Timnas Indonesia Tanpa 13 Pemain Naturalisasi saat Kumpul di Jakarta
Barisan bek Timnas Indonesia termasuk Sandy Walsh, Mees Hilgers, Jay Idzes dan Wahyu Prasetyo. [Dok. IG/TimnasIndonesia]
17:06
3 Oktober 2024

Timnas Indonesia Tanpa 13 Pemain Naturalisasi saat Kumpul di Jakarta

Timnas Indonesia dipastikan tanpa kehadiran 13 pemain naturalisasi saat berkumpul di Jakarta pada Sabtu (5/10/2024). Mereka yang hadir hanya pemain liga lokal dan langsung bertolak ke Bahrain pasca makan malam.

Hal itu disampaikan Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji kepada awak media beberapa waktu lalu. Dia menegaskan para pemain abroad bisa langsung bertolak ke Bahrain dari klubnya masing-masing.

"Ini nanti semuanya kumpul langsung di Bahrain. Daftar 27 pemain ini sudah termasuk Mees Hilgers dan Eliano Reijnders," kata Sumardji.

"Kami akan kumpul Sabtu, 5 Oktober. Setelah makan malam, kami akan langsung ke [Bandara] Soetta (Soekarno-Hatta)," tambahnya.

Baca Juga: Nyempil Satu Pemain Lokal, 10 Pemain Termahal Timnas Indonesia Setelah Mees Hilgers Gabung

Para pemain abroad diminta untuk langsung bertolak ke Bahrain karena jadwal mereka yang begitu padat bersama klubnya masing-masing.

Dari 27 pemain yang dipanggil, 16 diantaranya merupakan pemain abroad atau yang berkarier di luar negeri. 13 pemain berstatus naturalisasi.

Sebagian besar pemain ini diketahui masih disibukkan agenda pertandingan bersama tim masing-masing.

Sebut saja Mees Hilgers yang masih harus membela FC Twente dalam dua laga ke depan yakni kontra Fenerbahce dan Feyenoord.

Mees bersama FC Twente akan menjamu Fenerbahce dalam laga kedua Liga Europa 2024/2025 pada Jumat (4/10/2024) dini hari WIB, sebelum bertandang ke markas Feyenoord dua hari berselang.

Baca Juga: Cedera Maarten Paes Malah Jadi Berkah untuk Timnas Indonesia, Kenapa?

Bek timnas Indonesia yang bermain untuk FC Twente, Mees Hilgers. (Tangkapan layar akun resmi Instagram Mees Hilgers @meeshilgerss)Bek timnas Indonesia yang bermain untuk FC Twente, Mees Hilgers. (Tangkapan layar akun resmi Instagram Mees Hilgers @meeshilgerss)

Situasi itu membuat pelatih Shin Tae-yong memutuskan tidak ada latihan di Jakarta. Para pemain klub lokal baru akan menjalani persiapan di Bahrain bersama para pemain abroad lainnya.

Timnas Indonesia akan menghadapi Bahrain dan China dalam matchday ketiga dan keempat Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia 2024/2025.

Dua laga tandang itu masing-masing akan berlangsung pada 10 dan 15 Oktober 2024.

Berikut 16 Pemain Timnas Indonesia Berstatus Abroad

  1. Maarten Paes - FC Dallas
  2. Jay Idzes - Venezia
  3. Jordi Amat - JDT
  4. Mees Hilgers - FC Twente
  5. Calvin Verdonk - NEC Nijmegen
  6. Pratama Arhan - Suwon FC
  7. Shayne Pattynama - KAS Eupen
  8. Sandy Walsh - KV Mechelen
  9. Asnawi Mangkualam - Port FC
  10. Eliano Reijnders - PEC Zwolle
  11. Thom Haye - Almere City
  12. Nathan Tjoe-A-On -Swansea City
  13. Ivar Jenner - FC Utrecht
  14. Ragnar Oratmangoen - FCV Dender
  15. Marselino Ferdinan - Oxford United
  16. Rafael Struick - Brisbane Roar

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #timnas #indonesia #tanpa #pemain #naturalisasi #saat #kumpul #jakarta

KOMENTAR