Naturalisasi PSSI Dikritik, Ini Daftar 14 Pemain Keturunan di Timnas Indonesia Era Shin Tae-yong
Timnas Indonesia (Instagram/sandywalsh)
21:48
17 September 2024

Naturalisasi PSSI Dikritik, Ini Daftar 14 Pemain Keturunan di Timnas Indonesia Era Shin Tae-yong

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) belakangan dikritik karena program naturalisasi yang dinilai begitu gencar. Ada 10 pemain naturalisasi yang bermain saat Timnas Indonesia melawan Australia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Hadirnya para pemain naturalisasi di Tim Merah Putih memang punya dampak signifikan pada permainan. Jika berkaca pada hasil belakangan ini, progres itu bisa terlihat.

Timnas Indonesia berhasil menahan imbang Arab Saudi dan Australia yang merupakan tim langganan lolos Piala Dunia. Dengan kombinasi ramuan taktik Shin Tae-yong dan pemain naturalisasi, kekuatan Indonesia benar meningkat.

Erick Thohir bersalaman dengan dua calon penggawa anyar Timnas Indonesia. (Instagram/erickthohir)Erick Thohir bersalaman dengan dua calon penggawa anyar Timnas Indonesia. (Instagram/erickthohir)

Sejak menahkodai Indonesia pada Desember 2019, Shin mulai menyusun kerangka tim. Selain mencari pemain-pemain lokal bertalenta, pria Korea Selatan itu juga melakukan pendekatan dengan pemain keturunan Indonesia.

Baca Juga: DPR Setujui Pemberian Stasus WNI, Eliano Reijnders dan Mees Hilgers Jalani Sumpah Minggu Depan?

Selain melakukan pendekatan dengan pemain keturunan yang ada di luar negeri, Shin Tae-yong juga memaksimalkan pemain keturunan yang tidak perlu di naturalisasi seperti Elkan Baggott.

1. Marc Klok

Persib Bandung hanya umumkan Dimas Drajad, Marc Klok tak dipanggil Shin Tae-yong ke timnas Indonesia? (Instagram/@marcklok)Persib Bandung hanya umumkan Dimas Drajad, Marc Klok tak dipanggil Shin Tae-yong ke timnas Indonesia? (Instagram/@marcklok)

Marc Klok menjadi pemain naturalisasi pertama di era Shin Tae-yong. Awalnya proses naturalisasi Klok ditolak karena baru tinggal dua tahun di Indonesia, tapi ia akhirnya bisa membuktikan punya darah Indonesia dari kakeknya yang merupakan keturunan Makassar.

2. Jordi Amat

Jordi Amat mulai sembuh dari cedera, berpeluang tampil bersama Timnas Indonesia di  bulan Oktober. (pssi.org)Jordi Amat mulai sembuh dari cedera, berpeluang tampil bersama Timnas Indonesia di bulan Oktober. (pssi.org)

Atas permintaan Shin Tae-yong untuk membela Timnas Indonesia, Jordi Amat resmi menjadi WNI pada 17 November 2022. Sama seperti Klok, Amat ternyata punya darah keturunan Makassar.

Baca Juga: Syamsir Alam Bongkar Nasib Pemain Indonesia di Eropa, Inikah Alasan Kenapa PSSI Getol Lakukan Naturalisasi?

3. Sandy Walsh

Sandy Walsh berduel dengan Craig Goodwin. (Instagram/@sandywalsh)Sandy Walsh berduel dengan Craig Goodwin. (Instagram/@sandywalsh)

Proses Sandy menjadi WNI sangat panjang karena diakuinya sudah tertarik melakukan proses naturalisasi sejak 2018. Namun baru pada November 2022 ia resmi menjadi WNI dan mengucap sumpah bersamaan dengan Jordi Amat.

4. Shayne Pattynama

Shayne Pattynama saat membela Timnas Indonesia melawan Tanzania (pssi.org)Shayne Pattynama saat membela Timnas Indonesia melawan Tanzania (pssi.org)

Mengaku dapat wasiat dari almarhum ayahnya, Shayne Pattynama mantap menjadi WNI dan disumpah pada 24 Januari 2023. Prosesnya cukup panjang karena dimulai sejak Mei 2022.

5. Rafael Struick

Penyerang Timnas Indonesia U-23, Rafael Struick. (Instagram/rafaelstruick)Penyerang Timnas Indonesia U-23, Rafael Struick. (Instagram/rafaelstruick)

Penyerang milik ADO den Haag ini resmi menjadi WNI pada 22 Mei 2023. Darah keturunan Indonesia didapatkan dari ibunya yang merupakan keturunan Suriname-Jawa.

