Teuku Ryan Disebut Jarang Sentuh Ria Ricis, Begini Hukum Suami yang Enggan Menggauli Istrinya Menurut Buya Yahya
Potret Kebersamaan Ria Ricis dan Teuku Ryan. (Instagram/teukuryantr)
17:30
2 Februari 2024

Teuku Ryan Disebut Jarang Sentuh Ria Ricis, Begini Hukum Suami yang Enggan Menggauli Istrinya Menurut Buya Yahya

Kabar mengenai Ria Ricis yang melayangkan gugatan cerai kepada Teuku Ryan masih jadi topik hangat saat ini.

Seperti diketahui, pada tanggal 30 Januari 2024 lalu, Ria Ricis mendaftarkan gugatan cerai ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan melalui sistem e-court.

Sejak kabar tersebut viral, warganet pun mencari tahu alasan mengapa Ria Ricis sampai melakukan hal tersebut, mengingat rumah tangga mereka kurang dari tiga tahun.

Terlebih lagi, jika di dalam konten keduanya tampak harmonis dan baik-baik saja, sehingga berbagai spekulasi pun muncul terkait alasan Ricis menggugat Teuku Ryan.

Salah satu alasan yang tersebar di media sosial adalah perihal Teuku Ryan yang jarang perhatian dan menyentuh Ricis.

Bukan tanpa alasan, prediksi alasan tersebut juga dilandasi dengan komentar Ricis terkait perhatian dari Teuku Ryan yang dirasa kurang. Ria Ricis pun pernah menyinggungnya di sebuah komentar.

"Kalau sayang, dulu sejak hamil dan lahiran, aku ga dianggurin," komentar Ricis.

Alasan tersebut diperkuat dengan pemaparan suami Oki Setiana Dewi, Ori Vitrio Abdullah alias Rio yang akhirnya turut buka suara.

Sebagai kakak iparnya, Rio membeberkan jika memang benar Ricis sudah memiliki keinginan terpendam untuk bercerai dengan Teuku Ryan.

Menurutnya, salah satu kesalahan fatal dari Teuku Ryan sebagai suami adalah tidak menyentuh istrinya sama sekali.

"Kan udah ramai di sosmednya dia, dari lahiran sampai sekarang nggak disentuh ya gimana kalau nikah? Kan Ricis sudah kasih kode itu," beber Rio.

Pernyataan Rio tersebut membuat warganet berasumsi jika kontek yang dimaksud adalah hubungan suami istri.

Alhasil, berbagai reaksi pun muncul dari warganet. Bahkan, ada yang berkomentar dengan nada mempertanyakan kejantanan Teuku Ryan.

Hukum Suami Tak Menyentuh Istri

Seiring berkembangnya isu tersebut, tak sedikit juga yang mengkaitkan hubungan suami istri dengan hukum agama.

Dikutip dari kanal Youtube Al-Bahjah TV, Buya Yahya menjelaskan bahwa berdosa bagi istri yang menolak ajakan suami untuk berhubungan suami istri.

Begitupun sebaliknya, suami yang menolak ajakan istri untuk berhubungan intim juga berdosa, meski tidak dapat dituntut ke mahkamah.

Menukil dari Ibnu Hazm, Buya Yahya menegaskan jika selama satu bulan tidak disentuh oleh suami, maka dapat menuntut ke mahkamah.

Sementara menukil pendapat lain dari Imam Ghozali, ketika ada suami yang selama empat bulan tidak memberi nafkah batin, maka istri berhak mengangkat ke mahkamah, barulah qadha berlaku.

Tapi jika sebelum empat bulan istri tidak disentuh oleh suami, dosanya akan jatuh pada sang suami. Sebab, menelantarkan nafkah bagi istri adalah sebuah keharaman. 

Kemudian, ada pengecualian bagi suami yang tidak menafkahi batin kepada istrinya, seperti sakit, kesibukan, dan hal-hal mendesak lainnya.

Kendati demikian, Buya Yahya tetap menegaskan jika hubungan intim dalam rumah tangga adalah urusan yang penting dan wajib dilaksanakan.

Kontributor : Damayanti Kahyangan

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #teuku #ryan #disebut #jarang #sentuh #ricis #begini #hukum #suami #yang #enggan #menggauli #istrinya #menurut #buya #yahya

KOMENTAR