Pendidikan Bung Towel: Sering Serang Shin Tae-yong, Ternyata yang Pertama Kali Rekomendasikan ke PSSI?
Pengamat Sepak Bola Nasional, Tommy Welly alias Bung Towel (YouTube/ Sportify Indonesia)
15:01
24 April 2024

Pendidikan Bung Towel: Sering Serang Shin Tae-yong, Ternyata yang Pertama Kali Rekomendasikan ke PSSI?

Kinerja Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Sepak Bola Indonesia memang tak pernah lepas dari sorotan. Apalagi karena baru-baru ini Shin Tae-yong berhasil membawa Timnas Indonesia masuk babak perempat final Piala Asia U23 dan akan melawan Korea Selatan.

Di tengah tingginya atensi terhadap Shin Tae-yong, sosok pengamat sepak bola Tommy Welly ikut disoroti. Pasalnya Bung Towel sering sekali mengkritik Shin Tae-yong, bahkan memberikan skor 6,5 terhadap pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Namun siapa menyangka, namanya malah ramai disebut sebagai sosok yang berjasa merekomendasikan Shin Tae-yong kepada PSSI. Hal ini sebagaimana terlihat di postingan Darius Sinathrya di akun X-nya pada Selasa (23/4/2024).

Masih inget siapa yang pertama kali kontrak STY? Siapa yang kasih rekomendasi ke federasi, sekaligus jalin komunikasi awal dan meyakinkan STY untuk bikin paparan program buat TimNas?” begitulah cuitan Darius, dikutip pada Rabu (24/4/2024).

Selain menyebutkan nama Wakil Ketua Umum II PSSI Ratu Tisha Destria, sosok Bung Towel juga ikut memenuhi kolom komentar unggahan Darius tersebut.

Bung Towel sih, Ratu Tisha hanya perpanjangan tangan dari bung towel,” komentar warganet yang dijawab dengan emoji wajah tertawa oleh Darius.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong (pssi.org)Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong (pssi.org)

Tak lain dan tak bukan adalah bung Towel. Ratu Tisha hanyalah perpanjangan tangan dari bung Towel. Sekali lagi, terima kasih bung Towel,” imbuh warganet lain.

One and only Bung Towel gak sih,” timpal yang lainnya.

Tampaknya jawaban-jawaban ini hanya bermaksud sarkas, tetapi sosok Bung Towel turut menuai perhatian banyak orang. Lantas seperti apa riwayat pendidikan Bung Towel yang kerap mengkritik Shin Tae-yong?

Riwayat Pendidikan Bung Towel

Bung Towel (timnas.co)Bung Towel (timnas.co)

Pengamat kelahiran Bandung, 5 Maret 1971 ini mengawali karier sebagai seorang jurnalis olahraga. Pekerjaan ini sejalan dengan pendidikan yang ditempuhnya, yakni di Jurusan Jurnalistik Fakultas Ilmu Komunikasi (FIKOM) Universitas Padjajaran. 

Selama berkuliah, Bung Towel sudah mengasah kemampuannya sebagai seorang jurnalis dengan mengisi Harian Umum Bandung Pos. Tentu saja Bung Towel didapuk mengisi artikel tentang olahraga.

Pengalaman itu yang mengantarkan Bung Towel menjadi salah satu komentator dan pengamat sepak bola Indonesia. Kiprahnya yang paling disorot tentu saat menjadi komentator Indonesia Super League (ISL) di salah satu televisi swasta. Bung Towel juga pernah bekerja sebagai General Manager Football Development PSSI.

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #pendidikan #bung #towel #sering #serang #shin #yong #ternyata #yang #pertama #kali #rekomendasikan #pssi

KOMENTAR