Dukung Penuh Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024, Klub Liga 1 Ikhlas Lepas Pemain untuk STY
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. (pssi.org)
14:18
13 Pebruari 2024

Dukung Penuh Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024, Klub Liga 1 Ikhlas Lepas Pemain untuk STY

Klub-klub Liga 1 dilaporkan sudah ikhlas melepas pemain pilihan Shin Tae-yong alias STY ke Timnas Indonesia U-23 yang akan berlaga di Piala Asia U-23 2024. Itu bagian dari dukungan tim untuk tim nasional.

Hal tersebut seperti disampaikan oleh Ketua Badan Tim Nasional Sumardji. Ia mengatakan pihaknya sudah melakukan pembicaraan dengan klub mengenai Piala Asia U-23 2024.

Dari hasil pembicaraan klub mengaku mendukung Timnas Indonesia U-23. Meski diketahui kejuaraan tersebut berlangsung di luar agenda FIFA di mana sejatinya klub tidak diwajibkan melepas pemain ke Timnas.

"Pertemuan dengan teman-teman (klub Liga 1) prinsipnya mereka banyak suport," kata Sumardji di Stadion Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian, Jakarta, Senin (13/2/2024).

"Insya Allah lokal aman, kita sudah bicara dengan teman-teman dan mereka mendukung karena memang ini momen yang sangat baik sekali dengan skuad yang ada U-23. Kita kepingin punya harapan besar Garuda ini bisa terbang tinggi," jelasnya.

Sumardji mengatakan ada 26 pemain dipanggil oleh Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong. Rencana awal skuad Garuda Muda akan menggelar training camp (TC) di Dubai, UEA.

Setiap tim Liga 1, Sumardji mengatakan tak ada yang pemainnya dipanggil lebih dari tiga. Oleh karena itu, ia berharap klub tidak terlalu keberatan.

"Saya kira kalau kemarin yang dilihat daftar pemain yang ada kayaknya tidak ada yang lebih dari 3 (pemain) satu klub. Saya sudah lihat satu-satu," terang Sumardji.

"Di kita juga ada (Bhayangkara), Witan (Sulaeman) sama Titan (Agung). Saya kira ini tak ada masalah, ini kan untuk negara juga, kita jalani apapun hasilnya nanti," jelasnya.

Lebih jauh, Sumardji mengaku yang menjadi perhatian pihaknya adalah pemain-pemain abroad. Butuh negosiasi lebih keras dengan klub yang bersangkutan karena Piala Asia U-23 di luar kalender FIFA.

"Tapi yang menjadikan pembicaraan intens itu teman-teman yang main di luar sehingga mereka secara keseluruhan yang memang masuk dalam skuad U-23 bisa gabung," pungkasnya.

Piala Asia U-23 2024 berlangsung pada 15 April sampai 3 Mei 2024. Timnas Indonesia U-23 berada di Grup A bersama tuan rumah Qatar, Yordania, dan Australia.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #dukung #penuh #timnas #indonesia #piala #asia #2024 #klub #liga #ikhlas #lepas #pemain #untuk

KOMENTAR