Profil Ayun Sri Harahap: Istri SYL Bakal Jadi Saksi di Sidang, Bisa Tentukan Nasib Suami?
Ayunsri Harahap. [Instagram/syasinlimpo]
16:51
24 Mei 2024

Profil Ayun Sri Harahap: Istri SYL Bakal Jadi Saksi di Sidang, Bisa Tentukan Nasib Suami?

Istri Syahrul Yasin Limpo (SYL), Ayun Sri Harahap bakal jadi saksi persidangan sang suami pada Senin (27/5/2024) mendatang.

Sebagaimana yang diungkap Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan, Kamis (23/5/2024), istri SYL tersebut bakal bersaksi terkait kasus korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan).

Istri eks Menteri Pertanian (Mentan) tersebut bakal mengekspos penggunaan uang sang suami yang dituding didapat dari keuangan Kementan, sesuai dengan pernyataan Jaksa KPK Meyer Simanjuntak, Rabu (22/5/2024).

Ayun Sri ternyata bukan merupakan wanita sembarangan. Seperti sang suami, karier Ayun Sri juga terbilang mentereng.

Baca Juga:Enaknya Jadi Cucu SYL, Dipinjami Mobil Punya Negara Sampai Bertahun-tahun

Lantas, seperti apa sosok perempuan yang menjadi istri SYL tersebut?

Profil istri SYL, Ayun Sri Harahap: Seorang dokter gigi

Istri SYL tersebut lahir pada 5 Juli 1955. Ibunda dari Indira Chunda Thita Syahrul Putri, Kemal Redindo Syahrul Putra, dan Rinra Sujiwa Syahrul Putra tercatat bekerja sebagai seorang dokter gigi.

Ia juga menyandang jabatan penting di direktur di Rumah Sakit Khusus Daerah Dadi, Makassar Sulawesi Selatan dari 2010 hingga 2016.

Tak cuma di bidang kesehatan, Ayun Sri juga memegang posisi sebagai Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sulsel. Uniknya, jabatan tersebut ia pegang ketika sang suami menjabat sebagai Gubernur Sulsel.

Baca Juga:Koleksi Kendaraan SYL yang Disita KPK, Ada Pajero yang Disembunyikan di Lahan Kosong

Ayun Sri juga menjabat sebagai Penasihat Dharma Wanita Persatuan Kementan saat SYL didapuk menjadi Mentan.

Selaku istri seorang menteri, Ayun Sri juga menjadi anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM).

Putra dan putri Ayun Sri kini terbilang beruntung lantaran juga mendapat jabatan di kementerian sang ayah. Indira Chunda Thita Syahrul Putri, putri sulung Ayun Sri dan SYL merupakan seorang anggota DPR RI. 

Indira tercatat sempat menjabat anggota DPR RI Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) selama dua periode yakni periode 2009-2014 dan 2014-2018.

Kemudian, adik Indira yakni Kemal Redindo Syahrul Putra menjadi Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Sulawesi Selatan. 

Anak ketiga Ayun Sri dan SYL yakni Rinra Sujiwa Syahrul Putra telah berpulang pada tahun 2011 silam. Sebelum meninggal dunia, Rinra sempat menempuh pendidikan di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

Dicekal ke luar negeri

Istri SYL kini juga telah dicekal ke luar negeri berkat ulah sang suami yang terlibat dalam kasus korupsi. Selain Ayun Sri, Indira Chunda Thita dan cucu SYL, Andi Tenri Bilang Radisyah Melati juga ikut dicekal.

Para anggota keluarga SYL tersebut kini bakal diperiksa lebih lanjut terkait kasus korupsi di Kementan.

Kontributor : Armand Ilham

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #profil #ayun #harahap #istri #bakal #jadi #saksi #sidang #bisa #tentukan #nasib #suami

KOMENTAR