Skincare Jessica Wongso Bikin Kepo, Ini Kata Napi dan Petugas Rutan soal Perawatan di Penjara
Jessica Wongso didampingi pengacara dalam konferensi pers usai bebas bersyarat di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (18/8/2024) [Suara.com/Tiara Rosana].
13:53
19 Agustus 2024

Skincare Jessica Wongso Bikin Kepo, Ini Kata Napi dan Petugas Rutan soal Perawatan di Penjara

Wajah glowing Jessica Wongso saat bebas pada Minggu (18/8/2024) mencuri perhatian netizen. Banyak yang akhirnya penasaran dengan skincare Jessica Wongso selama 8,5 tahun mendekam di dalam penjara.

Hal ini terlihat dalam unggahan akun TikTok hungryforskincare. Si empunya akun sampai meminta Jessica Wongso untuk men-spill skincare yang digunakan olehnya hingga memiliki wajah glowing.

"Mbak Jessica Wongso umur 36 tahun, lihat kulitnya. Menurut kalian ini skincare-nya? Tolong spill, Mbak Jessica tolong spill," kata si empunya akun hungryforskincare, dilansir pada Senin (19/8/2024).

Unggahan akun tersebut kemudian menuai banyak pertanyaan dari netizen. Ada yang bertanya soal skincare Jessica Wongso, ada juga yang penasaran apakah di penjara boleh bawa skincare.

Baca Juga: Wajah Glowing Jessica Wongso saat Bebas Curi Perhatian, Netizen Kepo: Tolong Spill Skincare-nya

Jessica Wongso didampingi pengacara dalam konferensi pers usai bebas bersyarat di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (18/8/2024)  [Suara.com/Tiara Rosana].Jessica Wongso didampingi pengacara dalam konferensi pers usai bebas bersyarat di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (18/8/2024) [Suara.com/Tiara Rosana].

"Spill tapi kalo bisa rekomen yang under 100 ya Ci," celetuk salah satu netizen di kolom komentar. "Gue malah mikir emang di penjara boleh bawa skincare ya?" tanya yang lain.

Lantas, apa boleh membawa skincare dan melakukan perawatan di penjara? Simak pernyataan seorang napi serta petugas Lapas yang dirangkum dari berbagai sumber berikut ini.

Keterangan pertama datang dari Medina Zein yang merupakan napi atau narapidana kasus pengancaman dan pencemaran nama baik. Ia divonis 2,5 tahun penjara dan ditahan di Lapas kelas IIA Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Kendati berada di dalam penjara, Medina Zein tetap bisa menjaga kecantikan wajahnya. Ia mengakui bahwa dirinya tetap bisa melakukan perawatan karena ada salon di penjara. Biayanya pun cukup murah.

"Iya pasti dong (perawatan). Di sana ada fasilitas dan semua orang bisa (menggunakannya). Murah, salon biasa sama napi-napi," kata Medina Zein pada September 2022 lalu.

Baca Juga: Dari Balik Jeruji Besi, Jessica Wongso Ternyata Pernah Beri Hadiah untuk Cucu Otto Hasibuan

Keterangan hampir sama juga disampaikan oleh Kepala Rutan Kelas IIA Pondok Bambu Jakarta Timur tahun 2014, yakni Sri Susilarti Bc,IP SH.Msi. Ia membenarkan bahwa di dalam penjara terdapat salon yang bisa dipakai oleh para napi.

Salon tersebut menyediakan berbagai fasilitas, mulai dari creambath, catok, hingga meluruskan rambut. Salon ini dikoordinasi oleh petugas Rutan dengan bantuan warga binaan.

Sri Susilarti juga menyebutkan bahwa para narapidana diperbolehkan membawa kosmetik atau produk kecantikan lain ke dalam penjara. Karena itu bukan termasuk ke dalam daftar barang yang dilarang untuk dibawa.

"Kami memberi kelonggaran bagi mereka untuk membawa produk kecantikan. Yang tidak boleh dibawa masuk ke sini itu kan narkoba, handphone. Tapi kalau alat kosmetik, mereka boleh," tutur Sri Susilarti, dilansir dari pemberitaan tahun 2014 silam.

Kendati begitu, belum diketahui secara pasti soal produk skincare ataupun perawatan kecantikan yang dipakai Jessica Wongso selama di penjara.

Sementara itu, Jessica Wongso dinyatakan bebas bersyarat setelah mendapat remisi 58 bulan 30 hari atas kasus kopi sianida yang menewaskan Wayan Mirna Salihin.

Editor: Nur Khotimah

Tag:  #skincare #jessica #wongso #bikin #kepo #kata #napi #petugas #rutan #soal #perawatan #penjara

KOMENTAR