Biodata dan Prestasi Wataru Endo, Pemain Liverpool yang Incar Kemenangan Lawan Timnas Indonesia
Gelandang andalan Timnas Jepang, Wataru Endo (tengah). [PAUL MILLER / AFP]
18:00
20 Januari 2024

Biodata dan Prestasi Wataru Endo, Pemain Liverpool yang Incar Kemenangan Lawan Timnas Indonesia

Mengupas latar belakang Wataru Endo, pemain Liverpool dan juga Timnas Jepang yang mengincar kemenangan di Piala Asia 2023 saat bersua Timnas Indonesia.

Peta persaingan menuju ke 16 besar Piala Asia 2023 makin memanas seiring hasil yang tercipta pada laga kedua grup D antara Irak vs Jepang dan Vietnam vs Indonesia.

Di laga kedua grup D, Jepang yang diunggulkan bakal lolos ke 16 besar dengan mudah, justru harus menunda kelolosannya setelah takluk dari Irak, Jumat (19/1).

Dalam pertandingan tersebut, Jepang secara mengejutkan tumbang dengan skor 1-2 dari Irak. Hasil ini membuat Singa Mesopotamia pun otomatis lolos ke 16 besar.

Sedangkan di laga lainnya, Indonesia juga berhasil mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0 yang membuat skuad Garuda kini memiliki poin yang sama dengan Jepang, yakni tiga poin.

Tak ayal, tiket 16 besar yang tersisa di grup D akan diperebutkan oleh Jepang dan Indonesia yang akan berduel di laga pamungkas grup D.

Jelang laga ini, bintang Timnas Jepang yakni Wataru Endo menegaskan target timnya di laga pamungkas adalah untuk meraih kemenangan atas Timnas Indonesia.

Ia dan timnya pun akan bermain maksimal di laga pamungkas kontra Timnas Indonesia agar bisa merebut tiket ke babak 16 besar.

Tak ayal keseriusan Wataru Endo tersebut membuat netizen Tanah Air membicarakannya. Berikut biodata dan prestasi kapten Timnas Jepang tersebut.

Biodata Wataru Endo

Nama Lengkap: Wataru Endo

Nama Panggilan: Endo

Tempat Tanggal Lahir: Yokohama, Jepang, 9 Februari 1993

Posisi: Gelandang

Klub: Liverpool

Wataru Endo merupakan pemain berposisi gelandang bertahan yang lahir di Yokohama, Jepang, pada 9 Februari 1993 atau saat ini berusia 30 tahun.

Namanya sendiri melejit saat pertengahan tahun 2023 kemarin, kala raksasa Liga Inggris, Liverpool, memboyongnya dari VfB Stuttgart dengan harga 16 juta poundsterling.

Sebelum bermain untuk Liverpool, Endo sendiri mengawali kiprahnya di sepak bola di Jepang. Klub profesional pertamanya adalah Shonan Bellmare di kasta kedua Liga Jepang.

Usai membawa Shonan Bellmare promosi dan bertahan di kasta teratas Liga Jepang, Endo kemudian diboyong oleh Urawa Red Diamonds pada 2016.

Hanya dalam waktu dua tahun saja, bakat Endo pun tercium hingga ke Eropa. Pada 2018, klub Belgia yakni Sint-Truiden memboyongnya secara permanen.

Tapi Endo hanya bertahan semusim di Sint-Truiden. Pada musim keduanya di Eropa atau pada tahun 2019, ia dipinjamkan ke VfB Stuttgart.

Di musim pertamanya di Stuttgart, Endo tampil apik dan membuat klub yang berbasis di Jerman itu mempermanenkannya pada April 2020.

Sejak saat itu, Endo menjadi andalan Stuttgart dan membuat Liverpool memboyongnya pada bursa transfer musim panas 2023.

Karena kiprah apiknya, Endo pun sudah membela Timnas Jepang sejak 2015. Hingga artikel ini dibuat, dirinya telah membela Samurai Biru sebanyak 57 kali dengan torehan 3 gol dan 4 assist.

Prestasi Wataru Endo

Prestasi Kolektif:

- Juara J2 League 2014 (bersama Shonan Bellmare)
- Juara J League Cup 2016 (bersama Urawa Red Diamonds)
- Juara Suruga Bank Championship 2017 (bersama Urawa Red Diamonds)
- Juara Liga Champions Asia 2017 (bersama Urawa Red Diamonds)
- Juara Piala Asia U-23 2016 (bersama Jepang U-23)
- Runner Up Piala Asia 2019 (bersama Jepang)

Prestasi Individu:

- Pemain Terbaik J2 League April 2014
- Pemain Terbaik Liverpool Desember 2023
- The Best XI Japan Pro-Footballers Association Awards 2022 dan 2023

Kontributor: Felix Indra Jaya

Editor: Irwan Febri

Tag:  #biodata #prestasi #wataru #endo #pemain #liverpool #yang #incar #kemenangan #lawan #timnas #indonesia

KOMENTAR