Olahraga Bisa Jadi Alternatif Menghilangkan Jerawat? Ternyata Begini Faktanya!
Manfaat Olahraga.. (Healthshots)
09:04
27 September 2024

Olahraga Bisa Jadi Alternatif Menghilangkan Jerawat? Ternyata Begini Faktanya!

Sudah semestinya jika dengan rutin berolahraga dapat menjaga kesehatan tubuh baik fisik maupun mental.

Manfaat olahraga yang begitu banyak ternyata bisa juga untuk kesehatan kulit. Apakah benar jika dengan olahraga mampu untuk mengatasi masalah jerawat?

Jika memang benar tentulan akan menjadi kabar gembira bagi para acne fighter yang ingin memberantas masalah jerawat tanpa banyak mengeluarkan uang dari kantong.

Faktanya, selain untuk menjaga kesehatan fisik dan mental, aktivitas fisik ini juga mampu mengatasi masalah kulit dengan mengurangi tingkat hormon stress pada tubuh.

Stress disini memang tidak menjadi penyebab utama munculnya jerawat, namun masih memiliki hubungan kuat dengan kemunculan jerawat tersebut jika hormon stres menumpuk dan berlebihan.

Dengan rutin olahraga dinilai mampu untuk meningkatkan produksi hormon tubuh seperti endorphin, dopamine dan serotonin.

Ketiga hormon tersebut bisa membuat seseorang merasa lebih berenergi dan senang sehingga dapat mengendalikan rasa cemas yang memicu stress.

Dilansir dari Eucerin, dengan melakukan aktivitas fisik secara rutin mampu membuat kadar gula darah stabil sehingga menekan risiko munculnya kulit berminyak dan berjerawat.

Olahraga yang dilakukan bisa dengan jogging, renang, bersepeda atau aktivitas fisik yang lainnya baik indoor maupun outdoor.

Adapun tips sebelum olahraga agar bisa mengatasi masalah jerawat hendaknya tidak memakai make up. Karena saat berolahraga tentunya pori-pori akan terbuka dan kulit akan lebih mudah bernapas secara alami.

Selama olahraga jangan lupa pula untuk menggunakan perlindungan matahari seperti sun gel saat aktivitas fisik dilakukan di luar ruangan.

Membersihkan peralatan olahraga sebelum digunakan juga menjadi salah satu hal penting agar bakteri tidak menempel pada kulit terutama wajah.

Setelah olahraga hendaknya mandi karena saat berkeringat pori-pori kulit akan terbuka dan kotoran berlebih keluar dari tubuh, jadi jangan dibiarkan keringat mengering di kulit karena akan menyumbat pori-pori.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #olahraga #bisa #jadi #alternatif #menghilangkan #jerawat #ternyata #begini #faktanya

KOMENTAR