Jika Anda Sering Memanjakan Anak di Usia Dini, Biasanya Anak Akan Memiliki 6 Perilaku Ini Saat Usia Dewasa
Perilaku anak6 perilaku anak yang sering dimanjakan oleh orang tua (Mindshift Psychological Sevices)
11:18
10 September 2024

Jika Anda Sering Memanjakan Anak di Usia Dini, Biasanya Anak Akan Memiliki 6 Perilaku Ini Saat Usia Dewasa

- Ilmu parenting tentang anak berkembang setiap jamannya. Anak harus dididik oleh orang tua mereka sejak dini, agar di saat usia dewasa mereka akan berperilaku dan bersikap baik, serta menjujung tinggi etika. Lantas bagaimana jika anak selalu dimanja orang tuanya saat usia dini?

Memanjakan anak dapat berupa tidak adanya penolakan saat anak meminta sesuatu, sangat protektif, terus menerus menyelamatkan anak, atau bahkan gagal menindaklanjuti hukuman.

Perlu diketahui, tak semua apa yang diinginkan anak itu harus orang tua turuti. Jika orang tua selalu menuruti permintaan anak, maka anak akan terbiasa dengan kata "Iya" karena sering dimanja oleh orang tuanya.

Artinya Anak yang manja tidak tahan jika diberi kata "tidak". Jika anak Anda mengamuk saat Anda mengatakan tidak boleh melakukan sesuatu, ini bisa jadi berarti anak Anda manja.

Dilansir dari laman medicinenet.com oleh JawaPos.com, Selasa (10/9) jika Anda sering memanjakan anak saat usia dini, anak akan memiliki 6 perilaku berikut ini saat usia dewasa:

1. Menolak jawaban "tidak"

Anak yang manja tidak tahan jika diberi kata "tidak". Jika anak Anda mengamuk saat Anda mengatakan tidak boleh melakukan sesuatu, ini bisa jadi berarti anak Anda manja.

Ingatlah bahwa ada banyak alasan lain mengapa anak-anak mengamuk salah satunya termasuk penyakit mental atau kesulitan mengomunikasikan perasaan mereka.

Jika Anda khawatir bahwa amukan anak Anda disebabkan oleh sifat manja, waspadalah terhadap tanda-tanda peringatan lainnya.

2. Ketidakpuasan dengan apa yang mereka miliki

Anak yang manja jarang merasa puas dengan apa yang mereka miliki dan apa yang telah diberikan kepada mereka. Meskipun sudah memiliki banyak pakaian dan mainan, anak yang manja sering kali akan terus meminta lebih.

Jika ketidakpuasan itu disertai dengan kurangnya rasa terima kasih, ada kemungkinan besar anak tersebut menjadi manja.

3. Keinginan untuk diperlakukan khusus

Anak yang manja sering kali lebih memikirkan dirinya sendiri daripada orang lain. Mereka mungkin mengharapkan orang lain memberi mereka bantuan atau perlakuan khusus.

Anda mungkin melihat anak yang manja menyalahkan orang lain atas kegagalan mereka sambil mengharapkan pujian atas semua yang mereka lakukan.

4. Ketergantungan

Anak-anak yang dimanja mungkin menjadi sangat membutuhkan, dan ketergantungan, ini mungkin terlihat berbeda saat mereka dewasa.

Orang dewasa yang dimanja saat masih anak-anak mungkin merasa tidak bahagia saat sendirian dan mendapatkan kebahagiaan mereka sendiri.

5. Menjadi orang yang tidak bertanggung jawab

Mereka menjadi orang yang tidak bertanggung jawab saat usia dewasa. Baik itu saat di dunia kerja atau bersama dengan rekan mereka.

6. Rasa tidak hormat dan membangkang

Anak manja yang suka merengek, mengemis, mengabaikan, atau memanipulasi orang lain untuk mendapatkan keinginannya mungkin akan menunjukkan sikap menentang dan tidak hormat di masa dewasa.

Jika pemberontakan merupakan bagian dari respons alami anak, perilaku yang lebih negatif cenderung berkembang di masa dewasa.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #jika #anda #sering #memanjakan #anak #usia #dini #biasanya #anak #akan #memiliki #perilaku #saat #usia #dewasa

KOMENTAR