Kualifikasi Piala Dunia 2026 Mepet, Erick Thohir Bicara Kans Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen Bela Timnas Indonesia
Calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Thom Haye. (feanonline.nl)
16:06
28 Pebruari 2024

Kualifikasi Piala Dunia 2026 Mepet, Erick Thohir Bicara Kans Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen Bela Timnas Indonesia

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir bicara kans dua calon pemain naturalisasi, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen memperkuat Timnas Indonesia di lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Sampai dengan saat ini, belum ada tanda-tanda proses naturalisasi dua pemain Liga Belanda itu akan selesai dalam waktu dekat.

Timnas Indonesia dijadwalkan menghadapi Vietnam secara back-to-back dalam lanjutan Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua pada 21 dan 26 Maret mendatang.

Kehadiran kedua pemain tersebut tentu bisa menambah kekuatan skuad Garuda. Namun, proses naturalisasi Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen belum diketahui sampai di mana. Andai sudah sampai DPR, mereka masih harus menunggu karena sedang reses.

Sementara deadline pendaftaran pemain untuk lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia adalah pada 15 Maret 2024. Ini terbilang mepet lantaran proses naturalisasi masih ada beberapa tahapan lagi setelah dari DPR.

2 Masalah Timnas Indonesia U-16 yang Cukup Vital dalam Pertandingan

Erick Thohir mengatakan hadirnya Oratmangoen dan Haye tentu bisa menambah kekuatan Timnas Indonesia. Apalagi, Timnas Indonesia wajib menang lawan Vietnam dua kali untuk membuka kans lolos ke putaran selanjutnya di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

"Kalau kita bisa diperkuat mereka (Ragnar Oratmangoen dan Thom Haye) tentu bagus karena laga melawan Vietnam back-to-back wajib menang," kata Erick Thohir kepada awak media di Jakarta, Rabu (28/2/2024).

Menteri BUMN Erick Thohir/Achmad FauziKetua Umum PSSI, Erick Thohir. [Suara.com / Achmad Fauzi]

"Kalau dapat poin penuh dua kali kita akan dapat 6 poin, akan save ke babak berikutnya. Walau ada pertandingan sisa lagi di Juli melawan Filipina dan Irak di kandang," sambung lelaki yang juga menteri BUMN itu.

Menggila Bersama Timnas Indonesia Saat Lawan Vietnam, Justin Hubner Girang Banget

Selain Haye dan Oratmangoen,, ada dua pemain keturunan lagi yang proses naturalisasinya terhambat. Ada Nathan Tjoe-A-On yang sejatinya cuma tinggal mengambil sumpah sebagai WNI.

Lalu ada lagi Maarten Paes. Untuk kiper keturunan Belanda ini sedikit lebih rumit karena disebut-sebut tidak bisa memperkuat Timnas Indonesia meski sudah sah sebagai WNI karena sudah pernah membela Timnas Belanda.

Timnas Indonesia sendiri saat ini masih tertahan di posisi terbawah klasemen Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua, dengan 1 poin dari dua pertandingan.

Tim asuhan Shin Tae-yong wajib mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya demi menjaga asa ke fase selanjutnya, dengan dua laga terdekat kontra Vietnam tentu wajib dimenangi.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #kualifikasi #piala #dunia #2026 #mepet #erick #thohir #bicara #kans #thom #haye #ragnar #oratmangoen #bela #timnas #indonesia

KOMENTAR