Untuk Kamu yang Sedang Menjadi Caregiver, Ini 7 Cara Merawat Orang Tua yang Sudah Lanjut Usia
Ilustrasi pasangan suami istri yang sudah lansia. (Freepik/ Lifestylememory)
10:34
8 Oktober 2024

Untuk Kamu yang Sedang Menjadi Caregiver, Ini 7 Cara Merawat Orang Tua yang Sudah Lanjut Usia

- Ketika sudah di usia lanjut, kemampuan orang tua dalam menjalani aktivitas tentu berkurang. Dari bangun pagi, makan, membersihkan rumah bahkan aktivitas sederhana seperti buang air harus dilakukan dengan hati-hati.

Hal ini dikarenakan umur yang lambat laun menggerogoti fisik orangtua. Kemampuan otot, tulang, bahkan berpikir seseorang bisa menurun sehingga membutuhkan bantuan orang lain.

Terutama bagi orang tua yang sedang menderita penyakit serius, baik itu bawaan, penyakit yang datang di usia tua atau masih banyak lagi penyebabnya. Perlu seorang caregiver atau perawat yang menangani aktivitas sehari-hari orang tua.

Peran tersebut tidak jarang langsung turun pada sang anak. Di usia berapapun, seorang anak bisa jadi caregiver yang mengurus kehidupan orang tua layaknya orang tua yang mengasuh anaknya.

Bukan hal mudah, kamu mungkin ingin tahu atau bahkan sedang menjalani peran sebagai caregiver sehingga perlu tahu banyak hal tentang cara merawat. Dikutip dari Care Indeed dan Arogin Care Home, berikut ini merupakan 7 cara merawat orang tua yang sudah lanjut usia:

1. Kunjungi Sesering Mungkin

Cara pertama yang perlu kamu pahami dan tanamkan dalam pikiran ketika merawat orang tua yang sudah lanjut usia adalah dengan mengunjungi sesering mungkin. Baik di rumah sendiri, panti jompo atau di rumah sakit, kamu perlu rajin-rajin menengok ke kamarnya sesibuk apapun.

Selain untuk memeriksa banyak hal misal obat atau makanan, kehadiranmu saja sudah menjadi semangat yang mendorong orang tua dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Meksi dengan kemampuan fisik menurun, kunjungan rutin bisa membuat baik orang tua maupun kamu merasa lega karena sudah melihat keadaan masing-masing.

2. Periksa Konsumsi Obat

Beberapa orangtua membutuhkan konsumsi obat secara rutin tiap harinya. Baik itu untuk menyembuhkan penyakit yang diderita ataupun sebagai pendukung kehidupan sehari-hari seperti vitamin.

Sebagai caregiver, kamu bisa memeriksa apakah obat yang seharusnya diminum sudah diminum tepat waktu atau belum. Dan apakah obat yang diminum sudah tepat dosis dan jumlahnya. Kamu bisa membuat pengingat baik itu untuk orang tua maupun untuk diri sendiri.

3. Sesuaikan Area Untuk Mereka

Cara ketiga yang bisa kamu lakukan demi merawat orang tua yang sudah lanjut usia adalah dengan menyesuaikan area untuk mereka. Hal ini bisa dilakukan apabila orangtua yang kamu rawat berada dalam rumah yang sama denganmu.

Kamu bisa membuat tanjakan tambahan apabila orang tuamu menggunakan kursi roda. Kamu juga bisa menambah pegangan di tangga atau kamar mandi untuk orang tua yang kesulitan berjalan. Kamu juga bisa menyingkirkan barang pecah belah yang tergeletak bebas diatas meja. Ubah area tempat tinggal sedemikian rupa mengikuti kebutuhan orang tuamu.

4. Lakukan Kegiatan yang Disukai

Cara selanjutnya yang juga bisa kamu lakukan dalam merawat orangtua yang sudah lanjut usia adalah dengan melakukan kegiatan yang mereka sukai. Meski sudah tua dan renta, orangtua tentu adalah manusia yang masih punya keinginan atau kegiatan yang mereka senangi.

Kamu bisa mencari tahu kegiatan apa yang orang tuamu sukai, tentunya yang aman untuk dilakukan oleh orang dengan usia mereka. Setelah itu, kamu bisa mengajak mereka melakukan hal tersebut bersama. Hal ini akan menjaga kesehatan mental mereka dan juga jadi quality time yang bagus untuk kamu dan orangtua.

5. Libatkan Mereka Dalam Pilihan

Dalam merawat orang tua yang sudah lanjut usia, kamu tentu sering dihadapkan pada berbagai pilihan. Mulai dari penataan rumah, aktivitas apa yang harus dilakukan, obat yang sebaiknya baik untuk diminum dan makanan apa yang tepat diberikan untuk orang tua.

Kamu bisa menanyakan pendapat orang tua dalam beberapa pilihan yang aman. Hal ini akan menjadikan mereka merasa didengar dan ambil bagian dalam pilihan. Hal ini juga bisa menyambung hubungan anak dan orangtua dengan lebih baik.

6. Buat Mereka Aktif Bergerak

Orang Tua yang sudah lanjut usia, terutama yang memiliki banyak penyakit komplikasi, akan sering berdiam diri dan berbaring di dalam kamar. Hal ini tentu tidak baik entah itu untuk kesehatan tubuh dan juga mentalnya.

Kamu bisa mengajak mereka melakukan aktivitas tertentu, atau bahkan sesederhana mengajak orangtua keluar rumah dan merasakan sinar matahari. Bagaimanapun caranya, sangat penting membuat mereka berjalan keluar setidaknya seminggu sekali untuk menjaga otot tubuh.

7. Perhatikan Asupan Makanan

Terakhir, cara yang pastinya harus dilakukan oleh perawat atau caregiver orang tua yang sudah lanjut usia adalah memperhatikan asupan makanan. Semakin tua, tentu semakin tidak boleh makan sembarangan dengan porsi yang tidak terkendali.

Kamu harus memastikan orang tua kamu makan dengan baik. Kamu juga bisa memastikan asupan tersebut sehat dan tidak membahayakan penyakit atau gejala yang sedang diderita, misalnya mengurangi daging sapi untuk orangtua yang kolesterol.

----------------------

Ketujuh poin diatas merupakan beberapa cara yang bisa kamu terapkan dalam merawat orang tua yang sudah lanjut usia. Menjadi seorang caregiver adalah pilihan yang mulia dalam hidup, dan tidak semua orang mau melakukannya.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #untuk #kamu #yang #sedang #menjadi #caregiver #cara #merawat #orang #yang #sudah #lanjut #usia

KOMENTAR