Sejarah Masjid Husnul Khatimah Tempat Calon Mantu Susi Pudjiastuti Jadi Mualaf, Rumah Ibadah Penting Bagi Muhammadiyah
Proses mualaf Geoffrey Alain Gerald di Bantul, Yogyakarta (Muhammadiyah.or.id)
09:46
3 Maret 2024

Sejarah Masjid Husnul Khatimah Tempat Calon Mantu Susi Pudjiastuti Jadi Mualaf, Rumah Ibadah Penting Bagi Muhammadiyah

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti kabarnya akan memiliki menantu bule bernama Geoffrey Alain Gerald yang disebut akan meminang putrinya Nadine Kaiser. Susi bahkan ikut menemani Geoffrey saat proses mualaf atau masuk Islam dengan mengucapkan dua kalimat syahadat di Masjid Husnul Khotimah, Bantul, Yogyakarta, pada Selasa (27/2) kemarin. 

Geoffrey mengucapkan dua kalimat syahadat itu dengan dibimbing oleh Ketua Umum Pemimpin Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir. Masjid Husnul Khotimah di Bantul itu memang jadi area tempat tinggal Haefar Nashir. Tak heran kalau masjid tersebut juga dianggap penting bagi umat Muhammadiyah.

Masjid Husnul Khotimah dibangun pertama kali pada 1996, bersamaan dengan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, atas inisiatif waqaf keluarga almarhum H. Suratijo di lahan tanah seluas 400 meter persegi.

5 Potret Geoffrey Alain dan Susi Pudjiastuti (Instagram/susipudjiastuti115)5 Potret Geoffrey Alain dan Susi Pudjiastuti (Instagram/susipudjiastuti115)

Dikutip dari situs Husnul Khatimah, masjid itu menjadi salah satu masjid yang dinisbatkan Muhammadiyah bagi umat Islam. Berawal dari sebuah masjid kampung yang diwakafkan kepada warga di kampung Rukeman Tamantirto, Muhammadiyah mengembangkannya menjadi masjid yang jauh lebih besar seiring dengan perkembangan waktu dan dinamika sosial.

Hadirnya Universitas Muhammadiyah Yogyakarta di wilayah Tamantirto, dan disusul dengan beberapa universitas lainnya, kampung ini akhirnya menjadi semakin kosmopolitan dengan hadirnya pendatang dari berbagai penjuru tanah air. Akibatnya, dinamika sosial di wilayah ini berlangsung sangat cepat, sehingga mendorong perubahan sosial secara multidimensional.

Dinamika sosial di wilayah ini mendorong Masjid Husnul Khatimah yang terletak di wilayah ring 1 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta harus berbenah diri menyesuaikan dengan masyarakat yang telah, sedang, dan akan terus berubah. 


Oleh karena itu, masjid Husnul Khatimah tidak bisa lagi hanya difungsikan sebagai tempat salat. Peran dakwah dan community development harus pula diemban oleh Masjid untuk mengimbangi dinamika sosial yang bergerak cepat ini. Dengan demikian, visi utama masjid ini ialah menjadi Masjid Berkemajuan.
 

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #sejarah #masjid #husnul #khatimah #tempat #calon #mantu #susi #pudjiastuti #jadi #mualaf #rumah #ibadah #penting #bagi #muhammadiyah

KOMENTAR