Mengenal 3 Atlet yang Bawa Timnas Esports Indonesia Juara Piala Asia 2023
Timnas eSports Indonesia juara AFC eAsian Cup 2023. (X @KEMENPORA_RI)
13:48
6 Pebruari 2024

Mengenal 3 Atlet yang Bawa Timnas Esports Indonesia Juara Piala Asia 2023

Mengenal lebih jauh para atlet yang berhasil mencetak sejarah membawa Indonesia menjadi juara Piala Asia 2023, yakni Rizky Faidan, Elga Cahya Putra, dan Akbar Paudie.

Meski langkah Timnas Indonesia harus terhenti di 16 besar Piala Asia 2023, Timnas Esports Indonesia justru mampu mengukir prestasi di ajang tersebut.

Timnas Esports Indonesia yang diwakili Rizky Faidan, Elga Cahya Putra, dan Akbar Paudie secara perkasa mampu menjadi juara AFC e-Asian Cup 2023.

Sebagai informasi, AFC e-Asian Cup merupakan sebuah turnamen gim yang memainkan eFootball 2024 di konsol PlayStation 5 dan diikuti seluruh negara kontestan Piala Asia 2023.

Total 20 negara yang berpartisipasi di Piala Asia 2023 mengirimkan para atlet Esportsnya di ajang yang baru pertama kali digelar ini.

Dalam perjalanannya menjadi juara, Timnas Esports Indonesia berhasil menang 2-0 atas Jepang di babak final yang berlangsung dengan format Best of Three (BO3) tersebut,

Di gim pertama, Timnas Esports Indonesia menang lewat drama adu penalti usai bermain imbang 1-1. Lalu di gim kedua, tim Merah Putih berhasil menang dengan skor tipis 3-2.

Kemenangan itu pun membuat Indonesia mencetak sejarah sebagai negara pertama yang menjuarai ajang perdana AFC e-Asian Cup 2023.

Prestasi ini membuat para atlet Timnas Esports Indonesia di AFC e-Asian Cup 2023 menjadi perbincangan. Lantas, siapa saja para atletnya dan rekam jejaknya?

Rizky Faidan

Rizky Faidan merupakan seorang atlet Esports asal Bandung yang lahir di Bandung, Jawa Barat pada 2 Maret 2003 atau saat ini berusia 20 tahun.

Namanya melejit sejak 2016 lalu, kala Rizky Faidan menjadi finalis termuda di Pro Evolution Soccer (PES) South East Asia Champions League di Vietnam.

Sejak saat itu, namanya pun melambung. Meski gagal tampil di Asian Games 2018 karena faktor usia, Rizky berhasil membuat prestasi meraih juara Asia di PES 2019 dan tampil di PES 2019 League World Finals di Inggris.

Kini, atlet yang pernah menjadi bagian tim Esports Buriram United itu aktif berkompetisi di Indonesia Football Esports League atau IFeL bersama PSS Sleman.

Elga Cahya Putra

Elga Cahya Putra dikenal sebagai salah satu pesaing berat Rizky Faidan di kancah Esports. Pemuda kelahiran Lampung 19 November 1997 ini sudah terjun ke dunia eFootball pada 2018 lalu.

Meski sudah bermain di eFootball sejak 2018, namanya dikenal sejak 2020 kala membela Madura United di ajang Indonesia Football Esports League (IFeL).

Setahun kemudian, ia bermain untuk Borneo FC dan bersua dengan Rizky Faidan di final IFeL 2021. Meski kalah, nama Elga menjadi salah satu nama yang diperbincangkan.

Terlebih dengan prestasi menterengnya yang mampu menjadi juara di IESF 14th Bali World Championship pada tahun 2022 kemarin.

Akbar Paudie

Mohamad Akbar Paudie atau Akbar Paudie merupakan atlet Esports asal Gorontalo yang lahir pada 13 November 2001. Namanya melejit dari turnamen Piala Presiden 2021.

Saat itu, Akbar Paudie tampil bersama tim amatir dan berhasil menjadi juara bersama timnya. Karenanya, namanya pun menjadi incaran klub-klub profesional yang bertanding di IFeL.

Pada IFeL 2021 kemarin, Akbar Paudie bermain untuk Persiraja Banda Aceh dan menjadi Runner Up pada tahun tersebut.

Ia pun menjadi salah satu wakil Indonesia di ajang IESF 15th World Championship. Meski tak meraih gelar, kiprahnya membuatnya menjadi salah satu atlet Esports yang diperhitungkan di Tanah Air.

Kontributor: Felix Indra Jaya

Editor: Irwan Febri

Tag:  #mengenal #atlet #yang #bawa #timnas #esports #indonesia #juara #piala #asia #2023

KOMENTAR