Jika Anda Mendapati Ada 7 Tanda Ini dalam Diri Anda, Psikologi Mengatakan Bahwa Anda Lebih Sukses Dibandingkan Rata-rata Orang
Ilustrasi orang sukses (freepik/rawpixel.com)
08:46
6 Oktober 2024

Jika Anda Mendapati Ada 7 Tanda Ini dalam Diri Anda, Psikologi Mengatakan Bahwa Anda Lebih Sukses Dibandingkan Rata-rata Orang

- Kesuksesan dimulai dengan menyembuhkan hubungan Anda dengan diri sendiri., karena orang-orang yang sukses cenderung memiliki hubungan yang baik dan positif dengan pikiran mereka.

Ketika Anda mengamati dengan saksama orang-orang yang telah mencapai dan mempertahankan sejumlah kesuksesan yang berarti dalam hidup mereka, salah satu faktor tersembunyi di balik kesuksesan itu adalah bahwa mereka tidak disabotase dan digagalkan oleh pikiran, keyakinan, dan emosi mereka.

Dalam artikel ini, JawaPos.com telah melansir dari laman YourTango pada Minggu (6/10), tujuh tanda bahwa Anda lebih sukses daripada orang kebanyakan, menurut psikologi:

1. Anda mengakui emosi Anda sejak dini

Sulit untuk meraih kesuksesan dalam aspek kehidupan apa pun jika Anda terus-menerus diliputi oleh emosi yang menyakitkan. Tentu saja, kita semua mengalami emosi yang sulit seperti ketakutan, kesedihan, atau kemarahan.

Namun, mengapa sebagian orang dapat mengelola perasaan ini dengan relatif baik sementara yang lain tidak? Riset mengatakan Anda harus menerimanya tanpa menghakimi, itulah satu-satunya cara.

2. Anda memikirkan tentang pemikiran Anda

Selain mengabaikan emosi Anda saat pertama kali muncul, alasan lain mengapa emosi tersebut akhirnya membesar menjadi perasaan yang sangat besar dan membebani adalah karena kita secara tidak sengaja terus-menerus memikirkannya.

Secara khusus, pola pikir seperti kekhawatiran kronis atau pembicaraan negatif dengan diri sendiri menyebabkan emosi yang jauh lebih kuat dan bertahan lama. Jika Anda ingin mengendalikan emosi, Anda harus belajar mengelola pikiran Anda.

Kebanyakan orang tidak begitu menyadari pola pikir mereka, mereka mendapati diri mereka bergantung pada semua emosi yang ditimbulkan oleh pola pikir tersebut. Di sisi lain, orang yang sukses memiliki kebiasaan untuk merenungkan dan memperhatikan pikiran mereka.

3. Anda bersimpati terhadap kesalahan Anda

Sulit untuk meraih kesuksesan jika Anda terus menyalahkan diri sendiri setiap kali Anda gagal. Tipe orang yang sukses secara lahiriah dan sengsara secara batiniah sering kali memiliki kebiasaan menghakimi diri sendiri setelah melakukan kesalahan.

Mereka terus-menerus merenungkan kesalahan masa lalu, mengkhawatirkan kesalahan di masa mendatang, dan secara umum bersikap jahat pada diri mereka sendiri. Namun, mereka yang keberhasilan eksternalnya diimbangi oleh ketenangan internal hampir selalu memiliki kebiasaan yang kuat untuk berbelas kasih kepada diri sendiri.

Mereka merenungkan kesalahan mereka dan mencoba belajar darinya. Namun, mereka tidak berkutat pada kesalahan tersebut atau menggeneralisasikannya menjadi apa yang mereka maksudkan tentang diri mereka sebagai manusia.

4. Anda mendengarkan emosi Anda tetapi jarang mempercayainya

Orang-orang yang cenderung sukses sering kali memiliki pendekatan jalan tengah terhadap emosi mereka. Mereka sadar dan peka terhadap emosi mereka tetapi tidak menaruh kepercayaan terhadap emosi tersebut.

Sebaliknya, mereka melihat emosi sebagai salah satu sumber informasi yang berpotensi berguna, tetapi juga bukan kebenaran sejati. Dan ketika keadaan mendesak, mereka cenderung menggunakan nilai-nilai daripada emosi untuk membuat keputusan besar.

5. Mereka sering memperbarui ekspektasi mereka

Orang yang sukses memahami bahwa untuk terus membuat keputusan yang baik dalam lingkungan yang terus berubah, Anda perlu secara teratur memeriksa dan memperbarui harapan-harapan Anda sehingga harapan itu benar-benar sesuai dengan kenyataan dan menggerakkan Anda menuju sasaran.

6. Mereka serius dalam merawat diri

Kesuksesan bergantung pada pikiran yang sehat, dan pikiran yang sehat bergantung pada kebiasaan yang sehat. Orang yang sukses memahami bahwa melakukan pekerjaan terbaik bergantung pada kekuatan emosional dan ketajaman mental.

Namun yang lebih penting, mereka tahu bahwa hal-hal tersebut memerlukan waktu dan investasi. Jika Anda ingin pikiran Anda bekerja untuk Anda, Anda perlu bekerja untuk pikiran Anda.

7. Mereka bersedia untuk menjadi rentan secara emosional

Menjadi rentan secara emosional berarti Anda mampu dan bersedia untuk berbicara tentang apa yang Anda rasakan, terutama saat keadaan sulit. Hal ini penting untuk kesehatan dan kesejahteraan emosional Anda.

Orang-orang yang sukses memahami bahwa dengan menunjukkan kerentanan emosional mereka dan bersikap jujur tentang perasaan mereka, mereka memberdayakan orang lain untuk melakukan hal yang sama.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #jika #anda #mendapati #tanda #dalam #diri #anda #psikologi #mengatakan #bahwa #anda #lebih #sukses #dibandingkan #rata #rata #orang

KOMENTAR