Sejarah Jabal An Nur yang Dikunjungi Titi Kamal dan Christian Sugiono Saat Umrah
Potret Titi Kamal Umrah bareng Christian Sugiono (Instagram/@titi_kamall)
10:23
6 Februari 2024

Sejarah Jabal An Nur yang Dikunjungi Titi Kamal dan Christian Sugiono Saat Umrah

Titi Kamal dan Christian Sugiono baru-baru ini diketahui melakukan ibadah umrah bersama. Melalui akun Instagram pribadinya, Titi Kamal tampak mengunggah foto dirinya dan sang suami saat berada di Tanah Suci. Salah satu tempat yang dikunjunginya adalah Jabal an Nur.

Tampak potret Titi Kamal dan Christian Sugiono dengan latar belakang sebuah bukti yang juga sering disebut sebagai ‘Gunung Cahaya'. Tak sekadar indah, tempat yang dikunjungi pasangan ini ternyata memiliki kisah dan sejarah penting di baliknya.

Titi Kamal dan Christian Sugiono di Jabal An Nur. (Instagram)Titi Kamal dan Christian Sugiono di Jabal An Nur. (Instagram)

Kisah Jabal an Nur

Melansir laman Zamzam, Jabal an Nur terkenal lantaran merupakan lokasi di mana Gua Hira berada. Ini adalah lokasi yang dipilih Allah SWT untuk menurunkan wahyu pertama-Nya kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril, pada bulan Ramadhan 610 M.

Disebutkan bahwa Rasulullah SAW tidak menerima wahyu begitu saja. Ia sempat bermimpi terlebih dahulu, kemudian Nabi menyendiri atau berkhalwat di Gua Hira.

Kala Nabi sedang bermeditasi mendalam di Gua Hira, Malaikat Jibril pun datang dan memberikan wahyu pertama, yakni surat Al-Alaq ayat 1-5.

Sejak itu, kenabian Muhammad dimulai. Ketika dia keluar dari Gua Hira dan setengah jalan menuruni gunung, dia mendengar suara di telinganya berkata,

“Wahai Muhammad, engkau adalah Utusan Allah, dan aku adalah Jibril.”

Sebab peristiwa tersebut, Gua Hira di Jabal an Nur ini memiliki makna istimewa bagi para umat Muslim. Jabal an Nur ini menjadi salah satu tempat penting bagi para umat muslim, meski tidak dianggap suci seperti Masjidil Haram.

Rasulullah SAW juga tidak pernah satu pun menganjurkan umatnya untuk mendaki ataupun pergi mengunjungi Jabal an Nur. Artinya, memang tidak ada keharusan untuk berkunjung ke tempat ini saat ke Tanah Suci. Namun, para jamaah haji atau umrah biasanya datang ke sini untuk mengenang peristiwa penting yang pernah terjadi di sana.

Lokasi Jabal an Nur berada di Hijaz Arab Saudi, di luar Mekah. Gua Hira terletak di Gunung Jabal an Nur pada ketinggian 634 meter. Jaraknya 4 km dari Ka'bah Suci dan menghadap ke utara dengan pintu masuknya mengarah langsung ke Ka'bah.

Untuk pendakian menuju gua, memakan waktu sekitar 45 menit hingga 3 jam. Puncak ini terlihat hingga beberapa kilometer di sekitarnya.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #sejarah #jabal #yang #dikunjungi #titi #kamal #christian #sugiono #saat #umrah

KOMENTAR