Profil Supratman Andi Agtas, Menkumham Era Jokowi yang Kini Ditugaskan jadi Menteri Hukum di Kabinet Prabowo
Menkumham Supratman Andi Agtas bersama dengan Ketua Umum hasil Munaslub Kadin Anindya Bakrie dan Kepala Badan Penegakan Hukum, Pertahanan, dan Keamanan Kadin Indonesia sekaligus Ketua MPR Bambang Soesatyo pada acara sarasehan Kadin hasil Munaslub dengan Menkumham di Kantor Kadin, Jakarta, Minggu (15/9/2024). (Fedrik Tarigan/ Jawa Pos)
10:40
21 Oktober 2024

Profil Supratman Andi Agtas, Menkumham Era Jokowi yang Kini Ditugaskan jadi Menteri Hukum di Kabinet Prabowo

  - Supratman Andi Agtas ditunjuk Presiden Prabowo Subianto menjadi Menteri Hukum pada Kabinet Merah Putih periode 2024-2029. Pengumuman itu secara resmi disampaikan Presiden Prabowo di Istana Negara, Jakarta, pada Minggu (20/10) malam.   Politikus senior Partai Gerindra ini menjadi salah satu tokoh yang dipanggil ke rumah Prabowo di Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Senin (14/10). Supratman juga turut mengikuti pembekalan calon menteri di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, pada Rabu (16/10).   Pada pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Supratman didapuk menjadi Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) menggantikan politikus senior PDI Perjuangan Yasonna H Laoly yang terkena reshuffle atau perombakan kabinet di ujung masa pemerintahan Jokowi.   Supratman hanya dua bulan menjadi menteri Jokowi, setelah diambil sumpah jabatannya pada 19 Agustus 2024 hingga periode Kabinet Indonesia Maju berakhir, pada 20 Oktober 2024.   Supratman bukan orang baru bagi Prabowo. Pria kelahiran Soppeng, Sulawesi Selatan pada 28 September 1969 ini merupakan akademisi, advokat, dan politikus Indonesia.   Supratman Andi Agtas merupakan politikus Partai Gerindra. Ia pernah menjadi dosen di Fakultas Hukum Universitas Tadulako.   Kariernya sebagai anggota legislatif dimulai sejak 2014. Saat itu dia pertama kali terpilih menjadi Anggota DPR RI periode 2014-2019 dan ditempatkan di Komisi III.   Selain duduk di Komisi III, Supratman juga ditunjuk sebagai Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI. Jabatan ini telah didudukinya sejak 2016, sebelum akhirnya terpilih kembali pada Pemilu 2019 sebagai Anggota DPR.   Belakangan, Supratman dicopot dari jabatannya sebagai Ketua Baleg DPR RI periode 2019-2024. Jabatan Ketua Baleg ini kemudian diserahkan kepada politikus Gerindra lainnya, yakni Wihadi Wiyanto.

Editor: Estu Suryowati

Tag:  #profil #supratman #andi #agtas #menkumham #jokowi #yang #kini #ditugaskan #jadi #menteri #hukum #kabinet #prabowo

KOMENTAR