Perhiasan yang Dikenakan Princess Anisha Rosnah Saat Menikah Dituduh Lab Grown Diamond, Apa Itu?
Potret Pangeran Mateen dan Anisha Rosnah Dalam Rangkaian Acara Pernikahan (Instagram)
11:29
24 Januari 2024

Perhiasan yang Dikenakan Princess Anisha Rosnah Saat Menikah Dituduh Lab Grown Diamond, Apa Itu?

Istri Pangeran Abdul Mateen, Anisha Rosnah berhasil menyita perhatian publik karena sederet penampilannya yang elegan dan berkelas selama rangkaian prosesi pernikahannya yang berlangsung selama 10 hari lamanya. 

Pada beberapa penampilan, wanita kelahiran London, Inggris tersebut terlihat begitu cantik kala mengenakan tiara cantik hingga sederet perhiasan berlian yang berkilau. Melihat latar belakang Sultan Hassanal Bolkiah, sudah bisa dibayangkan berapa harga aksesoris yang dikenakan Anisha Rosnah tersebut.

Sayangnya di media sosial, perhiasan berlian yang dikenakan Anisha Rosnah dituduh lab grown diamond. Hal ini disampaikan pemilik akun TikTok @SobatKonglo. Hal tersebut kata dia, kebanyakan diucapkan oleh netizen luar negeri, khususnya Amerika Serikat saat seorang influencer negara tersebut mengunggah potret pernikahan Anisha Rosnah.

"Pada saat dia mengupload Royal Brunei Wedding, when I see the comment section, ads beberapa yang berasumsi, mungkinkah perhiasan yang dikenakan inilab grown?," kata dia seperti Suara.com kutip pada Selasa (23/1/2024).

Lantas apa itu lab grown diamond? Seperti namanya lab grown diamond adalah berlian yang dibuat di laboratorium, bukan berlian yang dari hasil tambang alias natural.

Perhiasan Berlian Anisha Rosnah di Rangkaian Pernikahannya. (Instagram)Perhiasan Berlian Anisha Rosnah di Rangkaian Pernikahannya. (Instagram)

Ya, teknologi yang ada saat ini bisa membuat penambangan berlian ada di dalam laboratorium. Meski prosesnya berlangsung di laboratorium tapi tetap semua elemen dan prosedur pembentukannya mirip dengan pembentukan berlian secara alami.

Dikutip Bridestory, proses pembuatan lab grown diamond secara sederhana diawali dengan membentuk bibit berlian yang berasal dari karbon murni dan beragam mineral lainnya. Setelah bibit berlian terbentuk maka ditempatkan dalam ruang hampa dimana molekul karbon akan berasimilasi dengan bibit intan.

Lalu dengan sistem high pressure, high temperature (HPHT) yang pada prinsipnya mirip dengan tekanan tinggi serta suhu tinggi pada pembentukan berlian alami.

Meski "ditambang" di dalam laboratorium, lab grown diamond secara kasat mata memiliki kemilau yang sama dengan berlian alami. Bahkan bisa dibilang 99% terlihat sama dengan berlian alami. Pemilik lab grown diamond juga akan mendapatkan sertifikat yang sama seperti berlian alami.

Detil Tiara dan Perhiasan Anisha Rosnah

Meski dibilang sebagai lab grown diamknd, namun tiara yang berasal dari Flower Diamond dipastikan natural. Tiara itu diketahui milik Putri Azemah, kakak kandung Pangeran Mateen yang dibuat pada tahun 2023 khusus untuk pernikahannya. 

Melansir dari Tatler, tiara mewah tersebut dibuat oleh toko perhiasan mewah Singapura, Flower Diamond. Detail tiara tersebut terdiri dari 838 berlian dalam berbagai bentuk, seperti bulat cemerlang, persegi, oval, dan buah pir. Hello Magazine melaporkan harga tiara 132 karat tersebut diperkirakan mencapai Rp198,2 miliar. 

Sementara itu kalung yang dikenakan Anisha Rosnah yang juga berhiaskan berlian besar, terutama pada bagian bandulnya. Perhiasan berasal dari Bruneian Diamond Necklace. Harganya sekitar 15 juta dolar atau setara dengan Rp234,2 miliar.

Saat resepsi di malam hari, Anisha Rosnah terlihat mengenakan tiara yang berbeda dengan desain yang lebih tegas daripada sebelumnya. Rupanya, mahkota yang dikenakannya itu merupakan Bruneian Diamond Upright Tiara. Harganya diperkirakan sekitar 35 juta dolar atau setara dengan Rp537,7 miliar.

Anisha Rosnah juga tampak mengenakan cincin berwarna silver yang dihiasi berlian besar. Diketahui, cincin yang dipakainya itu berasal dari brand J.R.Dunn. Harganya tak kalah fantastis, yaitu sekitar 875 ribu dolar atau setara dengan Rp13,6 miliar.

Editor: Dinda Rachmawati

Tag:  #perhiasan #yang #dikenakan #princess #anisha #rosnah #saat #menikah #dituduh #grown #diamond

KOMENTAR