Jamu Australia, Shin Tae-yong Tiru Strategi Jitu Parkir Bus Milik Bahrain?
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong dan Justin Hubner saat menghadiri konfrensi pers jelang melawan Australia pada babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (9/9/2024). [Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha]
19:24
9 September 2024

Jamu Australia, Shin Tae-yong Tiru Strategi Jitu Parkir Bus Milik Bahrain?

Timnas Indonesia akan menjamu Australia pada matchday kedua babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (10/9/2024) malam.

Indonesia dalam motivasi tinggi usai berhasil menahan imbang tuan rumah Arab Saudi, 1-1 di partai perdana.

Sementara Australia secara mengejutkan takluk 0-1 saat menjamu Bahrain berkat gol bunuh diri Harry Souttar yang salah mengantisipasi tendangan.

Saat itu, Bahrain menerapkan strategi parkir bus yang membuat Australia frustasi karena menemui jalan buntu dalam membangun serangan.

Baca Juga: Beda saat Dibantai 0-4, Timnas Indonesia Punya 6 Amunisi 'Baru' Lawan Australia

Taktik parkir bus dalam sepak bola adalah istilah untuk tim yang bertahan penuh dengan menaruh semua pemainnya di depan gawang dalam dua garis lini pertahanan di belakang.

Disinggung apakah bakal menggunakan strategi serupa, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memberikan jawaban bijak.

"(Saya) tidak dapat bicara taktik di sini. Tapi bisa lihat dari ranking FIFA, kami mau menyerang pun akan lebih banyak bertahan," kata dia dalam sesi konferensi pers, Senin (9/9/2024) petang.

"Mereka (ranking) 20-an, kami 130-an. Mungkin (permainan) 40:60. Jadi sebagai pelatih, saya memikirkan bagaimana dan apa yang harus dilakukan," tambahnya.

Meski demikian, mantan juru taktik Korea Selatan itu enggan memikirkan data-data tersebut. Mengingat Australia disebutnya sebagai tim kuat.

Baca Juga: Siap Jamu Australia, Timnas Indonesia Harus Lupakan Rekor Buruk di kualifikasi Piala Dunia 2026

"Kami harus lebih baik dalam persiapan untuk mengantisipasi lebih baik," tegas Shin Tae-yong.

Editor: Ronald Seger Prabowo

Tag:  #jamu #australia #shin #yong #tiru #strategi #jitu #parkir #milik #bahrain

KOMENTAR