Kerap Tak Sadar, Ini 7 Tanda Anda Berada dalam Hubungan yang Egois, Salah Satunya Kurangnya Timbal Balik
Ilustrasi - hubungan yang egois (stefamerpik-freepik)
19:30
24 September 2024

Kerap Tak Sadar, Ini 7 Tanda Anda Berada dalam Hubungan yang Egois, Salah Satunya Kurangnya Timbal Balik

 

- Apakah anda merasa lelah, tidak dihargai, atau terus-menerus diabaikan dalam menjalin hubungan? Mungkin ini saatnya untuk melihat lebih dekat pada dinamika yang ada.  BIsa jadi, anda mungkin berada dalam hubungan yang egois. Dikutip dari astrotalk pada Selasa (14/9), berikut 7 tandanya.

 

  1. Kurangnya Timbal Balik

Dalam sebuah hubungan yang sehat, kedua pasangan sama-sama berkontribusi. Tapi dalam hubungan yang egois, anda mungkin mendapati diri anda melakukan semua hal yang berat. Entah itu dukungan emosional, pekerjaan rumah tangga, atau pengambilan keputusan. Jika anda satu-satunya yang berusaha, itu adalah tanda bahwa pasangan anda mungkin memprioritaskan kebutuhannya daripada kebutuhan anda.

  1. Mengabaikan Perasaan Anda

Apakah sering merasa emosi anda dikesampingkan atau tidak dihargai? Dalam hubungan yang egois, pasangan anda mungkin memprioritaskan perasaan dan kebutuhan mereka sendiri, tanpa mempertimbangkan bagaimana tindakan mereka memengaruhi anda. Emosi anda juga sama validnya, dan sangat penting untuk bersama seseorang yang menghormati dan mengakuinya.

  1. Pengambilan Keputusan Sepihak

Hubungan yang sehat tumbuh dari pengambilan keputusan bersama, di mana kedua pasangan memiliki masukan yang sama. Namun, dalam hubungan yang egois, satu orang sering kali mendominasi proses pengambilan keputusan, membuat pasangannya merasa tidak didengar dan tidak berdaya. Jika anda terus-menerus menemukan diri anda mengalah pada keinginan pasangan anda tanpa kompromi, itu adalah tanda bahaya.

  1. Kritik yang terus menerus

Kritik yang konstruktif adalah aspek penting dari pertumbuhan dalam hubungan apa pun. Tetapi terus menerus mengomel dan mencari-cari kesalahan dapat merugikan. Dalam hubungan yang egois, pasangan anda mungkin hanya berfokus pada kelemahan dan kekurangan anda. Dia mengabaikan kekuatan dan pencapaian anda. Ingatlah, pasangan yang penuh kasih seharusnya mengangkat dan mendukung anda, bukan menjatuhkan anda.

  1. Manipulasi Emosional

Manipulasi dapat terjadi dalam berbagai bentuk, mulai dari rasa bersalah hingga gaslighting. Ini sering kali menjadi alat yang digunakan oleh individu yang egois, untuk mengendalikan pasangannya. Jika anda sering menemukan diri anda menebak-nebak pikiran dan perasaan anda atau mengubah perilaku anda untuk menghindari konflik, itu pertanda bahwa anda mungkin berada dalam hubungan yang manipulatif. 

  1. Kurangnya Kompromi

Kompromi adalah landasan dari sebuah hubungan yang sehat, yang memungkinkan kedua belah pihak untuk menemukan titik temu dan membuat keputusan bersama. Namun, dalam hubungan yang egois, kompromi sering kali bersifat sepihak, dengan salah satu pasangan tidak mau memenuhi setengah jalan atau mempertimbangkan kebutuhan pasangannya. Jika anda merasa terus-menerus mengorbankan keinginan anda sendiri demi keinginan pasangan anda, inilah saatnya untuk menilai kembali keseimbangan dalam hubungan anda.

  1. Merasa Terkuras

Mungkin tanda yang paling jelas dari hubungan yang egois adalah perasaan lelah dan emosi yang terus menerus terkuras. Jika bersama pasangan membuat anda merasa terkuras, tidak terpenuhi, atau tidak bahagia lebih sering daripada tidak, ini adalah indikasi yang jelas bahwa ada sesuatu yang salah. Kesejahteraan anda harus selalu menjadi prioritas dalam hubungan apa pun, dan jika tidak, mungkin inilah saatnya untuk mencari bimbingan.

 

 

 

Editor: Kuswandi

Tag:  #kerap #sadar #tanda #anda #berada #dalam #hubungan #yang #egois #salah #satunya #kurangnya #timbal #balik

KOMENTAR