Jangan Cuma Ikut-ikutan Tren, Cek Apa Itu Khodam dalam Islam dan Hukum Mempercayainya
Jangan Cuma Ikut-ikutan Tren, Cek Apa Itu Khodam dalam Islam dan Hukum Mempercayainya (freepik)
08:23
27 Juni 2024

Jangan Cuma Ikut-ikutan Tren, Cek Apa Itu Khodam dalam Islam dan Hukum Mempercayainya

Ramai di media sosial tertutama TikTok tentang tren cek khodam. Hal ini lantas menimbulkan pertanyaan, apa itu khodam dalam Islam? Untuk selengkapnya, berikut ini penjelasannya dan hukumnya.

Belakangan ini, tren cek khodam ramai di media sosia. Ini berawal dari salah satu pengguna Tiktok yang melalukan live TikTok untuk membacakan cek khodam tanpa memperlihatkan wajahnya. Ia membacakan cek khodam para penontonnya melalui nama.  

Nama-nama khodam yang  muncul pun bermacam-macam dan cenderung lucu-lucu  dan menghibur namanya, seperti seblak ceker, botol kecap, Naga Kocak, rice cooker, Panda Cupu, Edgar Burger, taplak meja, harimau kutub, dan lain sebagainya.

Namun tren cek khodam yang sedang ramai di media sosial ini hanya untuk seru-seruan dan hiburan semata, bukan untuk dibawa serius. Nah bicara mengenai khodam, sebenarnya apa itu khodam dalam Islam? Berikut ini penjelasannya.

Baca Juga: Heboh Film Ipar Adalah Maut: Benarkah Tinggal Satu Rumah Bareng Ipar Haram?

Apa Itu Khodam?

Dalam pandangan Islam, khodam disebut juga sebagai  penjaga atau pengawal atau pelindung. Dalam budaya Jawa, khodam kerap disamakan dengan "perewangan", yakni makhluk ghaib yang tugasnya membantu dan menjaga manusia untuk urusan tertentu.

Kepercayaan terhadap khodam ini banyak dijumpai dalam tradisi keagamaan maupun budaya di Indonesia serta sejumlah Negara lainnya di Asia Tenggara. Khodam ini kerap dikaitkan dengan amalan spiritual  tertentu.

Umumnya, pelaku spiritual mempercayai bahwa keberadaan khodam tersebut dalam kehidupan mereka akan membantu  untuk mencapai tujuan hidup hingga mengatasi berbagai masalah yang dihadapi. Namun secara ilmiah, keaslian khodam masih belum bisa diverifikasi secara ilmiah.

Hukum Mempercayai Khodam

Perlu ditekankan, khodam ini tidak sama seperti ilmu hitam yang sering dikaitkan dengan ilmu-ilmu dukun atau sihir. Khodam ini berbeda dengan ilmu hitam karena berasal dari kekuatan suci yang tak bertentangan dengan ajara Inslam.

Dalam Islam, hukum mempunyai khodam adalah boleh jika pelakunya tidak melakukan amalan-amalan yang yang bertentangan dengan syariat Islam. Selain itu, khodam yang diperbolehkan dalam Islam itu harus baik serta tidak menimbulkan kerugian (dharar) bagi diri sendiri.

Baca Juga: Inilah Cara Cek Khodam dengan Nama, Gratis Cuma Modal Nama Masuk ke Link Ini

Adapun khodam dalam Islam ini berfungsi sebagai penjaga dan pembantu manusia dalam berbagai urusan, seperti untuk keselamatan dan keberuntungan. Dalam Islam, khodam dianggap sebagai  kekuatan suci yang sumbernya dari Allah SWT.

Demikian penjelasan mengenai apa itu khodam dalam islam lengkap dengan hukumnya. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #jangan #cuma #ikut #ikutan #tren #khodam #dalam #islam #hukum #mempercayainya

KOMENTAR