10 Pekerjaan yang Cocok untuk INTJ, Tipe Kepribadian MBTI Paling Cerdas di Antara Lainnya
berikut adalah beberapa pilihan karier atau pekerjaan terbaik bagi seorang INTJ di beragam sektor industri./pexels by Edward Jenner.
13:44
12 Februari 2024

10 Pekerjaan yang Cocok untuk INTJ, Tipe Kepribadian MBTI Paling Cerdas di Antara Lainnya

 

 Kepribadi INTJ (Introversi, Intuisi, Berpikir, Menilai) adalah salah satu tipe kepribadian langka yang diidentifikasi melalui tes Myers-Briggs (MBTI). 

Keempat karakteristik utama yang dimiliki mereka sangat berperan terhadap cara mereka berhubungan dengan orang lain, hingga dalam memilih pekerjaan yang cocok.

Tipe kepribadian INTJ dikenal dengan kecerdasan dan ambisinya. Meski introvert INTJ memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi, terutama dalam hal kemampuan intelektual.

Karakteristik tipe INTJ yang kuat dalam disiplin ilmu sains, teknologi, teknik dan matematika (STEM), dapat menjadi acuan untuk mereka gunakan dalam memilih pekerjaan. 

Dilansir dari wikijob.com, Senin (12/2), berikut adalah beberapa pilihan karier atau pekerjaan terbaik bagi seorang INTJ di beragam sektor industri.

  1. Akuntan

Sebagai individu yang sangat terorganisir dan disiplin, INTJ sangat cocok untuk peran apa pun yang melibatkan pencatatan dan pemeliharaan yang tepat seperti seorang Akuntan.

Selain itu, akuntansi memerlukan analisis dan strategi keuangan yang mendalam, hal ini memungkinkan seorang INTJ dapat menggunakan kemampuan mereka dalam pemecahan masalah keuangan.

Akuntan juga menghabiskan banyak waktu sendirian untuk fokus pada angka. Ini cocok dengan metode dan gaya kerja seorang INTJ.

  1. Pengacara

Kompleksitas sistem hukum menjadikan hukum sebagai pilihan karier yang menarik bagi seorang INTJ. Kemampuan mereka untuk memahami dan menyimpan sejumlah besar informasi membuat mereka cocok untuk profesi ini.

Keahlian seorang pengacara sangat cocok dengan tipe INTJ yakni ambisius, berkomitmen, dan sangat analitis. Mereka menikmati penelitian dan pemecahan masalah secara kreatif, dan dapat merumuskan argumen persuasif. 

  1. Manajer Proyek

Manajemen proyek adalah salah satu karir terbaik untuk seorang INTJ. Sebagai individu yang memiliki pandangan logis terhadap gambaran yang lebih besar, INTJ mahir dalam merencanakan dan mengawasi detail yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang lebih besar.

Manajemen proyek memungkinkan mereka menyusun strategi, menganggarkan, merencanakan, hingga mengadopsi teknik pemecahan masalah untuk menerapkan peningkatan efisiensi proyek.

  1. Pemrogram Komputer

Karir lain yang cocok untuk tipe INTJ introvert adalah programmer komputer. Fokus dan kreativitas yang diperlukan untuk merancang, menulis, dan menguji kode sangat cocok untuk seorang INTJ.

  1. Arsitek

Arsitektur merupakan gabungan dari dua disiplin ilmu, yakni pengetahuan dan seni. Karena INTJ adalah pemikir logis dan kreatif, hal ini menjadikan profesi ini sebagai salah satu karir yang bisa menjadi pilihan seorang INTJ.

Bekerja untuk merancang dan membangun produk akhir yang memenuhi kebutuhan spesifik klien merupakan hal yang menarik bagi kepribadian INTJ. Selain itu, profesi ini juga berperan dalam kekuatan organisasi, presisi, dan strategi INTJ.

  1. Detektif

Detektif mengumpulkan elemen individu untuk mengungkap gambaran yang lebih besar dan mendapatkan solusi. Mereka harus pandai menganalisis, meneliti, mengamati, dan menilai bukti, yang semuanya dimiliki oleh seorang INTJ.

  1. Peneliti Ilmiah

Baik dalam ilmu fisika atau sosial, rasa haus INTJ yang terus-menerus akan pengetahuan dan penemuan baru membuat mereka cenderung unggul dalam melakukan penelitian.

Kekuatan INTJ lainnya yang cocok untuk karier ini adalah keterampilan analitis dan pemecahan masalah mereka yang baik.

  1. Penulis

Meskipun kurang analitis dibandingkan karir INTJ lainnya, profesi menulis masih cocok untuk seorang INTJ karena menawarkan otonomi dan privasi penuh di tempat kerja.

Bidang kepenulisan sangat cocok untuk INTJ, karena memerlukan tingkat kecerdasan yang tinggi dan kemampuan menyampaikan informasi yang kompleks dengan jelas.

  1. Insinyur

Pekerjaan Insinyur pada dasarnya harus bisa menganalisis suatu masalah dan berupaya menemukan solusi kreatif melalui penerapan teknologi, sains, dan matematika. Karena hal inilah, pekerjaan Insinyur cocok dengan banyak kekuatan dan ciri yang dimiliki seorang INTJ.

  1. Dokter umum

Meskipun beberapa bidang profesi medis tidak cocok untuk tipe kepribadian INTJ, bidang lainnya seperti dokter umum ini cocok untuk dilakukan.

Sebab, seorang dokter umum biasanya bekerja sendiri dan menerapkan keterampilan analitis untuk mengidentifikasi masalah dan menentukan solusi. Ini merupakan sebuah peran ideal bagi INTJ yang introvert dan logis.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #pekerjaan #yang #cocok #untuk #intj #tipe #kepribadian #mbti #paling #cerdas #antara #lainnya

KOMENTAR