Simak 6 Manfaat Journaling untuk Kesehatan Mental yang Sayang untuk Dilewatkan, Patut Dicoba!
Ilustrasi menulis jurnal. (freepik.com)
22:02
18 September 2024

Simak 6 Manfaat Journaling untuk Kesehatan Mental yang Sayang untuk Dilewatkan, Patut Dicoba!

–Menulis tentang pengalaman yang menyedihkan atau trauma dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan fisik dan emosional.

Journaling atau menulis jurnal merupakan aktivitas yang melibatkan proses menuangkan ide, perasaan, atau emosi, ke dalam bentuk tulisan atau gambar. Aktivitas ini menjadi sarana untuk meluapkan perasaan tanpa khawatir akan penilaian dari orang lain.

Memulai kebiasaan menulis jurnal tidak selalu mudah. Terkadang, aktivitas ini terasa seperti sebuah tugas yang membebani, dan keinginan untuk menulis setiap hari bisa membuat sebagian orang merasa terbebani.

Namun, manfaat positif dari menulis jurnal tetap bisa dirasakan, meskipun tidak dilakukan setiap hari. Dilansir dari healthline.com dan WebMD, berikut 6 manfaat journaling untuk kesehatan mental yang sayang untuk dilewatkan.

  1. Membantu mengurangi stres

Menurut Amy Hoyt PhD, pendiri Mending Trauma, menulis jurnal bisa menjadi cara efektif untuk mengurangi tekanan ketika merasa kewalahan atau banyak hal yang terjadi. Banyak penelitian yang juga mendukung manfaat journaling. Dalam sebuah penelitian, pasien, keluarga, dan tenaga kesehatan di rumah sakit anak melaporkan penurunan stres setelah menjalani latihan menulis.

Seperti menuliskan tiga hal yang disyukuri, menyusun kisah hidup dalam enam kata, atau menulis tiga keinginan. Penelitian lanjutan menunjukkan bahwa 85 persen peserta merasa latihan tersebut membantu mengelola stres, dan 59 persen di antaranya terus menggunakan journaling sebagai cara untuk mengatasi tekanan dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Dapat meningkatkan kesehatan

Tinjauan penelitian pada 2018 mengungkapkan bahwa menulis tentang perasaan dan pikiran terdalam dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan. Termasuk mengurangi kunjungan ke dokter akibat stres, menurunkan tekanan darah, memperbaiki suasana hati, dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan.

  1. Membantu dalam mengatur emosi

Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang menulis tentang perasaan mereka memiliki kemampuan lebih baik dalam mengelola emosi dibandingkan mereka yang menulis tentang pengalaman biasa.

Penelitian tersebut juga mengungkapkan bahwa mengekspresikan perasaan secara abstrak melalui tulisan lebih menenangkan dibandingkan dengan menulis secara langsung tentang pengalaman tersebut.

  1. Menghilangkan pikiran negatif

Ketika pikiran negatif atau kekhawatiran muncul, kita sering kali mudah terjebak dalam pola berpikir yang berlebihan atau yang biasa disebut dengan overthinking. Namun, menurut Sabrina Romanoff, PsyD, seorang psikolog klinis di New York City, menuliskan pikiran tersebut dapat menciptakan ruang dan jarak untuk berpikir lebih jernih. Proses ini dikenal sebagai defusi kognitif, konsep yang berasal dari terapi penerimaan dan komitmen.

”Intinya, Anda bukanlah pikiran, emosi, atau gejala fisik. Anda adalah konteks di mana semua itu terjadi,” jelas Romanoff.

  1. Dapat membantu menentukan langkah selanjutnya

Menuliskan pikiran dan perasaan tentang suatu situasi adalah langkah awal untuk memahami bagaimana cara terbaik menanganinya. Setelah emosi mereda, Anda mungkin menyadari bahwa perasaan tersebut membawa pesan yang penting.

Misalnya, rasa marah bisa menjadi sinyal bahwa Anda perlu menetapkan batasan yang lebih tegas dengan seseorang. Atau mungkin, kesedihan adalah dorongan untuk memperkuat hubungan dengan orang lain.

Dengan menulis hal-hal tersebut, Anda bisa dapat mengenali diri sendiri dengan mengetahui apa saja yang dibutuhkan atau apa yang akan dilakukan selanjutnya.

  1. Membantu untuk mengenali diri sendiri lebih dalam

Ibaratnya Anda adalah sebuah teka-teki yang setiap harinya memperlihatkan potongan dan pola yang berbeda. Dengan menulis jurnal, hal ini dapat membuat Anda memberi ruang untuk terhubung kembali dengan diri sendiri. Saat menulis, Anda akan memahami preferensi, ketakutan, hal-hal yang disukai, impian, serta hal mungkin menyakitkan.

Sifat manusia yang selalu berkembang, journaling menjadi salah satu sarana untuk mendengarkan diri sendiri, menyaksikan perubahan yang terjadi, dan mengenali diri dengan lebih mendalam.

Editor: Latu Ratri Mubyarsah

Tag:  #simak #manfaat #journaling #untuk #kesehatan #mental #yang #sayang #untuk #dilewatkan #patut #dicoba

KOMENTAR