Adu Pendidikan Generasi Ke-2 Keluarga Hartono Pemilik Klub Sepak Bola Top Italia, Siapa Lebih Mentereng?
Keluarga Hartono (kolase)
20:27
16 Mei 2024

Adu Pendidikan Generasi Ke-2 Keluarga Hartono Pemilik Klub Sepak Bola Top Italia, Siapa Lebih Mentereng?

Sosok generasi ke-2 Keluarga Hartono, Michael Bambang Hartono dan Robert Budi Hartono, membuat publik penasaran karena mampu membawa perusahaan warisan ayahnya hingga menjadi sebuah konglomerasi yang membuatnya mendapat predikat sebagai keluarga paling kaya di Indonesia.

Keluarga Hartono menjadi sorotan usai baru-baru ini klub sepak bola Italia Como FC miliknya berhasil masuk ke kasta teratas Liga Italia.

Como FC sendiri sudah diakuisisi Keluarga Hartono sejak 2019 silam. Klub sepak bola itu kini berhasil masuk ke Serie A, setelah menduduki posisi kedua klasemen akhir Serie B Italia musim 2023/2024.

Kesuksesan keluarga Hartono ini tidak lepas dari peran dua putra Oei Wie Gwan, pengusaha yang sukses mendirikan Djarum pada 21 April 1951. Kakak beradik Bambang dan Budi dianggap sukses meneruskan bisnis keluarga hingga mengakuisisi beberapa perusahaan ternama dunia, termasuk menguasai saham perbankan Bank Central Asia (BCA).

Berikut ini riwayat pendidikan kakak beradik Michael Bambang Hartono vs pendidikan Robert Budi Hartono.

Pendidikan Michael Bambang Hartono

Bambang merupakan anak pertama dari Oei Wie Gwan yang lahir di Kudus, Jawa Tengah pada tanggal 2 Oktober 1939 silam.

Bambang Hartono berhasil lulus dari pendidikan SMA pada 1960. Sayang, sebagai anak lelaki pertama, Bambang tidak diperbolehkan oleh sang ayah untuk berkuliah selain di Universitas Diponegoro (Undip). Akhirnya, ia kuliah menempuh jurusan Ekonomi.

Sayangnya, pendidikan di jenjang perguruan tinggi ini tidak dilanjutkan sampai selesai. Hal ini karena sebagai anak pertama, Bambang harus meneruskan usaha pabrik ayahnya yang tutup usia.

Pendidikan Robert Budi Hartono

Anak kedua Oei Wie Gwan ini hanya berselisih usia 2 tahun dari kakaknya. Budi Hartono lahir di Semarang, Jawa Tengah pada 28 April 1941.

Sama seperti sang kakak, Budi Hartono dikabarkan pernah menempuh pendidikan kuliah di Universitas Diponegoro Semarang (Undip).

Fakta menarik lainnya yang tak diketahui banyak orang, ayah dari Hartono bersaudara ini ternyata memiliki andil dalam pembangunan Undip. Itulah sebabnya tak heran mengapa Oei Wie Gwan melarang kedua anak lelakinya menempuh pendidikan tinggi di luar universitas ini.

Berbeda dari kakaknya yang pilih putus kuliah demi mengurus bisnis ayahnya, Budi Hartono ternyata berhasil lulus sebagai Sarjana Ekonomi di Undip.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #pendidikan #generasi #keluarga #hartono #pemilik #klub #sepak #bola #italia #siapa #lebih #mentereng

KOMENTAR