Ketahui 5 Cara Efektif untuk Mengisi Bahan Bakar Otak, Langkah Mudah Guna Tingkatkan Kemampuan Kognitif
Ilustrasi. Langkah Mudah Guna Tingkatkan Kemampuan Kognitif./ Sumber foto: freepik/ImageFlow
09:00
7 Maret 2024

Ketahui 5 Cara Efektif untuk Mengisi Bahan Bakar Otak, Langkah Mudah Guna Tingkatkan Kemampuan Kognitif

 

 - Otak adalah pusat kendali utama dari sistem saraf kita, bertanggung jawab atas segala hal yang kita lakukan, pikirkan, dan rasakan.

Fungsinya mencakup segala hal mulai dari pengaturan fungsi dasar tubuh seperti detak jantung dan pernapasan, hingga proses pemikiran kompleks seperti mengingat, belajar, dan berpikir kreatif.

Seperti mesin yang kuat, otak membutuhkan bahan bakar yang tepat untuk berfungsi secara optimal. Kinerja otak kita sangat dipengaruhi oleh apa yang kita lakukan dan apa yang kita konsumsi.

Sehingga, penting untuk memastikan bahwa kita memberikan bahan bakar yang cukup untuk mendukung fungsi otak yang sehat dan optimal.

Dilansir dari Tony Robbins, Robbins Research International Inc pada Rabu (6/3), berikut merupakan 5 cara efektif untuk mengisi bahan bakar otak sehingga kita dapat mencapai kinerja otak yang maksimal.



1. Konsumsi banyak lemak sehat

Konsumsi lemak sehat, terutama asam lemak omega-3 sangat penting untuk kesehatan otak. 

Lemak sehat seperti asam lemak omega-3, yang ditemukan dalam makanan seperti salmon, biji rami, dan kenari dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan, seperti meningkatkan kinerja kognitif dan mencegah gangguan mental dan suasana hati.

Asam lemak ini dapat mendukung plastisitas otak, yaitu kemampuan otak Anda untuk berubah sebagai respons terhadap tuntutan stimulasi yang diberikan pada otak.

Dalam hal ini berarti otak Anda beradaptasi dengan berbagai situasi dan rangsangan yang diberikan padanya, sehingga dapat meningkatkan kemampuan Anda untuk belajar dan mengingat hal-hal baru.

Studi menunjukkan bahwa anak-anak yang lahir dari ibu yang kurang mengonsumsi omega-3 cenderung memiliki skor IQ yang lebih rendah.

Anak-anak yang diberi minuman yang mengandung asam lemak omega-3 juga menunjukkan peningkatan dalam kecerdasan verbal dan kemampuan belajar.

Dengan begitu, mengonsumsi lebih banyak lemak sehat dapat membantu meningkatkan kesehatan otak dan kognitif Anda.



2. Minum teh hijau

Teh hijau dianggap sebagai pemberi manfaat luar biasa bagi otak dan tubuh manusia. Sebagai sumber yang kaya akan antioksidan, nutrisi, dan mineral, teh hijau terkenal karena kemampuannya melindungi tubuh dari radikal bebas.

Teh hijau juga dikenal karena kemampuannya meningkatkan proses pembakaran lemak alami tubuh dan meningkatkan laju metabolisme tubuh.

Selain itu, minum teh hijau secara teratur juga dapat berpotensi meningkatkan fungsionalitas kognitif, dan, khususnya, meningkatkan ingatan, kinerja otak dan dapat merangsang otak dengan baik.

Dalam sebuah studi tahun 2014, para peneliti meneliti 12 peserta yang masing-masing mengonsumsi minuman ringan berbasis whey (susunan susu) yang mengandung 27,5 gram ekstrak teh hijau atau minuman serupa tanpa teh hijau.

Para peserta kemudian diberikan tugas ingatan kerja sembari menjalani Functional Magnetic Resonance Imaging (fMRI).

Hasilnya menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi ekstrak teh hijau menunjukkan peningkatan koneksi antara korteks parietal dan frontal otak, dan, pada akhirnya, menunjukkan hasil yang lebih baik dalam tes tersebut.



3. Berjalan dan melakukan peregangan

Selama bertahun-tahun, penelitian telah menunjukkan bahwa berolahraga memiliki hubungan positif dengan kemampuan otak untuk berpikir dan mengingat.

Latihan fisik, seperti berjalan atau berlari, membantu melindungi otak dari penyusutan fisik, membuatnya lebih fleksibel secara kognitif, dan meningkatkan kecerdasan Anda.

Studi juga menunjukkan bahwa orang yang berolahraga secara teratur memiliki otak yang lebih sehat dan lebih baik dalam tes kecerdasan dibandingkan dengan mereka yang jarang bergerak.

Para ahli otak menemukan bahwa, latihan ringan, seperti berjalan selama 40 menit tiga kali seminggu, dapat membuat otak kita lebih aktif dan meningkatkan koneksi antar bagian pentingnya, mencegah penurunan fungsi otak karena penuaan, dan bahkan meningkatkan kemampuan Anda untuk berpikir.

Selain itu, melakukan peregangan juga bisa membantu otak kita. Dalam sebuah penelitian, individu yang melakukan peregangan menunjukkan peningkatan dalam tes kecerdasan setelah satu tahun.



4. Konsumsi makanan peningkat otak

Makanan merupakan bahan bakar bagi otak, serta bagi bagian tubuh Anda yang lain. Ada beberapa makanan yang berfungsi sebagai bahan bakar otak dan telah terbukti meningkatkan fungsi otak, melindungi terhadap penurunan kognitif terkait usia, dan mendorong fokus dan kejernihan.

Makanan-makanan tersebut diantaranya sebagai berikut:

• Kacang, merupakan sumber kaya magnesium, mineral yang telah dikaitkan dengan peningkatan dalam ingatan jangka pendek maupun jangka panjang.

• Brokoli, yang penuh dengan vitamin K, dapat meningkatkan kinerja kognitif dan memperkuat kecerdasan otak.

• Biji labu yang kaya akan seng, yang penting untuk meningkatkan ingatan dan keterampilan untuk berpikir.

• Blueberry mengandung antosianin, atau antioksidan yang mendukung komunikasi neuron ke neuron di otak dan dapat membantu mencegah kehilangan ingatan.

• Cokelat hitam telah terbukti meningkatkan karakteristik otak untuk konsentrasi dan fokus.

• Sayuran berdaun hijau, asparagus, zaitun, dan biji-bijian utuh juga penuh dengan vitamin E, yang dapat berpotensi mencegah penurunan kognitif, terutama pada individu yang berusia tua.



5. Mendengarkan musik

Mendengarkan musik juga bisa memengaruhi otak kita secara positif. Dalam sebuah penelitian, pasien yang mendengarkan musik instrumental sebelum dan selama operasi cenderung membutuhkan lebih sedikit obat bius dan memiliki tingkat hormon stres yang lebih rendah.

Hormon stres ini, yang disebut kortisol, bisa memengaruhi struktur dan fungsi otak jika terlalu tinggi.

Musik klasik khususnya, bisa membantu meningkatkan konsentrasi. Sebuah studi menunjukkan bahwa anak-anak yang terpapar atau mendengarkan musik klasik cenderung memiliki keterampilan mendengarkan yang lebih baik dan lebih bisa untuk berkonsentrasi.

Jadi, mendengarkan musik klasik bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk merangsang otak dan meningkatkan fokus Anda.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #ketahui #cara #efektif #untuk #mengisi #bahan #bakar #otak #langkah #mudah #guna #tingkatkan #kemampuan #kognitif

KOMENTAR