Intip 7 Jenis Pekerjaan yang Cocok untuk Tipe Kepribadian INFJ, Ada Copywriter sampai Guru SD
ilustrasi kepribadian INFJ sebagai copywriter. Sumber foto: Freepik
10:52
7 April 2024

Intip 7 Jenis Pekerjaan yang Cocok untuk Tipe Kepribadian INFJ, Ada Copywriter sampai Guru SD

Sebagian besar masa hidup seseorang dihabiskan untuk bekerja, dengan rata-rata 42 jam per minggu. Oleh karena itu, jalur karier yang dipilih harus sesuai dengan tipe kepribadiannya.

Kepribadian INFJ cenderung pekerja keras dan ingin tahu, juga cukup serius. INFJ mendapatkan kepuasan maksimal dari karier yang memungkinkan mereka mengeksplorasi minat, membantu orang lain, terus belajar, dan membutuhkan pemikiran tingkat tinggi.

Dikutip dari All About Introverts, Minggu (7/4), berikut beberapa jenis pekerjaan yang bisa dipertimbangkan bagi mereka pemilik tipe kepribadian INFJ:

Copywriter

Salah satu ciri menonjol dari tipe kepribadian INFJ adalah kecenderungan berpikir secara mendalam. Menulis merupakan suatu bakat yang memerlukan energi besar untuk berpikir, berefleksi, dan berkreasi.

Copywriting adalah bidang ideal bagi INFJ karena hanya memerlukan sedikit komunikasi dengan orang lain.

Selain itu, copywriting membantu orang lain menghasilkan konten yang mungkin tidak dapat mereka buat sendiri.

Karena banyaknya bakat dan keterampilan terkait setiap tipe kepribadian, tidak setiap orang akan memiliki kemampuan alami menulis. Mengambil tugas ini membantu orang lain dan menjadi bijaksana atau kreatif.

Copywriting tidak memerlukan pelatihan formal dan keterampilannya dengan mudah dipelajari secara otodidak. Siapa pun yang tertarik dengan jalur karier ini dapat menemukan banyak sekali panduan untuk memulainya.

Terapis atau konselor

Sifat paling terkenal sesuai kepribadian INFJ adalah kasih sayang atau empati. Selain itu, mereka cenderung ingin tahu, intuitif, sabar, dan perhatian. Semua sifat ini mencakup terapis atau konselor.

Memiliki minat dan kemampuan membantu orang lain di saat-saat tergelap mereka adalah aset berharga yang harus dimiliki. INFJ pada dasarnya pendengar yang baik, merupakan bagian rumit dari seorang terapis.

Mereka bisa mendengarkan dan membimbing orang lain untuk merefleksikan pikiran dan tindakannya sendiri.

Selain itu, mengubah hidup dapat menciptakan perasaan memiliki tujuan dan pencapaian dalam diri orang dengan tipe kepribadian ini.

Ahli gizi

Jalur karier ini melibatkan pemberian dampak pada orang lain. Ahli gizi fokus dalam membimbing anak-anak dan orang dewasa menuju gaya hidup sehat terutama berpusat pada pola makan mereka.

Dengan angka obesitas yang terus meningkat, karier ini tidak hanya bermanfaat tetapi kini menjadi sangat penting.

Mendidik orang lain dan memberikan informasi yang bisa mengubah hidup serta memperpanjang umur menjadi pekerjaan positif dan berdampak baik.

Bidang sains membutuhkan pertanyaan yang sering diajukan, berpikir di luar kebiasaan, dan pembelajaran terus-menerus.

Ini adalah beberapa konsep inti menarik dan melibatkan INFJ. Oleh karena itu, ahli gizi jadi bidang di mana mereka dapat berkembang.

Interior desainer

Karier ini mencakup perhatian terhadap detail, kreativitas, dan perhatian, semuanya ditunjukkan oleh mereka yang memiliki tipe kepribadian INFJ. Mereka memiliki hasrat alami membantu orang lain, sesuai yang dilakukan desainer interior.

Mengkurasi rumah mencerminkan orang-orang yang tinggal di sana bisa menjadi tugas menantang. Mampu menciptakan visi dan melaksanakannya untuk orang lain adalah bakat sejati.

Desainer interior meluangkan waktu mendengarkan keinginan kliennya, memikirkan desain yang mereka buat, dan dapat mengubah bangunan menjadi sebuah rumah.

Khususnya bagi INFJ yang berkreasi dan memperhatikan detail, jalur karier ini dianggap sebagai jalan keluar ideal untuk melatih keterampilan tersebut.

Pustakawan

Perpustakaan salah satu tempat paling sepi di dunia. Karena alasan ini saja, menjadi pustakawan akan menjadi jalur karier sempurna bagi seorang INFJ.

Pustakawan menghabiskan hari-hari mereka dikelilingi oleh buku dan sumber daya pendidikan dengan sedikit komunikasi yang diperlukan.

Mereka mampu berbagi kecintaan mendalam terhadap membaca dan menjalin hubungan bermakna dengan orang-orang yang memiliki minat sama.

Tipe orang yang menghabiskan banyak waktu di perpustakaan cenderung bijaksana, bersemangat, dan juga mawas diri.

Pekerja sosial

Meskipun jalur karier ini sering kali mencakup beberapa pengalaman menantang, hal ini sangat bermanfaat dan terhormat.

INFJ berkembang dalam kemampuannya untuk membantu orang lain pada saat mereka membutuhkannya.

Pekerja sosial hanya fokus membantu anak-anak dan orang dewasa meningkatkan kehidupan mereka.

Baik itu dengan mengeluarkan anak-anak dari situasi berbahaya, membantu orang dewasa untuk bangkit kembali, atau menyediakan sumber daya mengubah hidup, pekerja sosial memberikan dampak besar pada kehidupan orang-orang di sekitar mereka.

Salah satu aspek penting dalam karier ini adalah kemampuan merasakan bahaya atau menangkap isyarat non-verbal.

Pekerja sosial harus mampu mendeteksi lingkungan tidak aman dan mengandalkan intuisi untuk membimbing orang lain.

Guru sekolah dasar

Sekali lagi, kesabaran berperan dalam jalur karier ini. Anak-anak usia sekolah dasar membutuhkan tingkat kesabaran dan empati tinggi, yang keduanya merupakan sifat alami INFJ.

Meskipun anak-anak cenderung memiliki energi lebih tinggi, mereka tidak memerlukan tingkat timbal balik yang sama dari guru mereka seperti yang dilakukan dari teman sebayanya.

Sama seperti orang introvert yang bisa menjadi orang tua luar biasa, mereka juga bisa menjadi guru luar biasa.

Beberapa ciri yang dibutuhkan untuk menjadi guru tingkat dasar adalah kasih sayang, profesionalisme, dan kebaikan hati.

Ciri-ciri ini secara alami dialami oleh sebagian besar orang pendiam. Ditambah lagi, kemampuan mengubah kehidupan anak-anak merupakan bonus tak terhingga.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #intip #jenis #pekerjaan #yang #cocok #untuk #tipe #kepribadian #infj #copywriter #sampai #guru

KOMENTAR