Deretan Fakta Sonny Stevens, Kiper Dewa United Ukir Rekor Prestisius Usai Cetak Gol di Liga 1
Kiper Dewa United, Sonny Stevens (tengah) merayakan golnya ke gawang PSIS Semarang pada laga Liga 1 di Stadion Moch Soebroto, Magelang, Jumat (23/2/2024). [dok. LIB]
19:12
23 Februari 2024

Deretan Fakta Sonny Stevens, Kiper Dewa United Ukir Rekor Prestisius Usai Cetak Gol di Liga 1

Kiper Dewa United asal Belanda, Sonny Stevens menorehkan tinta emas di sejarah persepakbolaan Indonesia usai mencetak gol yang menyelamatkan timnya dari kekalahan. Kiper jangkung bertinggi 194 cm itu jadi kiper pertama yang mampu nyekor di pentas Liga 1.

Gol spektakuler nan krusial dari Sonny Stevens di injury time menyelamatkan Dewa United dari kekalahan saat tandang ke markas sementara PSIS Semarang di Stadion Moch Soebroto, Magelang, untuk laga pekan ke-25 Liga 1 2023/2024, Jumat (23/2/2024) sore.

Tuan rumah unggul lebih dulu lewat gol Gali Freitas di babak pertama pada menit ke-16. Saat kekalahan sudah di depat mata Dewa United, Sonny Stevens merangsek ke depan maju dari gawangnya untuk mencetak gol di injury time babak kedua.

Pada menit ke-90+2, Dewa United mendapatkan sepak pojok usai pergerakan Asep Berlian diadang Alfreandra Dewangga.

Sepak pojok diambil alih Egy Maulana Vikri. Sonny Stevens yang naik membantu serangan timnya pun berhasil menyudul bola umpan Egy itu menjadi gol. Sundulan kiper 31 tahun itu mengarah ke sudut kiri gawang PSIS tanpa bisa dibendung penjaga gawang Timnas Indonesia, Adi Satryo.

Usai mencetak gol, Sonny Stevens tampak sangat semringah. Pun rekan-rekan setimnya langsung mengerubungi kiper berusia 31 tahun itu yang pernah memperkuat Timnas Belanda di level U-20 itu.

Seperti dilansir Transfermarkt Indonesia, ini adalah pertama kali seorang kiper mampu mencetak gol di liga domestik Indonesia di era Liga 1.

Tak hanya itu, Stevens juga merupakan kiper dengan jumlah save alias penyelamatan terbanyak di Liga 1 2023/2024 sampai pekan ke-25 ini.

Di Liga 1 musim ini, total 104 penyelamatan telah dibuat mantan kiper FC Twente dan ADO Den Haag yang punya 56 penampilan di kompetisi kasta tertinggi Liga Belanda, Eredivisie itu.

Namun, Stevens memang belum masuk tiga besar kiper dengan jumlah cleansheet terbanyak di Liga 1 2023/2024 sejauh ini.

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #deretan #fakta #sonny #stevens #kiper #dewa #united #ukir #rekor #prestisius #usai #cetak #liga

KOMENTAR