Waspada! Berikut 3 Penyebab Utama Flek Hitam di Wajah, Pastikan Untuk Memakai Produk Ini Sejak Usia Muda
Ilustrasi Kulit wajah dengan flek hitam dan cara mengatasinya. Freepik
16:52
8 Oktober 2024

Waspada! Berikut 3 Penyebab Utama Flek Hitam di Wajah, Pastikan Untuk Memakai Produk Ini Sejak Usia Muda

Flek hitam adalah masalah kulit berupa area berwarna hitam karena adanya produksi melanin berlebih. Zat ini berfungsi untuk memberi warna pada kulit, mata, dan rambut.

Masalah kulit ini sering dijumpai oleh kelompok usia 30 tahun ke atas dan memiliki risiko lebih parah seiring bertambahnya usia.

Umumnya, flek hitam muncul di bagian pipi. Namun, sebagian juga merasakan pada area lain seperti, dagu dan di bawah hidung.

Berdasarkan informasi yang dikutip pada laman medicalnewstoday.com, flek hitam lebih sering dijumpai pada bagian tubuh yang sering terpapar langsung oleh sinar matahari.

Pada kulit gelap hiperpigmentasi biasa terjadi selama 6 sampai 12 bulan, akan lebih lama jika kulit penderitanya lebih gelap. Proses pemulihan untuk warna kulit ini bisa sampai bertahun-tahun lamanya.

Selain mengganggu penampilan, kondisi yang banyak dialami perempuan ini terkadang mengurangi kepercayaan diri sehingga mereka lebih memilih untuk menutupinya dengan riasan daripada mengobatinya.

Warna flek biasanya menyesuaikan dengan warna kulit penderitanya, beberapa mengalami warna coklat muda hingga tua, bahkan keabu-abuan.

Dilansir dari laman halodoc.com, berikut ini penyebab flek hitam di pipi:

Paparan sinar matahari (UV)

Beberapa orang mungkin tidak memahami betapa pentingnya penggunaan sunscreen, apalagi bagi kelompok muda yang belum merasakan akibatnya.

Penyebab utama hiperpigmentasi pada kulit adalah paparan sinar matahari, sehingga kita harus melakukan pencegahan dengan cara meminimalisir dampak sinar uv melalui penggunaan sunscreen sebelum dan sesudah beraktivitas.

Efek paparan sinar matahari baru akan terlihat ketika kita memasuki usia senja, dapat berupa kekusaman, flek hitam, bahkan kerutan pada wajah. Hal tersebut lebih terasa bagi mereka yang sering melewatkan penggunaan tabir surya saat usia muda.

Riwayat keluarga

Jika salah satu atau beberapa anggota keluargamu pernah memiliki flek hitam di wajah, maka kamu juga akan berisiko mengalami kondisi serupa.

Pastikan untuk selalu menjaga kesehatan kulit dari usia muda dengan cara rutin menggunakan skincare . Perawatan wajah tidak cukup dari luar saja, sehingga perlu dari dalam melalui perbanyak konsumsi buah dan sayur.

Kondisi tertentu

Ketika perempuan hamil, hormon dalam tubuhnya senantiasa tidak stabil. Hal ini mampu mengakibatkan terjadinya melasma, yaitu kondisi kulit yang menyebabkan bercak kecil perubahan warna kulit.

Selain kehamilan, beberapa kondisi lain yang dapat menyebabkan flek hitam, meliputi: penyakit hati, diabetes, dan tumor hipofisis.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #waspada #berikut #penyebab #utama #flek #hitam #wajah #pastikan #untuk #memakai #produk #sejak #usia #muda

KOMENTAR