Ada 55 Kapal Perang dan 25 Pesawat Udara Dikerahkan untuk Meriahkan Gelar Pasukan TNI AL
Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto bersama dengan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) terlihat kompak menyaksikan meriahnya pertunjukkan gelar pasukan TNI Angkatan Laut di Perairan Teluk Jakarta, Sabtu (28/9/2024). 
20:07
28 September 2024

Ada 55 Kapal Perang dan 25 Pesawat Udara Dikerahkan untuk Meriahkan Gelar Pasukan TNI AL

- Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto bersama dengan Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) terlihat kompak menyaksikan meriahnya pertunjukkan gelar pasukan TNI Angkatan Laut di Perairan Teluk Jakarta, Sabtu (28/9/2024).

Keduanya terlihat menyaksikan aksi parade alutsista Sailing Pass kapal perang TNI AL dan aksi parade alutsista lainnya di KRI dr Radjiman Wedyodiningrat (RJW – 992).

Berdasarkan keterangan Kepala Staf TNI Angkatan Laut Muhammad Ali, ada total 55 kapal besar dan kecil yang ditampilkan dalam Sailing Pass. Selain itu, juga digelar Flying Pass 25 pesawat udara dari TNI AL.

“Pelaksanaannya dilakukan langsung di laut dengan menggunakan alutsista buatan dalam negeri,” kata Muhammad Ali.

Saat Sailing Pass melewati KRI dr Radjiman Wedyodiningrat (RJW – 992) para pasukan nampak melambaikan tangan ke arah Jokowi dan Prabowo yang duduk berdampingan.

“Mereka melambaikan tangan kepada Bapak Presiden, mengucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden,” kata KSAL.

Dalam aksi parade ini, KRI yang ditampilkan antara lain terdiri dari kapal bertipe Multi Role Light Frigate (MLRF), PKR, SIGMA, juga kapal layar Legendaris KRI Dewa Ruci, Combat Boat, dan KRI kelas Landing Platform Dock (LPD). Selain itu, jenis Kapal selam KRI Cakra 401 milik TNI AL juga ditampilkan di hadapan KRI dr Radjiman Wedyodiningrat-992.

Adapun untuk pesawat udara di antaranya Cassa NC-212, CN 235 MP, Piper Archer DX,  Bonanza G36, Helikopter Bell 505 Jet Ranger X, Helikopter Panther AS565 MBe, pesawat VIP King Air, dan UAV Scaneagle.

Parade TNI AL ini juga diikuti kapal-kapal dari Polairud, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Bea Cukai, Bakamla, Basamas, KPLP dan Kapal Ikan Indonesia (KII). KSAL mengatakan total sekitar 500 lebih masyarakat ikut on board di KRI Banda Aceh dan di KRI Wahidin.

Selain acara pertunjukan parade alutsista ini juga dilangsungkan upacara penganugerahan tanda kehormatan Samkaryanugraha kepada KRI-Nanggala 402 dan juga penyematan Brevet Hiu Kencana kepada Presiden Jokowi.

Brevet kehormatan Hiu Kencana merupakan salah satu bentuk penghormatan dan penghargaan TNI AL, khususnya Satuan Kapal Selam, yang hanya diberikan kepada tokoh, warga, maupun prajurit di jajaran TNI yang telah berjasa. 

Turut hadir dalam acara ini Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono, Menko Polhukam Hadi Tjahjanto, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Mensesneg Pratikno, hingga Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Editor: Content Writer

Tag:  #kapal #perang #pesawat #udara #dikerahkan #untuk #meriahkan #gelar #pasukan

KOMENTAR