melakukan pekerjaan yang sangat baik dengan sepeda motor dan saya yakin bisa berada di barisan terdepan."

Martin, yang meraih pole position di Buriram tahun lalu dan kemudian memenangi sprint dan grand prix, mengatakan berada di barisan depan adalah tujuan utamanya dalam kondisi lembap. "Saya baik-baik saja, barisan depan adalah targetnya," katanya. 

"Hari ini cukup sulit, sangat berat, sangat panas dan lembab."

Balapan terakhir kedua musim ini akan diadakan di Malaysia akhir pekan depan, sebelum balapan penutup musim di Valencia pada pertengahan November. 

 

 

Raih Pole dan Cetak Rekor

Juara dunia Francesco Bagnaia mencetak rekor putaran saat melaju ke posisi terdepan dalam ajang balap sprint dan grand prix MotoGP Thailand, sementara rival utamanya, Jorge Martin, memulai balapan dari posisi ketiga setelah mengalami kecelakaan di akhir balapan pada Sabtu (26/10).

Dalam kondisi mendung dan panas, bintang Ducati Italia Bagnaia melaju di sirkuit Buriram dalam waktu 1 menit 28,700 detik, dia menjadi pebalap pertama yang mencatatkan waktu di bawah 1:29.

Kecepatannya yang luar biasa membuatnya unggul 0,232 detik dari rekan setimnya Enea Bastianini. 

Martin dari Spanyol, yang unggul 20 poin dari Bagnaia dalam perburuan gelar dengan tiga akhir pekan tersisa, menempati barisan depan, tertinggal 0,198 detik di belakangnya. 


Agenda MotoGP
Minggu, 27 Oktober 2024
Pukul 15.00 WIB: Race MotoGP

 


TOP 10 STARTING GRID MOTOGP THAILAND 2024

1. Francesco Bagnaia - Ducati Lenovo 

2. Enea Bastianini  - Ducati Lenovo 

3. Jorge Martin  - Pramac Ducati 

4. Marco Bezzecchi  - VR46 Ducati 

5. Marc Marquez  - Gresini Ducati 

6. Fabio Quartararo  - Monster Yamaha 

7. Pedro Acosta  - Red Bull GASGAS Tech3 

8. Fabio Di Giannantonio  - VR46 Ducati 

9. Alex Marquez  - Gresini Ducati 

10. Maverick Vinales  - Aprilia Racing 

 


Daftar Pemenang MotoGP Thailand

2019    Marc Marquez    

2022    Miguel Oliveira

2023    Jorge Martin    

 


(Tribunnews/mba)

Editor: Muhammad Barir

Tag:  #preview #motogp #thailand #misi #francesco #bagnaia #salip #jorge #martin #klasemen #pebalap

KOMENTAR