Melihat Taktik Jitu Qatar Hancurkan Pertahanan Iran, Calon Juara Piala Asia 2023?
Timnas Qatar Usai Taklukkan Iran Dengan Skor 2-3 di Partai Semifinal Piala Asia 2023. (qfa.qa)
14:54
8 Februari 2024

Melihat Taktik Jitu Qatar Hancurkan Pertahanan Iran, Calon Juara Piala Asia 2023?

Timnas Qatar menjadi calon kuat juara Piala Asia 2023 setelah menumbangkan tim raksasa Iran dalam laga semifinal yang berlangsung pada Rabu (7/2/2024) malam WIB.

Dalam pertandingan di Stadion Al Thumama, Doha itu, tuan rumah sukses mengalahkan Iran dengan skor 2-3 lewat perjuangan ekstra keras.

Iran lebih dulu unggul saat laga baru berjalan empat menit lewat Sardar Azmoun sebelum disamakan Qatar melalui gol Jassem Abdulsallam 13 menit berselang.

Arkam Afif membuat Qatar berbalik unggul dua menit jelang waktu normal babak pertama berakhir, tetapi kembali disamakan Iran melalui penalti Alireza Jahanbakhsh pada menit ke-51.

Qatar pada akhirnya mengunci kemenangan setelah Almoez Ali mencetak gol pada menit ke-82. Keunggulan 3-2 itu bertahan hingga bubaran di mana Iran bahkan harus bermain dengan 10 orang di masa injury time ketika tengah mencari gol penyama kedudukan.

Pasca pertandingan, pelatih Qatar Bertalome Marquez Lopez mengungkapkan bahwa dirinya memang menerapkan taktik khusus untuk mengalahkan Iran di laga ini.

Dia mengaku sengaja menurunkan empat pemain dengan kecepatan tinggi di lini depan yang bertujuan untuk menghancurkan pertahanan Iran lewat akselerasi mereka.

Penyerang Qatar Almoez Ali (tengah) merayakan bersama rekan satu timnya setelah mencetak gol ketiga timnya pada pertandingan sepak bola semifinal Piala Asia AFC Qatar 2023 antara Iran dan Qatar di Stadion al-Thumama di Doha pada 7 Februari 2024.Giuseppe CACACE / AFPPenyerang Qatar Almoez Ali (tengah) merayakan bersama rekan satu timnya setelah mencetak gol ketiga timnya pada pertandingan sepak bola semifinal Piala Asia AFC Qatar 2023 antara Iran dan Qatar di Stadion al-Thumama di Doha pada 7 Februari 2024.Giuseppe CACACE / AFP

Lopez merasa Homam Ahmed, Yusuf Abdurisag, Akram Afif dan Almoez Ali memiliki kecepatan yang dibutuhkan untuk menghancurkan barisan belakang lawan.

Keputusan itu terbukti benar, di mana Iran dibuat kocar-kacir oleh kecepatan Akram Afif dan kawan-kawan meski sempat unggul lebih dulu di awal laga.

“Kami mencoba bermain dengan kecepatan tinggi dalam menyerang. Kami menempatkan empat pemain di lini serang yang kami tahu cepat," kata Lopez dikutip dari laman resmi AFC, Kamis (8/2/2024).

“Kami mencoba mencari ruang di belakang pertahanan Iran. Kami sempat sukses dan keberuntungan menyertai kami hari ini."

"Kami akan merayakan kemenangan ini hari ini dan besok kami akan mulai mempersiapkan pertandingan final.”

Kesuksesan menembus final membuat Qatar punya kesempatan untuk menjuarai Piala Asia secara back-to-back setelah menjadi kampiun pada edisi sebelumnya di 2019.

Di partai final, Qatar selaku tuan rumah akan menghadapi Yordania, tim kuda hitam yang untuk pertama kali dalam sejarah berhasil lolos ke final Piala Asia.

“Pertama, saya sangat bahagia untuk Qatar, masyarakat Qatar, para penggemar dan para pemain,”

"Pertandingannya sangat kompleks tapi kami memainkan pertandingan besar, para pemain tidak menyia-nyiakan upaya apa pun."

"Sekarang kami punya satu langkah terakhir lagi untuk mempertahankan gelar kami."

Final Piala Asia 2023 antara Qatar vs Yordania dijadwalkan berlangsung pada Sabtu (10/2/2024) pukul 22.00 WIB di Stadion Lusail.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #melihat #taktik #jitu #qatar #hancurkan #pertahanan #iran #calon #juara #piala #asia #2023

KOMENTAR