7 Kebiasaan Orang dengan Kecerdasan Emosional Tinggi, Salah Satunya Adalah Kesadaran Diri
Empati dalam individu dengan kecerdasan emosional. (Freepik)
11:32
13 April 2024

7 Kebiasaan Orang dengan Kecerdasan Emosional Tinggi, Salah Satunya Adalah Kesadaran Diri

- Individu yang memiliki kecerdasan emosional menunjukkan berbagai kebiasaan dan perilaku yang meningkatkan kemampuan mereka untuk mengelola emosi mereka sendiri dan memahami emosi orang lain. Mengadopsi beberapa karakteristik ini dalam kehidupan Anda sendiri dapat memperkaya interaksi dengan orang lain dan membudayakan hubungan antarpribadi yang lebih kuat.

Kecerdasan emosional sering disebut sebagai EQ (kuotien emosional), meliputi kemampuan untuk mengetahui, merasionalisasikan, memahami, dan mengelola emosi. Melansir Verywell Mind, berikut kebiasan yang terdapat pada orang dengan kecerdasan emosional tinggi:

1. Kesadaran Diri

Daniel Goleman, seorang psikolog dan penulis, menyoroti kesadaran diri sebagai aspek fundamental dari kecerdasan emosional. Kesadaran diri melibatkan kemampuan untuk mengidentifikasi suasana hati, emosi, dan perasaan seseorang sendiri.

Selain itu, kesadaran diri juga melibatkan pengenalan bagaimana keadaan emosional ini memengaruhi orang lain. Kesadaran akan keadaan emosional pribadi ini sangat penting untuk kecerdasan emosional.

2. Empati

Elemen penting lain dari kecerdasan emosional, menurut Goleman, adalah empati. Empati merujuk pada kapasitas untuk memahami emosi orang lain.

Dalam berbagai konteks kehidupan, seperti di tempat kerja atau sekolah, memahami emosi orang lain sangat penting untuk interaksi yang efektif. Misalnya, menyadari kesedihan atau frustrasi seorang rekan kerja memungkinkan respon yang lebih tepat.

3. Regulasi Diri

Sentral untuk kecerdasan emosional adalah regulasi diri. Sementara memahami emosi seseorang berharga, penting untuk menggunakan pengetahuan ini secara efektif.

Individu yang cerdas secara emosional mengekang diri dan berpikir sebelum bertindak atas perasaan mereka. Meskipun mereka sensitif terhadap emosi mereka, mereka tidak membiarkan emosi mengendalikan hidup mereka.

4. Motivasi

Individu yang cerdas secara emosional didorong oleh motivasi untuk mencapai tujuan mereka. Mereka memiliki kemampuan untuk mengatur perilaku dan emosi mereka untuk mencapai kesuksesan jangka panjang.

Meskipun mungkin ada kekhawatiran tentang perubahan, mereka menyadari pentingnya mengatasi ketakutan tersebut. Mengambil inisiatif dan memeluk perubahan dianggap sebagai langkah menuju pertumbuhan pribadi dan pencapaian tujuan.

5. Keterampilan Sosial

Individu dengan kecerdasan emosional tinggi biasanya memiliki keterampilan sosial yang kuat. Keahlian ini sering muncul dari kesadaran yang tinggi akan emosi baik diri sendiri maupun orang lain.

Mereka dengan cekatan mengelola interaksi sosial, efektif mengelola hubungan, dan mendukung kesuksesan orang-orang di sekitar mereka.

6. Ekspresivitas

Meskipun beberapa individu mungkin empatik dan sensitif terhadap emosi, mereka mungkin kesulitan mengungkapkan perasaan ini kepada orang lain. Individu yang cerdas secara emosional tidak hanya memahami emosi tetapi juga memiliki kemampuan untuk mengekspresikannya secara tepat.

Ini melibatkan menyampaikan perasaan dengan cara yang sesuai dengan situasi. Misalnya, setelah mengalami hari kerja yang menantang, mengekspresikan frustrasi dengan berdiskusi dengan pasangan, beraktivitas fisik untuk melepaskan ketegangan, dan merencanakan hari yang lebih baik adalah respons emosional yang lebih konstruktif.

7. Ketajaman Pengamatan

Bayangkan merasa frustrasi dan marah dengan seorang rekan kerja. Individu yang cerdas secara emosional melakukan introspeksi untuk memahami sumber emosi mereka. Hal ini mungkin melibatkan evaluasi apakah kemarahan berasal dari tindakan rekan kerja atau dari dinamika kerja yang lebih luas, seperti beban kerja yang berlebihan atau tekanan dari manajemen.

Meski emosi bisa kompleks, individu yang cerdas secara emosional dapat dengan tepat menentukan akar penyebab perasaan mereka, bahkan di tengah emosi yang kuat seperti cinta dan kemarahan.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #kebiasaan #orang #dengan #kecerdasan #emosional #tinggi #salah #satunya #adalah #kesadaran #diri

KOMENTAR