Cara Mudah Meningkatkan IQ: Jika Konsisten Kemampuannya Berguna dalam Banyak Karier
Ilustrasi Kecerdasan (Freepik)
13:08
3 Oktober 2024

Cara Mudah Meningkatkan IQ: Jika Konsisten Kemampuannya Berguna dalam Banyak Karier

 

 

- IQ adalah ukuran kecerdasan yang biasa digunakan dalam studi ilmiah dan budaya populer. 

IQ bukan semata-mata bawaan lahir, tapi juga bisa ditingkatkan dengan belajar dan berlatih.  

Meningkatkan IQ dapat membantu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir lateral, yang dapat berguna dalam banyak karier. 

Dilansir Indeed, terdapat berbagai aktivitas yang dapat meningkatkan IQ dengan melatih otak dengan tugas-tugas sederhana.

1. Belajar bermain alat musik

Sebuah penelitian University of California menemukan bahwa musisi memiliki memori kerja yang lebih baik dibandingkan dengan non musisi

Belajar memainkan musik dapat meningkatkan memori kerja. Memori kerja merupakan sistem memori yang berfungsi untuk mengorganisasikan informasi, memberi makna informasi dan membentuk pengetahuan untuk disimpan di memori jangka panjang. 

2. Latihan daya ingat

Banyak aktivitas, seperti permainan kata dan angka, dapat meningkatkan daya ingat dan kemampuan penalaran. Beberapa Aktivitas memori yang dapat Anda lakukan di waktu luang untuk meningkatkan IQ antara lain; Jigsaw, sudoku, teka-teki silang, dan permainan kartu. 

3. Latihlah keterampilan visuospatial 

Visuospasial adalah kemampuan yang mengukur keterampilan untuk memahami dan membayangkan representasi fisik objek dalam pikiran Anda. Sebagian besar tes IQ menilai kemampuan visuospasial sampai pada tingkat tertentu.

Beberapa contoh aktivitas dan permainan yang dapat membantu melatih kemampuan visuospasial Anda antara lain: Permainan labirin dan model 3D.

4. Mempelajari bahasa baru

Mempelajari bahasa baru dapat bermanfaat bagi perkembangan otak. Penelitian telah mengaitkan pembelajaran bahasa di usia dini, antara 18 dan 24 bulan, dengan hasil kognitif yang lebih baik di kemudian hari. 

Belajar bahasa membutuhkan memori kerja yang baik dan fleksibilitas mental, yang keduanya dapat membantu meningkatkan IQ.

5. Membaca Buku 

Membaca buku, baik fiksi maupun non-fiksi, dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan mendorong perkembangan otak. 

Terutama bagi anak selama masa perkembangan awal dapat menentukan tingkat kecerdasan anak kedepannya. 

Untuk orang dewasa dapat melatih daya ingat, imajinasi, dan keterampilan spasial dengan membaca buku lebih sering.

Bahkan hanya dengan menghabiskan 30 menit secara konsisten untuk membaca dapat meningkatkan IQ dari waktu ke waktu.

6. Relational skills

Salah satu teori kognisi manusia, Relational Frame Theory, menyatakan bahwa kognisi dan bahasa manusia berkembang melalui asosiasi relasional. 

Ketika digunakan dalam intervensi awal pada anak-anak, dapat secara signifikan meningkatkan skor IQ di masa dewasa, serta kemampuan penalaran verbal dan numerik. 

Untuk orang dewasa dapat melatih kemampuan asosiasi relasional dengan mengambil bagian dalam kegiatan yang mendorong otak untuk untuk membandingkan gambar dan teks yang berbeda.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #cara #mudah #meningkatkan #jika #konsisten #kemampuannya #berguna #dalam #banyak #karier

KOMENTAR