9 Ide Topik Obrolan Saat Lebaran, Bantu untuk Cairkan Suasana saat Kumpul Keluarga
ilustrasi keluarga mengobrol bersama./lifestylememory on freepik
21:52
2 April 2024

9 Ide Topik Obrolan Saat Lebaran, Bantu untuk Cairkan Suasana saat Kumpul Keluarga

Momen kumpul keluarga ternyata tidak selamanya menyenangkan. Adakalanya topik obrolan saat lebaran menjadi macet karena mati ide.

Pada hari spesial seperti lebaran, tak jarang terjadi pertemuan keluarga besar. Bahkan, kerabat yang sangat jarang bertemu atau hanya berkunjung setahun sekali.

Kondisi ini kerap membuat suasana menjadi dingin karena kurangnya topik obrolan. Apalagi, ketika menghadapi orang yang baru dikenal.

Melansir dari situs Stekom, setidaknya ada 9 topik yang bisa Anda angkat menjadi obrolan menarik ketika lebaran.

1. Kegiatan Baru yang Sedang Anda Coba

Anda bisa memulai obrolan dengan topik tentang kegiatan yang sedang dijalani. Kegiatan tersebut bisa saja merupakan hobi baru sepulang kantor, atau kegiatan ketika weekend.

Topik ini bisa mencairkan suasana, karena setiap orang pasti memiliki aktivitasnya masing-masing untuk melepas lelah.

Bicarakan tentang olahraga, buku yang sedan dibaca, akun media sosial yang sedang diikuti update-nya, hingga public figure yang sedang menjadi panutan.

Obrolan di momen lebaran dijamin akan semakin cair jika ternyata Anda sedang menjalani kegiatan yang serupa dengan lawan bicara.

2. Rekomendasi Tempat Liburan

Bahan obrolan lain yang tak kalah menarik adalah destinasi liburan. Tempat liburan yang dibahas tak harus mahal dan tidak juga harus berada di mancanegara.

Anda bisa mengeksplor tempat-tempat lokal yang menarik, atau bisa menjadi rekomendasi staycation bersama keluarga.

Membahas destinasi wisata Impian keluarga juga akan memancing topik-topik menarik lainnya, misalnya wisata kuliner, budget, atau gaya berwisata yang diinginkan.

3. Topik Olahraga

Kegiatan fisik seperti olahraga faktanya bisa menjadi topik yang menarik. Bicarakan tentang sepeda, tenis lapangan, marathon atau olahraga lain yang sedang tren.

Selain menjadi aktivitas yang menyehatkan, obrolan ini juga bisa mengarah ke obrolan tentang body goals, masalah kesehatan dan komunitas.

4. Tontonan Baru

Saat ini, banyak tontonan di berbagai media yang bisa dinikmati di waktu luang. Bukan hanya di televisi, tapi tontonan di kanal Youtube atau bioskop online juga tak kalah seru untuk dibahas.

Anda bisa membicarakan tentang isi filmnya, actor atau aktris hingga review terkait film tersebut. Bahkan, Anda juga bisa menonton acara tersebut bersama-sama di momen kumpul keluarga.

5. Tren Kuliner Baru

Momen lebaran biasanya identik dengan tayangan-tayangan ide makanan di linimasa media sosial. Hal itu juga bisa Anda angkat menjadi topik obrolan yang menarik.

Bukan hanya untuk diobrolkan, tren kuliner baru tersebut bisa juga dicoba ketika sedang berkumpul bersama.

6. Perawatan Diri

Perkumpulan para wanita biasanya tidak akan jauh dari fashion dan perawatan diri. Angkatlah topik ini sebagai tema obrolan yang menarik.

Anda bisa berada di pihak yang seolah membutuhkan konsultasi perawatan kulit. Namun, bisa saja Anda merekomendasikan skin care tertentu berdasarkan pengalaman.

Berbagai obrolan tentang perawatan diri sebenarnya tidak terbatas pada kaum Wanita saja. Adakalanya kaum pria pun mengangkat topik ini menjadi obrolan yang tak kalah seru.

7. Kenangan bersama Keluarga

Momen berkumpul bersama keluarga biasanya menjadi ajang mengulang kenangan. Memori indag bersama keluarga adalah topik yang tak lekang oleh waktu.

Anda bisa menggali cerita-cerita lucu atau kenangan yang tak terlupakan ketika kecil, atau ketika sedang tinggal di rumah kerabat.

Selain mencairkan suasana, cerita semacam itu bisa menambah kehangatan keluarga dan semakin mengakrabkan satu sama lain.

8. Acara Amal

Topik menarik lain yang bisa mencairkan suasana adalah tentang acara amal atau kegiatan sosial yang sedang Anda ikuti.

Selain akan menginspirasi, topik seperti ini tak pernah terbatas pada waktu-waktu tertentu saja. Situasi gentin di daerah konflik dan bencana juga bisa dikaitkan dengan berbagai topik menarik lainnya.

Anda bisa mengangkat topik tentang kegiatan amal untuk bencana alam dengan komitmen pemerintah terhadap lingkungan, keterpurukan ekonomi atau cuaca ekstrem.

9. Teknologi

Bagi beberapa kalangan, membicarakan kemutakhiran teknologi selalu menjadi momen yang menyenangkan. Anda juga bisa menjadikan topik ini untuk mencairkan suasana.

Inovasi teknologi terbaru juga akan menjadi tema menarik jika dibahas di tengah generasi muda. Anda bisa membahas kelebihan, kekurangan hingga perbandingan harga dari teknologi terbaru.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #topik #obrolan #saat #lebaran #bantu #untuk #cairkan #suasana #saat #kumpul #keluarga

KOMENTAR