8 Tanda Ini yang Bakal Anda Rasakan Jika Ada Perasaan Bahagia Seiring dengan Bertambahnya Usia Menurut Psikologi
8 tanda bahagia saat tua (geediting)
17:20
19 September 2024

8 Tanda Ini yang Bakal Anda Rasakan Jika Ada Perasaan Bahagia Seiring dengan Bertambahnya Usia Menurut Psikologi

- Menua atau menjadi tua sering dianggap sebagai proses yang menakutkan oleh kebanyakan orang. Sebab jika seseorang menua mereka akan kehilangan kemudaan dan vitalitasnya. Namun perlu Anda ketahui bahwa menua adalah suatu keberkahan dan dapat menjadikan Anda lebih bahagia.

Menurut psikologi, ada tanda-tanda tertentu yang menunjukkan bahwa Anda menjadi lebih bahagia seiring bertambahnya usia. Faktanya, penelitian telah mengidentifikasi sembilan indikator berbeda dari peningkatan kebahagiaan di usia lanjut.

Dilansir dari laman Geediting oleh JawaPos.com, Kamis (19/9) terdapat 8 tanda ini yang akan Anda rasakan jika Ada perasaan bahagia seiring dengan bertambahnya usia:

1. Tingkat stres lebih berkurang

Seiring bertambahnya usia, perspektif kita terhadap kehidupan seringkali berubah. Kita telah mengalami pasang surut, melewati badai, dan menjadi lebih kuat setelah melewatinya.

Kebijaksanaan bawaan yang muncul seiring bertambahnya usia sering kali menyebabkan penurunan tingkat stres. Menurut psikologi, orang yang lebih tua cenderung tidak terlalu mengkhawatirkan hal-hal kecil dan lebih fokus pada hal-hal yang benar-benar penting.

2. Menikmati hal sederhana

Saat muda mungkin Anda terlalu mengejar hal-hal yang besar. Rumah baru, mobil baru, dan harta kekayaan atau pencapaian lainnya. Namun seiring bertambahnya usia Anda menyadari adanya perubahan signifikan dalam cara saya menemukan kegembiraan.

Kebahagiaan tidak lagi bergantung pada harta benda atau pencapaian besar. Sebaliknya, saya menemukan diri saya menikmati momen-momen sederhana sehari-hari.

3. Anda nyaman dengan diri Anda

Bertambahnya usia sering kali membawa kita pada penerimaan terhadap diri sendiri. Kebutuhan untuk menyesuaikan diri atau mengikuti harapan masyarakat cenderung berkurang seiring bertambahnya usia. Sebaliknya, ada rasa nyaman yang tumbuh dalam hal menjadi diri sendiri.

4. Lebih menghargai hubungan daripada kebencian

Seiring bertambahnya usia, kita sering menyadari pentingnya hubungan yang bermakna dalam hidup kita. Kita mulai menghargai kualitas daripada kuantitas dalam hal teman dan keluarga.

Drama yang remeh dan persahabatan yang dangkal tidak lagi menarik. Sebaliknya, hubungan yang dalam dan tulus menjadi pusat perhatian. Anda mungkin akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk memelihara hubungan ini dan lebih sedikit waktu untuk mencoba memberi kesan kepada orang lain.

5. Anda lebih bersyukur

Menua sering kali membawa serta rasa syukur yang lebih tinggi. Saat kita mengalami pasang surut kehidupan, kita belajar untuk lebih menghargai masa-masa indah.

Psikolog percaya bahwa rasa syukur adalah salah satu emosi paling kuat yang terkait dengan kebahagiaan. Rasa syukur mengalihkan fokus kita dari apa yang salah dalam hidup kita ke apa yang benar.

6. Menghargai keadaan saat ini

Seiring bertambahnya usia, Anda Belajar menghargai keadaan saat ini. Saya menyadari bahwa hidup bukan tentang menunggu masa depan atau berkutat pada masa lalu. Hidup adalah tentang memanfaatkan waktu yang kita miliki saat ini sebaik-baiknya.

Psikologi mendukung hal ini, dengan menyatakan bahwa kesadaran dan kehadiran di saat ini akan meningkatkan kebahagiaan.

7. Anda lebih banyak memberi daripada menerima

Seiring bertambahnya usia, kita sering kali menemukan kebahagiaan dalam memberi lebih banyak daripada menerima.

Baik itu waktu, sumber daya, atau kebijaksanaan kita, ada rasa kepuasan yang unik yang muncul dari membuat perbedaan dalam kehidupan orang lain.

8. Anda menemukan tujuan Anda

Menemukan tujuan hidup dapat mengubah segalanya. Itulah kekuatan pendorong yang memberi Anda alasan untuk bangun pagi, yang memberi semangat pada langkah Anda, dan memenuhi hati Anda dengan kegembiraan.

Editor: Setyo Adi Nugroho

Tag:  #tanda #yang #bakal #anda #rasakan #jika #perasaan #bahagia #seiring #dengan #bertambahnya #usia #menurut #psikologi

KOMENTAR