Pemain Keturunan Ambon Punya Marga Bakarbessy Mau ke Jakarta, Jadi Solusi Pertahanan Timnas Indonesia
Bek FC Copenhagen, Kevin Diks (kanan) tampil di Liga Champions. [Sergei GAPON / AFP]
19:36
8 Oktober 2024

Pemain Keturunan Ambon Punya Marga Bakarbessy Mau ke Jakarta, Jadi Solusi Pertahanan Timnas Indonesia

Keinginan Kevin Diks untuk bergabung dengan Timnas Indonesia semakin menguat. Bek tengah FC Copenhagen ini memberikan sinyal kuat dengan mengungkapkan keinginannya untuk segera mengunjungi Jakarta.

Rumor mengenai naturalisasi pemain keturunan Belanda - Ambon dengan marga Bakarbessy ini memang sudah berhembus sejak lama. Apalagi setelah adanya kabar bahwa Diks telah menjalin komunikasi dengan PSSI. Namun, hingga saat ini, keputusan final belum juga ia umumkan.

Media-media di Belanda dan Belgia pun turut menyoroti isu ini, meski tidak seintens media-media di Indonesia.

Belakangan, rumor tersebut kembali mencuat setelah seorang seniman Indonesia, Zulham Subari, membagikan tangkapan layar percakapannya dengan Diks di media sosial. Zulham, yang diketahui mengidolai Diks, mengirimkan pesan pribadi kepada sang pemain setelah menggambar wajahnya.

Baca Juga: Vietnam Dilanda Kepanikan Jika Timnas Indonesia Kalahkan Bahrain

Tak disangka, Diks membalas pesan tersebut dengan ramah dan bahkan memuji bakat menggambar Zulham. Dalam percakapan singkat itu, Diks juga mengungkapkan harapannya untuk segera berkunjung ke Indonesia.

"Saya berharap bisa ke Jakarta segera. Jadi Anda tidak perlu mengirimnya," kata Diks.

Ungkapan keinginan Diks untuk datang ke Jakarta ini tentu saja semakin memicu spekulasi mengenai keputusannya untuk dinaturalisasi.

Bek Keturunan Belanda-Indonesia, Kevin Diks. (instagram.com/@kevindiks2)Bek Keturunan Belanda-Indonesia, Kevin Diks. (instagram.com/@kevindiks2)

Apakah kedatangannya ke Indonesia kali ini terkait dengan proses naturalisasi? Hanya waktu yang akan menjawabnya.

Perburuan bakat berdarah Indonesia oleh Shin Tae-yong terus berlanjut. Sejumlah nama baru terus mencuat, salah satunya adalah bek tangguh asal Belanda, Kevin Diks. Pemain yang kini berseragam FC Copenhagen ini menjadi perbincangan hangat di kalangan pecinta sepak bola Tanah Air.

Baca Juga: Kabar Buruk untuk Marselino Ferdinan! Eliano Reijnders Kasih Pesan ke STY: Saya Bisa Main di...

Lahir di Apeldoorn, Belanda pada 6 Oktober 1996, Diks mengawali karier sepak bolanya di akademi Vitesse. Sejak usia dini, bakat alamiahnya dalam mengolah si kulit bundar sudah terlihat jelas. Pada usia 9 tahun, ia bergabung dengan akademi Vitesse dan terus mengasah kemampuannya di sana.

Perjuangannya membuahkan hasil ketika ia berhasil menembus tim utama Vitesse pada tahun 2014. Dengan penampilan yang konsisten dan impresif, Diks berhasil memikat perhatian sejumlah klub Eropa. Pada tahun 2016, ia memutuskan untuk merumput di Italia bersama Fiorentina.

Kevin Diks disebut bisa menjadi pemain timnas Indonesia segera oleh media Denmark. (Instagram/@kevindiks2)Kevin Diks disebut bisa menjadi pemain timnas Indonesia segera oleh media Denmark. (Instagram/@kevindiks2)

Namun, kariernya di Italia tidak berjalan mulus. Diks lebih banyak dipinjamkan ke klub lain. Barulah saat bergabung dengan FC Copenhagen pada tahun 2021, kariernya kembali menanjak. Di klub asal Denmark ini, Diks menjelma menjadi bek kanan yang solid dan menjadi andalan tim.

Performa gemilangnya di level klub membuatnya semakin dekat dengan panggilan Timnas Indonesia. Kemampuannya dalam bertahan dan membangun serangan dari lini belakang sangat dibutuhkan oleh skuad Garuda.

Dengan potensi yang dimilikinya, Kevin Diks diyakini mampu memperkuat lini belakang Timnas Indonesia dan memberikan kontribusi signifikan untuk meraih prestasi di kancah sepak bola internasional.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #pemain #keturunan #ambon #punya #marga #bakarbessy #jakarta #jadi #solusi #pertahanan #timnas #indonesia

KOMENTAR