Masalah Pemain Timnas Indonesia dari U-16 Sampai Senior Sama: Fisik Dasar Sangat Buruk
Pelatih Timnas Indonesia U-16, Nova Arianto. (dok. PSSI)
13:30
28 Pebruari 2024

Masalah Pemain Timnas Indonesia dari U-16 Sampai Senior Sama: Fisik Dasar Sangat Buruk

Nova Arianto mengungkap masalah besar yang dialami Timnas Indonesia dari mulai level U-16 sampai senior. Ia mengatakan fisik dasar pemain sangat buruk.

Nova Arianto, eks pemain Persib Bandung dan Timnas Indonesia, saat ini menjabat pelatih kepala Timnas Indonesia U-16. Selain itu, ia juga masih membantu Shin Tae-yong di Timnas Indonesia U-23 dan senior.

Oleh sebab itu, wajar jika Nova tahu betul apa yang menjadi kelemahan pemain-pemain Timnas Indonesia. Salah satu yang disorotinya adalah masalah fisik dasar.

Nova mengatakan bahwa pemain Timnas Indonesia dari mulai U-16 sampai senior tidak mau dipaksa ketika sudah lelah. Padahal, jika terus di-push bisa mendongkrak kemampuan menjadi lebih baik.

"Secara mental sangat kurang, dalam arti memaksa mereka saat capek enggak mau memaksa," kata Nova saat ditemui di Lapangan A Senayan, Jakarta, Rabu (28/2/2024).

"Secara fisik dasar, pemain sangat buruk. Saya lihat mereka main 2x25 menit banyak yang kram, padahal di EPA (Elite Pro Academy), di Soeratin, 2x35 dia bisa main," sambungnya.

"Jadi, analisis kami adalah di saat mereka di kompetisi itu mereka atur kondisi, kapan joging, kapan jalan, kapan lari. Tapi, di sini kalau dia ingin masuk Timnas harus main sesuai dengan filosofi saya, yang butuh pemain yang fisik dasarnya bagus," jelas Nova.

Lebih lanjut, Nova mengungkap latihan berat yang diberikan kepada para pemain Timnas Indonesia U-16. Ia ingin para pemain tidak puas atas pencapaiannya saat ini.

"Saya pesan pemain bisa menjadi role model di klubnya, dari apa yang kita buat. Mungkin tiga hari singkat, tapi saya bilang itu waktu yang cukup untuk belajar," kata Nova.

"Bagaimana disiplin di luar dan dalam lapangan, dalam latihan, termasuk masalah makan. Apa yang harus mereka makan. Itu jadi pelajaran dan harapannya mereka bisa jadi bawa contoh baik," pungkasnya.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #masalah #pemain #timnas #indonesia #dari #sampai #senior #sama #fisik #dasar #sangat #buruk

KOMENTAR