Susi Pudjiastuti Kuliah di Mana? Dulu Dipaksa Anies Ikut Paket C, Kini Punya Gelar Doktor HC
Susi Pudjiastuti (Twitter/@Susipudjiastuti)
15:31
5 Maret 2024

Susi Pudjiastuti Kuliah di Mana? Dulu Dipaksa Anies Ikut Paket C, Kini Punya Gelar Doktor HC

Susi Pudjiastuti memang sangat berprestasi sebagai seorang pengusaha maupun menteri. Sosoknya yang tegas dan kerap melontarkan jargon “tenggelamkan!” semasa menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan membuat Susi diidolakan banyak masyarakat.

Namun di balik kesuksesannya, Susi ternyata pernah dipaksa oleh Anies Baswedan agar mendapatkan ijazah Paket C yang setara dengan kelulusan SMA.

Kisah ini pernah diungkapkan sendiri oleh Susi dan Anies di sebuah acara televisi. Rupanya kala itu Anies meminta Susi untuk mengikuti ujian Kejar Paket C sekaligus untuk mempromosikan program dari kementeriannya tersebut, apalagi karena Susi dikenal sebagai menteri yang “cuma” lulusan SMP.

Pertemuan Anies Baswedan dengan Susi Pudjiastuti di Kawasan Pantai Pangandaran yang diunggah di akun IG Anies Baswedan. [Tangkapan layar akun IG aniesbaswedan]Pertemuan Anies Baswedan dengan Susi Pudjiastuti di Kawasan Pantai Pangandaran yang diunggah di akun IG Anies Baswedan. [Tangkapan layar akun IG aniesbaswedan]

“Jadi kalau kemana-mana (ada yang bilang) ‘Enggak ah, nggak mau Paket C’, gampang, nanti jawabnya ‘Lihat itu Ibu Susi aja Paket C’,” tutur Anies, dikutip dari kanal YouTube METRO TV, Selasa (5/3/2024).

Namun walaupun begitu, Susi ternyata sudah memiliki gelar Doktor Honoris Causa alias Dr. HC. Tak tanggung-tanggung, dua perguruan tinggi memberikan gelar kehormatan tersebut untuk mengapresiasi semua jasa yang telah diberikan oleh Susi.

Dikutip dari Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 1980, gelar Doktor Kehormatan (Doktor Honoris Causa) adalah gelar kehormatan yang diberikan oleh suatu Perguruan Tinggi kepada seseorang yang dianggap telah berjasa dan atau berkarya luar biasa bagi ilmu pengetahuan dan umat manusia. 

Perguruan tinggi pertama yang memberikannya gelar Doktor Honoris Causa adalah Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah. Sedianya gelar ini diberikan dalam upacara rapat senat terbuka pada 3 Desember 2016.

Menteri Kelautan dan Perikanan periode 2014-2019 Susi Pudjiastuti (tengah) didampingi Direktur Penyidikan Jampidsus Kejaksaan Agung Kuntadi (kanan) memberikan keterangan kepada wartawan usai menjalani pemeriksaan di Gedung Bundar Kejaksaan Agung, Jakarta, Jumat (7/10/2022). [ANTARA FOTO/Reno Esnir]Menteri Kelautan dan Perikanan periode 2014-2019 Susi Pudjiastuti (tengah) didampingi Direktur Penyidikan Jampidsus Kejaksaan Agung Kuntadi (kanan) memberikan keterangan kepada wartawan usai menjalani pemeriksaan di Gedung Bundar Kejaksaan Agung, Jakarta, Jumat (7/10/2022). [ANTARA FOTO/Reno Esnir]

Undip rupanya memandang Susi telah berjasa begitu besar dalam memperjuangkan kemakmuran rakyat dan bangsa Indonesia. Usulan gelar Doktor Kehormatan ini disampaikan oleh Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Undip yang linier dengan bidang keahlian Susi.

Selain itu, Susi juga menerima gelar Doktor Honoris Causa dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Adalah Departemen Teknik Sistem Perkapalan, Fakultas Teknologi Kelautan ITS yang mengusulkan pemberian gelar tersebut.

Faktor utamanya adalah mempertimbangkan rekam jejak Susi sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan periode 2014-2019 yang dianggap berhasil serta mempunyai visi-misi yang jelas dalam mengentaskan permasalahan kelautan Indonesia.

Susi juga dinilai berhasil menjamin pengelolaan laut Indonesia yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Selain itu, ITS juga mempertimbangkan karya tulis Susi yang bertajuk “Manajemen dan Konservasi Sumber Daya Kelautan” yang dinilai berhasil mengurai kompleksitas pengelolaan kelautan dan konservasi kelautan Indonesia dalam tulisan yang komprehensif.

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #susi #pudjiastuti #kuliah #mana #dulu #dipaksa #anies #ikut #paket #kini #punya #gelar #doktor

KOMENTAR