Babak Baru Drama Jersey Timnas Indonesia, Ternyata ERSPO Belum Didirikan Selama Proses Tender?
Ketua Umum PSSI Erick Thohir (tengah) launching Erigo sebagai apparel terbaru Timnas Indonesia. (pssi.org)
13:14
2 April 2024

Babak Baru Drama Jersey Timnas Indonesia, Ternyata ERSPO Belum Didirikan Selama Proses Tender?

Kegaduhan perihal desain jersey Timnas Indonesia berbuntut panjang. Setelah perdebatan antara Coach Justin dengan Ernanda Putra, selaku pihak dari Makna Creative yang mendesain jersey Timnas Indonesia mereda, ternyata isu terus bergulir ke arah yang tak terduga.

Terbaru, isu keganjilan perihal ERSPO, anak perusahaan ERIGO yang menjadi produsen jersey Timnas Indonesia ramai diperbincangkan.

Akun Twitter (X) @PartaiSocmed menjadi yang pertama kali mengangkat isu tersebut mengungkap sederet keganjilan mengapa dalam proses tender yang menang adalah ERIGO, namun yang dikenalkan sebagai mitra adalah ERSPO.

"Banyak yg penasaran kenapa yg ikut dan menang tender adalah ERIGO tapi dalam peresmian pemenang tender apparel Timnas Indonesia yg diperlihatkan justru logo PSSI dan ERSPO tanpa menyebutkan nama ERIGO? Jawabannya ada pada sosok dibalik kemenangan tender itu, Rangga," tulis akun tersebut pada Senin (1/4).

Lebih lanjut, akun tersebut menjelaskan bahwa brand ERIGO merupakan milik PT. Idea Solusi Indonesia yg sahamnya hampir seluruhnya dimiliki oleh Muhammad Sadad.

Kemudian merek ERSPO didaftarkan atas nama pribadi Muhammad Sadad, bukan atas nama PT. Idea Solusi Indonesia. Tapi anehnya, merek ERSPO baru didaftarkan pada 13 November 2023, padahal pengumuman mitra apparel Timnas Indonesia diumumkan di awal 2024.

"Jadi selama proses tender itu nama ERSPO memang belum ada dan status ERIGO pun masih sebagai peserta tender biasa. Sampai Pangeran Jaksel Ranggaz Ananta Laksmana masuk dan bersama2 Sadad joinan dalam brand ERSPO," lanjut akun tersebut.

"Jangan salahkan publik menjadi curiga jika yg awalnya ikut tender adalah Erigo (Sadad) lalu yg muncul sebagai pemenang adalah Erspo (Sadad dan Rangga). PSSI harus menjelaskan sejauh mana proses tender berjalan secara fair karena ayahnya Rangga adalah orangnya Ketum PSSI," tambah akun @PartaiSocmed.

Hingga isu ini bergulir, terpantau belum ada penjelasan dari pihak PSSI sendiri, maupun ERIGO serta ERSPO.

Editor: Yasinta Rahmawati

Tag:  #babak #baru #drama #jersey #timnas #indonesia #ternyata #erspo #belum #didirikan #selama #proses #tender

KOMENTAR