Adu Karier Politik Yuri Kemal vs Prananda Surya Paloh: Duo Anak Ketum Parpol Ikut Nyaleg
Kolase Yuri Kemal F dan Prananda Surya Paloh (Kolase Instagram)
14:25
16 Januari 2024

Adu Karier Politik Yuri Kemal vs Prananda Surya Paloh: Duo Anak Ketum Parpol Ikut Nyaleg

Kontestasi Pemilu 2024 mendatang bakal diwarnai oleh para keluarga elite partai yang turut ikut nyaleg sebagai Calon Anggota DPR RI.

Adapun dua sosok putra ketua umum partai yakni Yuri Kemal Fadlullah dan Prananda Surya Paloh.

Keduanya kini berkesempatan untuk maju ke Pemilu tahun ini dengan menggunakan 'kendaraan' politik yang tak lain adalah partai yang dikuasai ayah mereka masing-masing.

Lantas, siapa di antara kedua sosok tersebut yang memiliki kapabilitas untuk menjadi anggota parlemen yang mumpuni?

Profil Yuri Kemal Fadlullah: Putra Ketum PBB

Yuri Kemal Fadlullah merupakan putra dari sosok Ketua Umum (Ketum) Partai Bulan Bintang (PBB), ‎Yusril Ihza Mahendra.

Karier Yuri sempat jadi sorotan lantaran ia maju dalam Pilkada Belitung Timur 2020. Kala itu, ia diusung oleh PBB.

Yuri juga melanjutkan langkah karier sang ayah sebagai seorang praktisi hukum. Ia sempat berkarier dalam sebuah firma hukum yang bersama sang ayah. Ia juga sempat menjabat sebagai wakil direktur firma hukum tersebut.

Sebagai informasi, Yuri sempat bernah berpacaran dengan Nabila Syakieb, aktris sinetron kenamaan. Sayangnya hubungan asmara antara keduanya kandas.

Profil Prananda Surya Paloh: Putra Surya Paloh

Selain Yuri, ada sosok putra Ketum Partai NasDem, Surya Paloh, yakni Prananda Surya Paloh. Prananda Surya Paloh lahir pada 21 September 1988 di Singapura dari pasangan Surya Paloh dan Rosita Barack. Setelah ditelusuri, Prananda juga merupakan sepupu dari pebisnis ternama, Reino Barack.

Prananda memiliki rekam jejak pendidikan yang apik. Ia merupakan tamatan Universitas Pelita Harapan. Ia juga tercatat menempuh studi di United World College Of South East Asia Singapore dan ISS Internasional School Singapore. Tak berhenti di situ, Prananda terbang ke Australia dan menempuh studi di Monash University, Melbourne.

Karier Prananda terbilang mentereng dari awal lantaran ia berhasil menjabat anggota DPR RI dari Fraksi NasDem, Dapil Sumatera Utara I yang meliputi Kota Medan, Kota Tebing Tinggi, Kabupaten Deli Serdang, dan Kabupaten Serdang Bedagai.

Kala berkarier di parlemen, Prananda membawahi Komisi I yang bertugas dalam isu pertahanan, intelijen, luar negeri, komunikasi, dan informasi) dan Badan Kerjasama Antar Parlemen (BKSAP)

Adapun Prananda telah dua kali terpilih menjadi anggota DPR RI. Bahkan kala bertandang di parlemen untuk kedua kalinya, Prananda menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Umum fraksi tahun 2019 - 2024. 

Kontributor : Armand Ilham

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #karier #politik #yuri #kemal #prananda #surya #paloh #anak #ketum #parpol #ikut #nyaleg

KOMENTAR