6. Ivar Jenner

Pemain Timnas Indonesia Ivar Jenner (Instagram Ivar Jenner)Pemain Timnas Indonesia Ivar Jenner (Instagram Ivar Jenner)

Pengambilan sumpah WNI Ivar Jenner dilakukan bersamaan dengan Struick. Diketahui pemain FC Utrecht itu punya darah keturunan Indonesia dari Jember, Jawa Timur.

7. Justin Hubner

Justin Hubner menegaskan belum mau bermain di Liga 1 Indonesia. (Instagram/@justinhubner5)Justin Hubner menegaskan belum mau bermain di Liga 1 Indonesia. (Instagram/@justinhubner5)

Sempat dikabarkan batal dinaturalisasi dan ikut TC Timnas Belanda, Justin Hubner secara mengejutkan disumpah menjadi WNI pada Desember 2023. Darah keturunan Indonesia berasal dari kakeknya, Ferdinand Rudolf Hubner.

8. Jay Idzes

Jay Idzes saat memperkuat Timnas Indonesia di laga melawan Australia (pssi.org)Jay Idzes saat memperkuat Timnas Indonesia di laga melawan Australia (pssi.org)

Punya darah keturunan Indonesia dari kakek dan neneknya, Jay Idzes resmi menjadi WNI pada Desember 2023. Saat ini ia bermain di Serie A bersama Venezia.

9. Nathan Tjoe-A-On

Nathan Tjoe-A-On lari saat diikuti fans sampai ke toilet. (Instagram/@nathantjoeaon)Nathan Tjoe-A-On lari saat diikuti fans sampai ke toilet. (Instagram/@nathantjoeaon)

Pemain Swansea City itu mengucap sumpah WNI pada Maret 2024 dan langsung debut di bulan itu melawan Vietnam.

10. Ragnar Oratmangoen

Ragnar Oratmangoen saat membela Timnas Indonesia di laga melawan Arab Saudi (PSSI)Ragnar Oratmangoen saat membela Timnas Indonesia di laga melawan Arab Saudi (PSSI)

Ragnar atau akrab disapa Wak Haji oleh penggemar Timnas Indonesia mengucap sumpah menjadi WNI pada Januari 2024. Saat ini ia bermain di Liga Belgia bersama FC Dender.

11. Thom Haye

Thom Haye dikabarkan akan gabung klub baru usai bela timnas Indonesia lawan Arab Saudi dan Australia. (Instagram/@thomhaye)Thom Haye dikabarkan akan gabung klub baru usai bela timnas Indonesia lawan Arab Saudi dan Australia. (Instagram/@thomhaye)

Mengambil sumpah menjadi WNI bersamaan dengan Ragnar, Thom Haye kini jadi andalan di lini tengah Timnas Indonesia. Pemain berusia 19 tahun itu baru saja bergabung dengan Almere City.

12. Maarten Paes

Maarten Paes, Kiper Timnas Indonesia yang mencatatkan debut ciamiknya di Kualifikasi Piala Dunia 2026. (Instagram/@maartenpaes)Maarten Paes, Kiper Timnas Indonesia yang mencatatkan debut ciamiknya di Kualifikasi Piala Dunia 2026. (Instagram/@maartenpaes)

Proses naturalisasinya sudah rampung sejak April 2024, tapi ia baru bisa debut pada September kemarin karena ada proses di Pengadilan Arbitrase Internasional (CAS) soal perpindahan federasi.

13. Calvin Verdonk

Calvin Verdonk saat memperkuat Timnas Indonesia di laga melawan Australia (pssi.org)Calvin Verdonk saat memperkuat Timnas Indonesia di laga melawan Australia (pssi.org)

Bek kiri milik klub Belanda, NEC Nijmegen ini resmi menjadi WNI sejak Juni 2024. Calvin sudah mencatatkan tiga penampilan buat Timnas Indonesia.

14. Jens Raven

Penyerang Timnas Indonesia, Jens Raven Saat Membela Timnas U-19 di ajang ASEAN U-19 Boys Championship 2024. (pssi.org)Penyerang Timnas Indonesia, Jens Raven Saat Membela Timnas U-19 di ajang ASEAN U-19 Boys Championship 2024. (pssi.org)

Penyerang muda yang sudah membela Timnas U-20 ini resmi menjadi WNI pada 27 Juni 2024. Saat ini pemain berusia 18 tahun tersebut bermain untuk klub Belanda, Dordrecht U-21.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #naturalisasi #pssi #dikritik #daftar #pemain #keturunan #timnas #indonesia #shin #yong

KOMENTAR