Ria Ricis Tersinggung Perkataan Ibu Mertua saat Hamil, Kenapa ya Ibu Hamil Lebih Sensitif?
Potret Ria Ricis dan Teuku Ryan (Instagram/@riaricis1795)
09:57
7 Mei 2024

Ria Ricis Tersinggung Perkataan Ibu Mertua saat Hamil, Kenapa ya Ibu Hamil Lebih Sensitif?

Putusan cerai Ria Ricis dan Teuku Ryan menyebutkan konflik pasangan artis ini dimulai saat istri yang sedang hamil tersinggung dengan perkataan mertua. Fakta ini memicu pertanyaan publik, kira-kira kenapa yang emosi ibu hamil lebih sensitif?

Data putusan cerai PA JAKARTA SELATAN Nomor 547/Pdt.G/2024/PA.JS menjelaskan retaknya hubungan Ria Ricis dan Teuku Ryan dimulai sejak Ramadhan 2022, yaitu saat adik Oki Setiana Dewi itu mengalami ketidakcocokan dan perbedaan pendapat dengan ibu Ryan perkara membuat es susu kurma.

Es ini dibuat Ria Ricis untuk suaminya, tapi sayangnya ibu Ryan berpendapat jika selama ini anaknya tidak buka puasa pakai es karena sakit amandel. Dari sinilah yang akhirnya membuat Ria Ricis perasaan dan emosional tidak nyaman.

Potret Kedekatan Ria Ricis dengan Ibu Mertua (YouTube/Ricis Official)Potret Kedekatan Ria Ricis dengan Ibu Mertua (YouTube/Ricis Official)

"Penggugat (Ria Ricis) membuatkan minuman ingin buka puasa untuk tergugat (Teuku Ryan) yang biasanya selalu diterima baik oleh tergugat. Kemudian ibu tergugat mengatakan 'kok tergugat minum dingin? Biasanya nggak minum dingin?'," tulis keterangan putusan cerai itu.

"Ucapan tersebut membuat penggugat kaget, yang saat itu mungkin saja terlihat berlebihan, akan tetapi karena kondisi penggugat yang sedang hamil muda, sehingga penggugat merasa tidak nyaman secara batin," sambung keterangan tersebut lagi.

Fakta pengadilan ini membuat publik penasaran penyebab emosional ibu hamil lebih sensitif dari biasanya. Apalagi kondisi itu diakui langsung Ria Ricis, karena emosionalnya yang sangat terganggu dengan perkataan mertuanya.

Tapi sayangnya, menurut Ria Ricis, Teuku Ryan tidak berhasil menjadi mediator atau penengah yang baik. Atau bahkan untuk sekadar menenangkan hatinya yang cemas dan galau dengan perkataan ibu suaminya. Bahkan menurut Ricis, Ryan sama sekali tidak bersimpati dengan perasaannya yang sedang mengandung anak pertamanya.

Penyebab ibu hamil lebih sensitif secara emosional

Melansir Live Science, kehamilan bagi perempuan bisa jadi momen menyenangkan tapi juga menegangkan sekaligus, sehingga tidak jarang emosi cenderung memuncak. Asisten Profesor Psikiatri Perinatal University of North Carolina, Dr. Mary Kimmel mengingatkan ibu hamil untuk memperhatikan pikiran dan perasaan mereka, termasuk mencari tempat untuk berkeluh kesah dengan perasaannya.

“Kehamilan adalah transisi besar dalam kehidupan seorang perempuan, dan ini melibatkan campuran emosi yang kompleks, baik dan buruk,” ujar Kimmel.

Sehingga saat hamil, perempuan cenderung mengalami perubahan suasana hati sehingga kerap mengalami kemurungan, mudah tersinggung atau sifat pemarah sehingga kehamilan menyebabkan emosi naik turun.

Hal ini sesuai dengan jurnal Archives of Women's Mental Health pada 2019, yang menemukan adanya ketidakstabilan suasana hati sangat tinggi pada ibu hamil dan setelah melahirkan.

Tidak jelas mengapa suasana hati ibu hamil cenderung naik turun, tapi dugaan kuat terjadi karena adanya perubahan pada tubuh perempuan yang akhirnya mempengaruhi emosinya, termasuk juga adanya perubahan kadar hormon.

"Beberapa perempuan sensitif terhadap perubahan estrogen, sementara yang lain dipengaruhi oleh peningkatan kadar progesteron atau hormon stres,” jelas Kimmel.

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #ricis #tersinggung #perkataan #mertua #saat #hamil #kenapa #hamil #lebih #sensitif

KOMENTAR