7 Rekomendasi Jurusan Kuliah dengan Prospek Kerja Bagus dan Menjanjikan, ada Teknik Mesih hingga Arsiktektur
Ilustrasi bekerja menjadi arsitektur. (freepik/pikselmentah.com)
12:08
25 Maret 2024

7 Rekomendasi Jurusan Kuliah dengan Prospek Kerja Bagus dan Menjanjikan, ada Teknik Mesih hingga Arsiktektur

 – Jurusan kuliah merupakan hal yang penting dan menjadi awal masuk dalam menggapai cita-cita di masa mendatang. Perlu kita ketahui, di era sekarang ada banyak jurusan kuliah yang sering membuat mahasiswa bingung memilih.

Pada umumnya, mahasiswa melanjutkan kuliah bertujuan agar lebih mudah mencari pekerjaan tak terkecuali yang memiliki peluang kerja lebih banyak.

Namun, tidak sedikit pula mahasiswa yang belum mengantongi bekal terkait jurusan kuliah yang mudah mencari kerja dan prospek kedepannya bagus. Hal ini yang membuat mahasiswa yang bingung mencari kerja setelah lulus kuliah.

Dilansir dari laman Universitas Dharma Andalas, terdapat 7 jurusan kuliah yang memiliki prospek kerja bagus dan menjanjikan diantaranya :

1. Teknik Mesin

Jurusan pertama yang memiliki peluang kerja besar yaitu teknik mesin. Dalam jurusan ini diperlukan menguasai ilmu seperti matematika, kimia, dan fisika.

Lulusan jurusan ini bisa bekerja di banyak perusahaan mulai dari pertambangan, perkapalan, penerbangan, konstruksi, pertanian, dna perusahaan yang berkaitan dengan transportasi.

2. Teknik Sipil

Di era sekarang, industry konstruksi semakin membludak yang mana hal ini mengakibatkan kebutuhan ahli teknik sipil atau arsitek juga semakin besar pula.

Lulusan jurusan ini bisa bekerja di perusahaan bidang konstruksi, menjadi konsultan teknik atau bisa juga kerja di pemerintahan.

3. Sistem Informasi

Seiring dengan perkembangan zaman tentu menyebabkan perkembangan ilmu teknologi juga ikut meningkat. Salah satu jurusan yang berkaitan dengan teknologi yaitu sistem informasi.

Di dalam jurusan ini, ada beberapa hal yang dipelajari diantaranya pemrograman dan pembuatan aplikasi.

Mengingat sekarang semua orang sudah menggunakan teknologi digital sehingga permintaan untuk aplikasi digital juga semakin naik.

4. Jurusan Farmasi

Jurusan lain dengan prospek kerja yang luas yaitu farmasi. Di jurusan ini ada beberapa hal yang dipelajari mulai membuat obat-obatan yang sesuai dengan standar kesehatan, meracik bahan kosmetik yang aman dan lain lainya yang berkaitan dengan kesehatan.

Mengingat di era sekarang banyak sekali bisnis kecantikan mulai dari skincare hingga kosmetik. Untuk meracik kandungan dan persentase di dalam skincare atau kosmetik maka dibutuhkan ahli farmasi.

Sehingga dengan meningkatnya kebutuhan kesehatan dan bisnis kecantikan maka semakin naik pula kebutuhan ahli farmasi.

5. Manajemen

Jurusan manajemen juga mampu memberikan peluang kerja yang mudah dan banyak. Di dalam jurusan ini bisa belajar terkait strategi marketing, pemasaran hingga ilmu  pengantar teknologi informasi sesuai dengan perkembangan zaman.

Lulusan jurusan ini bisa bekerja menjadi staf keuangan, akuntan, marketer, banker, staf HRD, staff operasional, dan lain sebagainya.

6. Ilmu Hukum

Mengingat bahwa negara Indonesia adalah negara hukum, kebutuhan ahli hukum tentu juga banyak dibutuhkan.  Lulusan jurusan ini bisa bekerja sebagai dosen, pengacara, ilmu forensik, analisis intelijen, detektif dan lain sebagainya.

7. Jurusan Matematika

Jurusan matematika adalah jurusan terakhir yang memiliki peluang kerja menjanjikan. Lulusan jurusan ini bisa menjadi guru atau dosen khususnya di bidang matematika.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #rekomendasi #jurusan #kuliah #dengan #prospek #kerja #bagus #menjanjikan #teknik #mesih #hingga #arsiktektur

KOMENTAR